Waduh! Kok Tiba Tiba Muncul Bintik Bintik Hitam Di Wajah Sih!!

Saat ngaca dan tiba-tiba ada bintik-bintik hitam di wajah? Ouch! Ini hal ngeselin selain jerawatan. Apalagi jika kita masih di usia belasan atau awal dua puluhan. Flek hitam, jika kita dulu memahaminya sebagai salah satu tanda penuaan di kulit yang bisa menimpa orang di usia 30 tahun keatas. But wait… Bintik-bintik hitam atau flek hitam bisa menimpa remaja juga loh! Trus kalau udah gitu gimana dong? Eits, jangan panik.. kita akan ulas dulu mulai dari apa itu flek hitam atau bintik-bintik hitam, gejala, penyebab dan cara mengatasinya ya!

Apa itu bintik-bintik hitam?

Jadi sahabat biutita, menurut catatan dari ilmu pengetahuan nih, flek hitam itu muncul dikarenakan kulit menghasilkan melanin yang banyak. Bagian kulit yang mengandung melanin paling banyak ini akan paling banyak terlihat bintik-bintik atau flek hitamnya. Melanin sendiri adalah pembentuk warna pada kulit, mata dan rambut pada manusia. Melanin dapat menyebabkan bintik-bintik hitam setelah kulit terpapar sinar matahari. Selain karena matahari, bintik-bintik hitam atau flek ini juga disebabkan oleh bawaan genetik. Warna bintik-bintik ini tidak selalu hitam. Bisa kuning atau kemerahan tergantung warna yang dihasilkan oleh melaninnya. Namun yang pasti warna bintik-bintik yang muncul tersebut lebih gelap daripada warna kulit, sehingga pastinya akan terlihat. Pada dasarnya, menurut ilmu kesehatan flek yang muncul ini tidak berbahaya bagi tubuh. Namun pasti bagi cewek akan mengganggu penampilan dong ya…

Cara Mengatasi Bintik-Bintik Hitam

Buat cewek bintik hitam bisa mengganggu banget karena membuat wajah jadi tidak sepenuhnya bersih. Meskipun pada beberapa kasus flek hitam ini bisa memudar sendiri, namun apabila ini cukup mengganggu, bisa dilakukan upaya untuk menyamarkan flek hitam lebih cepat. Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Menggunakan Krim Pemutih

Whitening Cream (image from pixaby.com)
Whitening Cream (image from pixaby.com)

Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk menghilangkan atau memudarkan bintik-bintik hitam, dengan menggunakan krim pemutih. Sahabat biutita, kalian semuanya rata-rata pasti juga sudah tidak asing lagi dengan krim pemutih wajah yang juga banyak dijual bebas di pasaran. Namun pastikan memilih krim pemutih wajah yang aman ya… Dan, apabila di krim tersebut mengandung hydroquinone, kamu perlu banget untuk konsultasi dengan ahlinya langsung seperti dokter kulit. Karena jika saat pemakaian krim pemutih tersebut kamu mengalami gejala kulit kemerahan, gatal dan panas seperti terbakar, perlu dilakukan tindakan lanjut sama yang udah berpengalaman.

2. Menggunakan Krim Retinoid

Well, selain menggunakan produk yang memang dijual bebas di pasaran, untuk lebih aman dan tepat dalam memudarkan flek, maka gak ada salahnya kalau kita langsung konsultasi dengan yang berpengalaman seperti dokter kulit. Pada konsultasi dengan dokter ini kita mungkin bisa mendapatkan opsi untuk menggunakan krim retinoid. Krim retinoid yang mengandung senyawa vitamin A ini bisa digunakan bersamaan dengan krim pemutih loh. Mungkin krim ini cocok banget buat kamu yang ingin menghilangkan Flek dengan waktu yang lebih cepat. Krim ini bisa memudarkan flek dalam waktu satu bulan saja. Namun saat proses penyembuhan harus sabar ya.. karena kemungkinan akan ada efek samping yang bersifat sementara seperti kemerahan, panas, hingga terkelupas.

