10 Skincare Acne Prone Untuk Kulit Kamu yang Mudah Berjerawat

Sahabat biutita punya masalah jerawat atau masih saja terganggu dengan masalah jerawat, skincare acne prone jadi jawaban tepat. Ini merupakan tipe skincare yang akan merawat, menghilangkan dan mencegah jerawat muncul kembali. Bukan berarti jerawat tidak akan timbul kembali, karena ini sudah hormon namun bisa dikendalikan dan membantu menghilangkan bekas jerawat.

Jerawat memang bisa muncul pada semua orang dengan segala usia, apa yang bisa dilakukan? Perawatan wajah untuk tindakan pencegahan dan bisa mengendalikan timbulnya jerawat. Bagi kamu yang tidak punya banyak waktu untuk ke perawatan, bisa kok merawat wajahmu sendiri di rumah dengan memiliki skincare yang tepat.

Rekomendasi 10 Skincare Acne Prone Kulit Mudah Berjerawat

Nah supaya sahabat biutita tidak salah pilih produk skincare acne prone, berikut ini beberapa rekomendasi produk yang bisa disesuaikan jenis kulit dan kondisi jerawat. Jangan khawatir, skincare tetap bisa digunakan saat wajah dalam kondisi apapun, apalagi iritasi dan bengkak. Skincare akan berfungsi untuk menyembuhkan dan bisa mencegah jerawat timbul kembali.

1. Viva Green Tea Cleansing Cleanser

Viva Green Tea Cleansing Cleanser
Viva Green Tea Cleansing Cleanser (Foto : shopee.co.id)

Susu pembersih yang jadi andalan skincare acne prone. Bukan hanya membersihkan dengan lembut dan menyeluruh namun dapat mengembalikan kelembapan kulit sehingga terasa lebih moist. Kandungan green tea sebagai antioksidan berperan aktif mencegah dan menyembuhkan jerawat sebelum membengkak.

Bagi sahabat biutita yang kulitnya kurang cocok dengan alkohol, tenang saja cleansing milk dari Viva ini bebas alkohol dan fragrance atau parfum. Aromanya green tea alami dan tidak menyengat, cocok untuk membersihkan wajah pertama kali. Gunakan pada pagi dan malam sebelum tidur, sehingga kulit akan terasa lebih sehat alami.

Harganya tergolong ekonomis kok, mudah didapatkan dan bisa digunakan kapan saja. Memang hasilnya tidak akan langsung terlihat, coba gunakan minimal 30 hari secara rutin. Rasakan kulit jadi lebih lembut, lembab dan tanpa timbunan minyak penyebab jerawat atau bruntusan. Bahkan cocok loh buat kulit iritasi atau sensitif, penggunaan rutin pagi dan malam bisa memberikan manfaat lebih loh.

2. Innisfree Bija Anti Trouble Facial Foam

Innisfree Bija Anti Trouble Facial Foam
Innisfree Bija Anti Trouble Facial Foam (Foto : amazon.com)

Tidak cukup satu tahapan cleanser saja, skin acne prone apalagi ditambah oily skin akan mudah berjerawat. Maka dari itu harus menggunakan facial foam, kandungan air akan menyegarkan sekaligus menurunkan suhu pada kulit. Innisfree punya pencuci muka khusus acne prone dan kulit sensitif, tanpa penggunaan berlebih.

Innisfree Bija tersebut hanya perlu digunakan sebiji jagung saja, setelah itu busakan dan pijat halus di seluruh permukaan wajah. Setelah itu bilas, wajah akan terasa lebih segar, lembab dan bebas minyak. Kandungan Torreya seed extract sevara efektif membersihkan seluruh kotoran hingga sela pori. Ada juga kandungan Salicylis Acid yang efektif mengatasi jerawat hingga menyamarkan bekas noda hitam.

Baca juga : 10 Rekomendasi Produk Untuk Fungal Acne Terbaik yang Aman digunakan terbaru tahun 2020

Harganya memang cukup pricey untuk ukuran 100 gram, tapi cukup tahan lama. Penggunaan rutin setiap pagi dan malam bisa bertahan hingga 60 hari, worth it bukan untuk menghilangkan jerawat sekaligus meningkatkan skin tone. Selain itu, kulit akan terasa lebih kenyal dan lembab seketika, bukan cuma menghilangkan jerawat loh sahabat biutita.

3. Senka Perfect Whip Anti Shine Face Foam

Senka Perfect Whip Anti Shine Face Foam
Senka Perfect Whip Anti Shine Face Foam (Foto : bukalapak.com)

Kurang cocok dengan innisfree sebagai double cleansing, bisa memilih skincare Jepang, Senka. Kandungan White Cocoon yang membuat busa melimpah dan cocok untuk semua jenis kulit. Kualitas premium dengan harga lebih terjangkau, inilah anak perusahaan dari Shiseido, tapi dibanderol dengan harga lebih murah.

