Teknik Merawat Gigi Agar Senantiasa Berwarna Putih Cemerlang Ini Harus Kamu Tahu!

Senyum merupakan salah satu cara untuk membuat wajah semakin memesona. Apalagi saat kamu melakukan “senyum Pepsodent”, pasti ada rasa tidak percaya diri jika gigimu tidak putih cemerlang. Lalu, bagaimana caranya merawat gigi agar tetap putih cemerlang? Mari, simak artikel ini!

Teknik Merawat Gigi Dengan Baik

Gigi merupakan komponen terpenting dalam sistem pencernaan. Fungsi gigi ialah untuk mengunyah makanan. Hal itu membuat gigi harus bersentuhan dengan makanan secara langsung. Sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi itulah yang nanti akan berubah menjadi kerak lalu membuat gigi berwarna kuning dan sulit untuk dihilangkan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga gigimu agar tetap putih, diantaranya :

  1. Kurangi kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman yang membuat gigi menguning
Pilih-pilih makanan
Pilih-pilih makanan – Foto : lifestyle.okezone.com

Makanan atau minuman yang dapat membuat gigi berubah warna diantaranya teh, kopi, permen, minuman bersoda, minuman manis, saus tomat, dan wine. Makanan dan minuman tersebut dapat menyebabkan gigi menguning sebab:

  • Permen dan minuman manis mengandung gula yang selain merusak enamel gigi, juga dapat menciptakan asam dalam mulut, sehingga gigi menjadi lebih rentan terhadap pewarnaan atau perubahan warna.
  • Teh dan kopi mengandung tanin, enzim yang yang membuat gigi kuning, bahkan selain tanin, pada teh juga terdapat zat lain yang dapat menyebabkan gigi kuning, di antaranya theaflavin, thearubigin, dan theabrownin. Untuk kamu si penggemar teh atau kopi, kamu masih dapat mengonsumsi dua minuman ini, tetapi sebaiknya dengan meminumnya lewat sedotan, menambahkan krim atau susu pada teh, atau mengurangi konsumsi minuman ini agar gigimu tidak kuning.
  • Minuman bersoda yang warnanya gelap bersifat asam dan mengandung kromogen yang tinggi, sehingga minuman ini dapat dengan mudah menguningkan gigi.
  • Saus tomat dapat menyebabkan keasaman dalam mulut, sehingga gigi akan rentan terhadap pewarnaan. Namun, jika kamu masih ingin menikmati saus yang rasanya manis, pedas, dan gurih ini kamu bisa menggunakan beberapa alternatif dengan mencampurnya bersama salad sayur seperti brokoli, kangkung, kembang kol, atau bayam.
  • Wine atau anggur merah mengandung asam tannic yang dapat menimbulkan bintik-bintik coklat pada gigi.

 

  1. Hentikan kebiasaan merokok
Hentikan merokok
Hentikan merokok – Foto : lifestyle.kompas.com

Merokok merupakan salah penyebab yang dapat merusak kesehatan, khususnya paru-paru. Namun, ternyata rokok tak hanya merusak paru-paru, tetapi juga dapat membuat gigi menjadi kuning karena kandungan nikotin dan tar pada rokok sangat mudah menempel pada gigi. Jika merokok menjadi kebiasaan, zat itu akan menumpuk dan menyebabkan warna kuning tersebut.

 

  1. Menggosok Gigi dengan Benar
Menggosok gigi dengan benar
Menggosok gigi dengan benar – Foto : kompasiana.com

Banyak orang yang mengabaikan teknik menggosok gigi, padahal hal ini tidak boleh diabaikan lho! Jika kamu menggosok gigi dengan teknik yang salah, tanpa kamu sadari mungkin saja masih ada bagian gigi yang belum tersikat, sehingga tidak semua bagian gigi bersih, biasanya sela-sela gigi yang paling rawan tidak kena sikat gigi. Atau mungkin saja kamu terlalu keras menggosok gigi, sehingga membuat gusimu sakit karena terkena bulu sikat.

Teknik menggosok gigi dengan benar adalah dengan menempatkan sikat gigi pada sudut 45 derajat dari gusi, lalu menyikatnya perlahan dengan gerakan memutar, bukan gerakan maju mundur, gagang pada sikat gigi dipegang seperti memegang pensil, sehingga kamu tidak akan menyikatnya terlalu keras.

  1. Mengganti Sikat Gigi dengan Teratur
Ganti sikat gigi
Ganti sikat gigi – Foto : klikdokter.com

Sikat gigi yang telah lama dipakai pastinya lama-kelamaan akan semakin ditumpuki oleh kotoran. Oleh karena itu, sebaiknya sikat gigi diganti dua bulan atau tiga bulan sekali dengan bentuk dan ukuran yang nyaman dengan gigi dan mulut agar gigimu tetap putih dan sehat!

  1. Rajin Menggosok Gigi
Rajin Gosok gigi
Rajin Gosok gigi – Foto : lifestyle.kompas.com

Tahu teknik menggosok gigi yang benar, punya sikat gigi yang bagus, tetapi jarang gosok gigi, itu sia-sia namanya. Merawat gigi haruslah rutin, kamu harus menggosok gigi setelah makan, juga di pagi dan malam hari, terutama saat sebelum tidur. Anjuran ini bukan tanpa sebab, dengan menggosok gigi setelah mengonsumsi makanan –terutama makanan yang menyebabkan gigi kuning— itu bisa menghilangkan plak yang menempel pada gigi, sedangkan untuk menggosok gigi sebelum tidur itu bertujuan mencegah plak atau sisa makanan yang berada di gigi tidak membusuk atau mengeras karena semalaman menempel pada gigi.