3. Terapi Sinar Laser

Terapi Laser Wajah (image from pixaby.com)
Terapi Laser Wajah (image from pixaby.com)

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan terapi sinar laser. Apakah ini benar-benar efektif? Setidaknya bisa menghilangkan flek hitam sebanyak 50% dengan lebih cepat. Sistem dari terapi ini adalah membakar pigmen gelap atau bintik hitam dengan menggunakan gelombang cahaya. Tidak perlu khawatir apabila takut pigmen kulit yang tidak gelap juga ikut terbakar ya, karena sinar laser ini hanya menyerap bagian yang gelap. Namun hati-hati untuk yang berkulit gelap, karena kulit gelap cenderung memiliki pigmen gelap yang lebih banyak. Selama proses terapi ini dilakukan oleh ahli yang berpengalaman dan kualitas pelayanannya terjamin, tidak masalah untuk dicoba. Beberapa efek samping yang mungkin dialami adalah kemerahan, bengkak, kulit mengelupas.

4. Melakukan Peeling

Sahabat Biutita cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi flek hitam di kulit adalah dengan melakukan peeling. Peeling tentunya sudah tidak asing lagi bagi kamu-kamu semuanya. Saat ini juga sudah banyak tersedia masker peeling di pasaran yang dijual secara bebas. Namun untuk mengatasi flek hitam, perlu dilakukan tindakan peeling yang lebih kuat yang bisa dilakukan oleh dokter kecantikan atau dokter kulit agar lebih aman. Peeling dilakukan dengan menggunakan cairan kimia yang mengandung asam glikolat (GA) atau asam trikloroasetat (TCA). Kandungan tersebut berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati dan mempercepat regenerasi. Efek sampingnya, mulai dari wajah kemerahan, perih, hingga kulit mengelupas.

Cara mencegah Flek Hitam

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk itu, karena pengobatan flek hitam cukup susah maka tidak ada salahnya kita melakukan pencegahan sedini mungkin ya girls.. ternyata melakukan pencegahan bisa jadi lebih mudah lo, asalkan konsisten.

1. Rutin Menggunakan Night Cream

Perawatan menggunakan cream perlu banget ya untuk merawat kulit. Selain bisa mempertahankan kekenyalan, kelembapan dan mencerahkan kulit, rajin dan rutin menggunakan night cream juga membuat kulit beregenerasi secara optimal sehingga bisa mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti flek hitam. Jika kita rutin menggunakan night cream, maka flek-flek hitam itu tidak akan sampai tumbuh dan berkembang di seluruh wajah. Night cream sangat efektif bekerja di malam hari karena sel-sel kulit beregenerasi dengan optimal ketika malam.

2. Menggunakan Cream dengan SPF minimal 30

SPF Cream (image from pixaby.com)
SPF Cream (image from pixaby.com)

Kalau malam hari pakai night cream, kalau siang wajib pakai Day Cream yang mengandung SPF minimal 30. Kenapa? Karena kita tahu bahwa flek-flek hitam muncul paling cepat karena disebabkan oleh sinar matahari. Maka, kita wajib melindungi kulit kita. Kenapa minimal SPF 30? Karena tingkat SPF itu menentukan lama durasi SPF itu bekerja melindungi kulit. Jadi semakin tinggi tingkat SPF, maka semakin lama juga SPF itu bisa melindungi kulit. Apalagi jika kamu sering banget aktivitas di luar ruangan. Jangan sampai lupa pakai cream yang mengandung SPF ya! Kalau udah lebih dari 3 jam juga boleh touch up lagi lo cream nya.

3. Membersihkan wajah menggunakan cleansing brush

Cleansing Brush (image from pixaby.com)
Cleansing Brush (image from pixaby.com)

Sudah tahu tentang cleansing brush? Cleansing brush yang saat ini juga tersedia dalam jenis elektrik ini dinilai mampu berbersihkan wajah dan mengangkat sel-sel kulit mati lebih kuat daripada apabila kita menggunakan tangan aja girls. Nah, karena alat ini lebih kuat maka gak perlu tiap hari digunakan. Alat ini bisa digunakan 2 atau 3 kali seminggu saja. Intinya, jika wajah kita selalu bersih, tidak akan ada kotoran yang mengendap dan pertumbuhan flek-flek hitam pun juga akan berkurang.

Okey, so sekarang kalau tiba-tiba muncul flek hitam jangan panik ya.. bisa dicoba beberapa tips di atas, mulai dari pencegahan hingga cara mengatasinya. Ingat, kita bisa mencegah tanda-tanda penuaan dini sedini mungkin ya sahabat biutita agar tidak menyesal nantinya. Perawatan dilakukan sebelum tua ya.. jangan sampai menunggu proses penuaan untuk melakukan perawatan karena hasilnya akan kurang maksimal.