Lakukan 10 Hal Ini Jika Kamu Ingin Make Up Tahan Lahan Lama Tanpa Kusam dan Belang

Setiap wanita pasti menginginkan tampil cantik dengan make up yang merata dan tahan lama. Namun, seringkali muncul masalah pada wajah yang memiliki kulit kering ataupun berminyak, sehingga membuat tampilan yang seharusnya menarik malah terkesan kusam dan nampak belang.

Make up pun dapat dijadikan sebagai senjata utama malah tidak dapat bertahan lama karena mungkin pemakaian produk yang salah atau pengaplikasian make up yang kurang cocok untuk beberapa tipe kulit. Selain itu, juga karena aktivitas yang kamu lakukan dapat membuat make up cepat luntur. Lalu, bagaimana cara menjaga agar make up tetap tahan lama?

Ini Dia Langkah-Langkah untuk Make Up Tahan Lama

Make up yang tahan lama tanpa touch up lagi tentunya menjadi impian setiap wanita. Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan untuk tetap tampil cantik tanpa kusam dan belang yang menjengkelkan. Seringkali kita jumpai banyak wanita yang mengeluh bahwa make up nya gampang luntur dan malah terlihat buruk dipandang.

Sahabat Biutita, Ini 10 Merk Make Up Indie Yang Wajib Kamu Tahu!

Lalu, menurut kamu gimana solusi terbaik untuk mengatasi hal ini? Nah, berikut ini langkah-langkah untuk menjaga make up kamu lebih tahan lama.

  1. Bersihkan wajah terlebih dahulu
bersihkan wajah
bersihkan wajah – Foto : cantik.tempo.co

Tahap pemakaian make up yang paling utama yaitu membersihkan wajah terlebih dahulu. Jangan biarkan bekas make up yang sebelumnya masih tertinggal di wajahmu. Hal ini sangat berguna jika kamu ingin make up yang tahan lama dengan minyak dan kotoran yang terangkat sepenuhnya. Coba gunakan sabun cuci muka yang di dalamnya terdapat glyconic acids (salicylic acid) agar mengurangi produksi minyak pada wajah.

Untuk hasil wajah yang lebih bebas dari kusam dan pertumbuhan jerawat, kamu dapat memakai tools khusus ataupun facial scrub untuk membersihkan hingga ke pori-porimu.

  1. Pakai moisturizer atau pelembab

Kulit normal, kering, bahkan berminyak pun juga memerlukan moisturizer atau pelembab. Pelembab di sini sangat berguna untuk menjaga kelembutan kulit wajah. Saat kamu tidak mengaplikasikan pelembab pada wajah, lapisan dermis akan memproduksi minyak sehingga minyak di wajah pun akan semakin menumpuk.

Cukup gunakan pelembab berbahan dasar air atau water-based seperti aloe vera gel atau lotion supaya wajah kamu tidak terlihat semakin berminyak. Aplikasikan secara merata ke seluruh wajah agar make up kamu lebih tahan lama.

  1. Jangan lupa gunakan primer
primer
primer-foto:beautynesia.id

Primer memiliki fungsi untuk menjaga make up yang dipakai agar tahan lama. Penggunaan primer ini juga berguna untuk mengikat pelembab serta membantu memberi tampilan yang halus dan rata pada wajah. Selain itu, juga dapat menyamarkan pori-pori besar dan kemerahan di area hidung dan mulut.

Kamu dapat memakainya di bagian T-zone seperti dahi, hidung, dan dagu. Untuk pemilihan jenis primer, cocokkan dengan kulit wajahmu untuk hasil yang lebih maksimal.

  1. Gunakan bedak seperlunya saja
Face Powder
Face Powder-foto:id.oriflame.com

Mulai sekarang hindari pengaplikasian bedak berlebih pada wajah kamu. Karena pemakaian yang bedak tabur yang berlebihan malah akan membuat pori-pori wajah mengeluarkan lebih banyak minyak.

Caranya cukup gunakan bedak pada T-zone, bawah mata, atau area yang berkilau saja. Di lain sisi, pemakaian bedak disarankan dengan formula yang matte dan transparan. Bedak transparan atau translucent powder dapat dipakai untuk touch up yang berguna mencegah produk make up bergeser.