  1. Melakukan flossing
Flossing Gigi
Flossing Gigi – Foto : smileconceptclinic.com

Flossing ialah kegiatan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi atau dental floss. Sedikit orang yang mengetahui istilah ini, tetapi tahu teknik ini. Melakukan flossing juga tidak boleh sembarangan, harus ada cara yang benar agar flossing tidak malah melukai gusi. Berikut cara melakukan flossing yang benar:

  • Siapkan benang gigi atau dental floss yang berkualitas. Perlu diketahui jika benang gigi berbeda dengan benang jahit. Kamu bisa membeli benang gigi ini di apotek atau swalayan.
  • Ambil benang gigi dengan panjang kurang lebih 45 cm, lalu lilitkan pada kedua jari tengah.
  • Ibu jari dan jari telunjuk memegang erat bagian tengah benang agar bagian tengah benang kuat dan tidak kendur.
  • Masukkan benang gigi bagian tengah tadi ke sela-sela gigi dengan perlahan. Sebaiknya lakukan flossing gigi sambil bercermin untuk mengatahui letak benang sudah tepat atau belum. Kamu bebas memulainya dari bagian gigi depan atau belakang.
  • Gerakkan benang naik turun secara perlahan! Jika kamu melakukannya terlalu keras, malah dapat membuat gusimu terluka. Saat hampir menyentuh gusi gigi, arahkan benang ke bagian samping gigi membentuk huruf C, lalu gesek secara perlahan dengan naik turun. Ulangi cara ini pada bagian gigi lainnya!
  • Kamu boleh melakukan flossing sebelum atau setelah menggosok gigi.

7.Memutihkan Gigi dengan Pemutih Alami

Pemutih alami gigi
Pemutih alami gigi – Foto : brilicious.brilio.net

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memutihkan gigi, salah satunya dengan pemutih alami yang dapat kamu gunakan dengan cara:

  • Susu

Selain mengandung kalsium yang menguatkan gigi, susu juga mengandung fosfor dan magnesium yang membantu untuk memutihkan gigi. Untuk membantu gigimu menjadi putih, kamu tinggal mengonsumsi susu setiap hari.

  • Apel

Kamu tinggal mengunyah apel jika ingin memutihkan gigi karena saat mengunyah apel seratnya akan sendirinya membersihkan noda-noda pada gigi.

  • Daun Salam

Cara menggunakan daun salam sebagai pemutih ialah dengan menumbuk halus daun salam, lalu dicampur dengan air hingga membentuk pasta, kemudian gunakan sebagai pasta gigi. Kandungan daun salam seperti minyak atsiri, sitral, tanin, flavonoid, kalsium, zat besi, kalium, magnesium, dan Vitamin A, B, C, dan D yang ampuh sebagai cara memutihkan gigi secara alami.

  • Kulit Pisang

Penggunaan kulit pisang sebagai pemutih alami sangatlah mudah, kamu tinggal mengambil kulit pisang yang telah dibersihkan, kemudian menggosok-gosokkannya pada gigi.

  • Jeruk Nipis

Sudah menjadi rahasia umum jika jeruk nipis dipakai menjadi salah satu bahan baku pembuatan sabun cuci piring atau pasta gigi, dimana kedua pembersih tersebut digunakan untuk membersihkan kerak-kerak yang membandel.

Untuk kamu yang ingin menggunakan jeruk nipis untuk pemutih alami, pembuatan pemutih gigi dari jeruk nipis sangatlah mudah, kamu tinggal memeras dua buah jeruk nipis, lalu perasannya dicampur dengan segelas air hangat, kemudian air tersebut untuk digunakan untuk berkumur.

  • Stroberi

Stroberi merupakan salah satu buah yang bermanfaat untuk mencegah sariawan, gusi berdarah, dan membunuh bakteri dalam mulut. Namun selain itu, stoberi sebagai salah satu buah yang mengandung vitamin C dan asam malat juga berfungsi mengikis noda pada gigi. Cara pembuatan pemutih alami dengan stroberi sangatlah mudah, kamu tinggal menumbuk halus stroberi lalu mengoleskannya pada gigi.

  • Baking Soda

Cara pembuatan pemutih alami dari baking soda ialah dengan mencampurkan baking soda dengan air perasan lemon, lalu dioleskan pada gigi.

  1. Memeriksakan Gigi Secara Teratur
Periksa ke dokter gigi
Periksa ke dokter gigi – Foto : alodokter.com

Kamu sebaiknya pergi ke dokter gigi setidaknya enam bulan sekali walaupun kamu tidak ada keluhan apa pun. Hal ini bermanfaat untuk kamu karena dokter gigi bisa membantu membersihkan karang-karang gigi yang membuat gigimu berwarna kuning dengan alat yang dimilikinya.

Demikian informasi di atas mungkin bisa kamu jadikan acuan untuk menjaga agar gigimu tetap putih cemerlang. Selamat mencoba!