Awalnya memang agak terasa kering apalagi untuk dry skin tapi tidak akan terasa tertarik, kalau begini sebaiknya kamu cuci muka tidak terlalu sering dan jangan gunakan produk terlalu banyak. Pastikan komposisinya pas dan memberikan manfaat lebih nantinya.

Tekstur whipnya super lembut, kulit akan terasa kesat dan kencang tanpa tertarik. Setelah cuci muka akan terasa segar dan tidak lagi mengantuk. Cara penggunaan cukup sebiji jagung saja, busakan dengan air atau foaming net. Busanya memang berlimpah yang berguna untuk mengurangi kontak langsung tangan dengan wajah.

4. Neogen Peeling Pad

Neogen Peeling Pad
Neogen Peeling Pad (Foto : shopify.com)

Kulit masih terasa kasar setelah double cleansing, ini tandanya banyak sel kulit mati yang menumpuk. Perlu dilakukan peeling atau mengangkatkan kotoran dan sel kulit mati. Peeling bisa dilakukan secara chemical dan technical, kalau ke salon kecantikan langsung menggunakan alat yang sebenarnya kurang bersahabat untuk acne prone yang cenderung sensitif.

Maka dari itu, sebaiknya lakukan peeling secara chemical saja. Neogen jadi solusi tepat agar bisa melakukan di rumah dengan mudah dan tepat. Pasalnya peeling berbentuk pad dan tinggal usapkan merasa saja di seluruh wajah. Packaging nya yang super higienis, mudah digunakan dan sekali pakai. Cocok jadi skincare buat traveling dengan kemasan plastik yang anti tumpah.

Ada tiga varian pilihan, lemon, grape dan green tea. Jika ingin membersihkan kotoran secara menyeluruh, sebaiknya gunakan varian green tea. Kalau ingin meningkatkan skin tone sekaligus membuat jerawat kabur, bisa menggunakan varian lemon, tapi biasanya ada efek ‘cekit-cekit’ saat penggunaan. Peeling pad sebaiknya hanya digunakan 2 kali seminggu saja, hasilnya akan terlihat setelah penggunaan kok.

5. Hada Labo Gokujyun Lotion Toner

Hada Labo Gokujyun Lotion Toner
Hada Labo Gokujyun Lotion Toner (Foto : shopify.com)

Setelah sahabat biutita membersihkan wajah secara menyeluruh, saatnya memberikan nutrisi untuk wajah. Skincare acne prone selanjutnya adalah toner. Karena acne prone super sensitif, sebaiknya menggunakan hydrating toner. Hada Labo punya produk yang super gentle dengan formulasi ringan yang cocok untuk kulit berjerawat.

Tanpa kandungan alkohol dan parfum sehingga cocok untuk sensitif skin. Lotion toner yang mengandung hyaluronic acid ini efektif untuk melembapkan kulit dan mengontrol produksi minyak berlebih yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Baca juga : 10 Rekomendasi Produk Eksfoliasi Wajah Yang Aman Dan Sudah BPOM Terbaru Tahun 2020

Cara penggunaan toner sebaiknya menggunakan kapas, teteskan secukupnya dan tap tap pada wajah. Kenapa harus menggunakan kapas padahal toner bisa langsung di tap tap di wajah. Khusus acne prone karena lebih sensitif, sebaiknya tidak meninggalkan produk skincare terlalu banyak.

6. Benton Aloe BHA Skin Toner

Benton Aloe BHA Skin Toner
Benton Aloe BHA Skin Toner (Foto : shopify.com)

Wajah iritasi bukan alasan tidak menggunakan skincare, inilah cara test paling tepat apakah produk skincare cocok atau tidak. Benton punya skincare acne prone yang efektif mengatasi jerawat dengan kandungan BHA yang efektif melmebapkan wajah dan mengangkat sel kulit mati sekaligus.

Kandungan Hyaluronic acid efektif untuk mengatasi jerawat. Sedangkan Aloe Vera akan melembapkan kulit sehingga mempercepat pengempesan jerawat. BHA yang terkandung dalam Salicylic Acid berperan untuk mengangkat sel kulit mati dan membantu pengeluapasan masalah whitehead dan blackhead.

Aplikasi toner dengan kapas, tepukan atau agak tahan pada bagian yang berjerawat agar lebih cepat mengempis. Bisa juga dijadikan masker dengan meneteskan pada kapas dan diamkan selama 10 menit. Skincare multifungsi bukan, bahkan harganya terbilang worth it untuk ukuran kemasan full size.