Prediksi 10 Merk Kosmetik Lokal Yang Akan Hits Dan Recommended Buat Wanita Indonesia Tahun 2021

  1. Pakai produk waterproof
Pakai produk waterproof
Pakai produk waterproof-foto:mirror.co.uk

Salah satu tips agar make up kamu tahan lama adalah pemakaian produk make up waterproof (anti air), water-resistant, atau long wear. Make up waterproof merupakan jenis make up yang tak luntur meski terkena air ataupun minyak. Seperti foundation, eyebrow, blush on, eyeliner, mascara hingga lipstik. Sehingga, kamu nggak perlu ribet touch up berulang kali karena make up ini dapat bertahan seharian.

Perlu adanya pemilihan warna bedak dan foundation yang sesuai dengan wajah. Jangan terlalu gelap ataupun terang. Ketika wajah mengeluarkan minyak berlebih, kamu cukup tepuk-tepuk wajah perlahan dengan menggunakan tisu kering.

  1. Memakai kosmetik oil-free
Memakai kosmetik oil-free
Memakai kosmetik oil-free-foto:suara.com

Untuk pemilik wajah yang berminyak, kosmetik oil-free sangat direkomendasikan untuk dipakai. Gunakan produk berlabel oil-free dan non-comedogenic. Selain dapat menutupi pori-pori juga dapat membuat make up kamu lebih tahan lama. Nah, dengan begitu kamu tak perlu khawatir soal tampilan make up mu.

  1. Sedia kertas minyak

Nah, untuk kamu yang punya kulit berminyak, cegah minyak tersebut dengan blotting. Blotting dengan memakai kertas minyak sebagai solusi untuk mengangkat minyak berlebih atau sisa produk yang tidak terserap di permukaan kulit.

Dengan cara menekan secara perlahan area yang terdapat minyak tersebut. Dengan adanya kertas minyak ini, kamu nggak perlu melakukan touch up lagi.

  1. Akhiri make up dengan setting spray
Akhiri make up dengan setting spray
Akhiri make up dengan setting spray-foto:lifestyle.okezone.com

Langkah terakhir dalam make up adalah setting spray. Hal ini untuk mengunci dan membuat make up lebih tahan lama dan tidak gampang luntur. Setting spray juga mempunyai manfaat berupa kulit wajah yang akan bebas kilap dari minyak, lebih flawless, make up lebih natural, dan tentunya matte.

Cara pemakaiannya dengan menyemprotkan pada jarak 30-40 cm agar cipratannya merata ke seluruh bagian wajah kamu.

  1. Aplikasi es batu pada wajah
Aplikasi es batu pada wajah
Aplikasi es batu pada wajah-foto:parenting.orami.co.id

Kamu bisa banget mengaplikasikan es batu sebagai alat untuk mengecilkan pori-pori di wajahmu. Karena suhu yang dikeluarkan oleh es batu dapat membantu menutup pori-pori. Hal tersebut tentunya sangat bagus untuk hasil make up yang jauh lebih merata dan juga menyatu pada wajah.

Cara pemakaiannya dengan membersihkan wajah terlebih dahulu kemudian gunakan es batu yang telah dilapisi handuk untuk mengompres wajahmu. Putar-putar es batu di area bawah mata juga untuk menghilangkan mata panda. Lakukan selama 5-10 menit. Selain itu, es batu juga memiliki fungsi untuk mengontrol kadar minyak.

  1. Konsumsi air putih
Konsumsi air putih
Konsumsi air putih-foto:makassar.terkini.id

Mengkonsumsi air ternyata juga sangat baik untuk wajah kamu. Terlebih bagi kamu yang memiliki wajah berminyak, kekurangan air putih akan membuat kulit menjadi kusam. Hal tersebut akan mempengaruhi ketahanan make up pada wajah.

Air putih secara tak langsung memiliki fungsi berupa memberikan hidrasi untuk menjaga kulit wajah kamu sehingga make up dapat bertahan seharian.

Nah, itu tadi 10 cara untuk menjaga make up lebih tahan lama. Selain menggunakan produk make up yang tepat, kebersihan wajah pun harus diperhatikan. Jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah setelah kamu selesai make up.

Yang lebih penting, wajah pun harus dirawat dari dalam juga. Mengkonsumsi air putih secara rutin dapat membuat wajah terhindar dari kulit kusam. Sehingga, air putih secara tak langsung menjaga menutrisi wajah kamu dari dalam.

10 Makeup Complexion Terbaru yang Wajib Kamu Miliki

Itu dia tips untuk menjaga make up lebih tahan lama. Nah, apa kamu sudah mencoba langkah-langkah tersebut? Jika belum, yuk dicoba dan dapatkan hasil make up yang lebih tahan lama tanpa kusam dan belang.