7. Skin1004 Madagascar Centella Asiatica Ampoule

Skin1004 Madagascar Centella Asiatica Ampoule
Skin1004 Madagascar Centella Asiatica Ampoule (Foto : lazada.com

Sahabat biutita yang memiliki kulit acne prone cenderung berminyak, tentu kesulitan memilih serum atau essence, pasalnya kedua skincare ini selalu mengandung minyak untuk melembapkan. Skin1004 memberikan terobosan berbeda karena hanya bahan utamanya dan 100 persen hanya centella asiatica.

Lebih mudah dikenal dengan daun kelor yang berfungsi sebagai skin barier sekaligus menyembuhkan semua masalah kulit. Perbedaan centella asiatica dengan daun kelor, Skin1004 hanya menggunakan centella asiatica dari Afrika yang masih alami tanpa penggunaan pengawet dan alat berat.

Ampoule dengan tekstur cair seperti air ini mampu menenangkan jerawat, menghilangkan kemerahan dan mencegah munculnya noda hitam. Kemasannya premium dengan gelas kaca dan pipet. Cukup beberapa tetes saja dan tepukan di seluruh wajah tanpa penggunaan kapas. Gunakan pada pagi dan malam, ini akan memudahkan darkspot dan mengontrol produksi minyak berlebih.

8. Hadalabo Perfect 3D Moisture Gel

Hadalabo Perfect 3D Moisture Gel
Hadalabo Perfect 3D Moisture Gel (Foto : lazada.co.id

Bagi kamu yang ingin jerawat hilang lebih cepat, bisa menambahkan moisturizer saat penggunaan skincare di malam hari. Hadalano memiliki moisture gel dengan kandungan arbutin dan niaciamida, dimana efektif menyembuhkan dan memudahkan bekas noda jerawat.

Sekalipun ini moisturizer namun teksturnya gel yang ringan, bebas alkohol dan fragrance. Cocok digunakan di akhir skincare acne prone rutin untuk mengunci kelembapan kulit dan mencegah produksi minyak berlebih di malam hari.

Baca juga : 10 Rekomendasi Produk Nivea Terbaik yang Cocok untuk Mengatasi Jerawat dan Memutihkan Wajah

Cukup satu colek saja, ratakan di seluruh bagian wajah dan tunggu hingga kering. Bangun tidur nanti sahabat biutita akan merasa wajah jadi terasa lebih moist, segar dan jerawat sudah mengempes sempurna.

9. COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF 50+ PA+++

COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF 50+ PA+++
COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF 50+ PA+++ (Foto : pinterest.ch)

Sahabat biutita sering kali melupakan penggunana sunscreen, tapi kan nggak keluar ruangan kenapa harus pake tabir surya. Berada di dalam ruangan pun, kulit tetap membutuhkan perlindungan dari paparan sinar matahari, sekalipun tidak langsung.

Khusus untuk kkulit berjerawat, skincare acne prone yang jadi rekomendasi adalah  COSRX Aloe Smooting Sun Cream SPF 50+ PA+++. Kandungan SPF yang cukup tinggi sehingga bisa memberikan perlindungan maksimal.

Kandungan aloe vera juga memastikan jika jerawat atau iritasi tidak semakin parah, pasalnya dapat melembapkan dan calming skin. Ini cocok digunakan di akhir skincare atau setelah penggunan makeup. Tenang saja, tidak akan mengubah warna dan hanya gel bening saja kok.

10. Skin Aqua Sunscreen SPF 50+++

Skin Aqua Sunscreen SPF 50+++
Skin Aqua Sunscreen SPF 50+++ (Foto : ichafaaizah.com)

Kurang cocok menggunakan gel sunscreen, bisa memiliki tabur surya bertekstur cair yang lebih ringan punya Skin Aqua. Kandungan SPF hingga 50+++ yang dapat melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB, ini sangat dianjurkan untuk kamu yang berada di bawah paparan sinar matahari secara langsung.

Perlindungan ganda yang akan mengurangi iritasi akibat jerawat dan blackspot, bahkan paparan sinar matahari langsung juga dapat menyebabkan kanker kulit loh. Aplikasinya mudah, cukup oleskan di seluruh wajah setelah pengunaan skincare atau makeup.

Siapa bilang punya kulit berminyak dan jerawatan tidak bisa dirawat dengan mudah, coba gunakan skincare acne prone sesuai kebutuhan dan jenis kulit kamu. Sahabat biutita memang harus menemukan sendiri dan mencobanya langsung, jangan takut kalau masih berjerawat, ini saat yang tepat untuk menemukan produk yang mampu merawat dan menjaga kulit kamu.