Sahabat Biutita, Bagaimana Sih Cara Mengatasi Ngantuk di Pagi Hari Saat Bekerja?

Sahabat biutita sering ngantuk di pagi hari saat bekerja? hmmm….Mengantuk merupakan suatu hal yang wajar bagi setiap orang, mayoritas orang merasakan kantuk pada saat malam hari atau dikala kondisi sedang lelah karena banyak melakukan aktivitas seharian. Nah gimana nih kalau ngantuknya datang di pagi hari, lebih lebih saat mulai kerja.

Faktor penyebab mengantuk saat kerja dipagi hari ini sangat beragam, mulai dari kurang tidur atau mengalami gangguan tidur saat malam hari. Meskipun terlihat wajar dan sederhana, mengantuk diwaktu yang seharusnya produktif tentu bisa menganggu dan bahkan berdampak buruk bagi orang sekitar atau pekerjaan mereka sendiri. Produktifitas yang menurun bisa sangat beroengaruh terhadap performance kantor dimana mereka bekerja.

Dalam sekali waktu mengantuk dipagi hari masih bisa untuk ditoleransi, namun apabila memiliki frekuensi yang sering perlu adanya upaya untuk pencegahan, bahkan menelisik lebih dalam mengenai apa permasalahan yang sebenarnya terjadi. Upaya tersebut perlu kita lakukan untuk kebaikan diri sendiri dari segi kesehatan juga untuk orang lain, agar masalah kantuk dipagi hari tidak terus menerus berimbas pada lingkungan sekitar.

Latar belakang penyebab kantuk yang sering menyerang kita

Mengantuk
Mengantuk (Foto : theguardian.com)

Rasa kantuk yang tidak normal biasanya akan disertai gejala seperti respon yang lambat terhadap sesuatu karena konsentrasi yang berkurang, pelupa, serta sulit mengendalikan emosi. Apa sih latar belakang umum dari mengantuk di pagi hari? Berikut ini adalah beberapa penyebab gejala kantuk dipagi hari.

  1. Gaya hidup

Gaya hidup bisa menjadikan seseorang mengantuk diwaktu yang seharusnya produktif, yaitu seperti saat pagi hari ketika akan pergi bekerja. Beberapa gaya hidup yang bisa menimbulkan rasa kantuk diwaktu yang tidak normal adalah sebagai berikut :

-Kurang tidur malam hari

Mengantisipasi mengantuk dipagi hari sebaiknya kita harus memenuhi jam tidur malam hari secara baik, setidaknya penuhi jam ideal tidur yakni 6-8 jam. Durasi tersebut menjadi standar normal bagi seseorang agar tetap fit dipagi hari, sehingga nyaman saat bekerja karena terbebas dari gangguan kantuk.

-Pola makan yang menganggu waktu tidur

Memilih makanan yang tepat menjadi solusi utama agar tidak menggangu waktu tidur malam. Hindari kopi,makanan pedas, dan makan terlalu banyak diwaktu malam, sebab hal tersebut bisa berimbas terhadap pencernaan yang akhirnya akan menimbulkan gangguan tidur dimalam hari.

  1. Gangguan mental

Perasaan atau kondisi stres, gangguan kecemasan, dan depresi yang merupakan gangguan mental bisa menyebabkan seseorang merasa ‘ngantuk’ diwaktu yang tidak seharusnya, pagi atau siang hari dimana waktu tersebut seharusnya efektif untuk bekerja.

  1. Kekurangan oksigen

Oksigen merupakan kebutuhan yang penting dalam kelangsungan hidup manusia. Ada banyak hal yang bisa terjadi dalam tubuh apabila kekurangan oksigen, diantaranya adalah tubuh akan merasa lelah, letih, dan lesu. Fenomena tersebut yang kahirnya berdampak terhadap rasa kantuk berlebihan di pagi hari saat sedang memulai mengerjakan pekerjaan.

  1. Dampak penyakit

Beberapa penyakit, seperti sleep apnea, diabetes, kanker, dan nyeri kronis menjadi salah satu pemicu mengantuk dipagi hari. Hal tersebut terjadi karena cenderung penyakit tersebut menganggu kualitas tidur di malam hari. Khusunya untuk para penderita penyakit diabetes.

Berbagai upaya mencegah datangnya rasa kantuk di pagi hari yang paling ampuh

Mengantuk dipagi hari saat bekerja tentu tidak boleh dibiarkan begitu saja. Harus ada beberapa upaya yang dilakukan, baik upaya medis ataupun penyembuhan gejala secara alami. Berikut beberapa upaya pencegahan ngantuk dipagi hari secara alami :

  1. Meningkatkan kualitas tidur
Meningkatkan kualitas tidur
Meningkatkan kualitas tidur (Foto : healthline.com)

Membatasi aktivitas dimalam hari dinilai efektif untuk menghilangkan gejala kantuk dipagi hari saat sedang bekerja. Memenuhi durasi ideal kebutuhan tidur masing-masing individu sangat diperlukan agar rasa ngantuk berlebihan pada pagi hari saat kerja bisa direduksi. Mengatur jam tidur, hindari memainkan gawai terlalu lama atau menonton TV dengan porsi yang wajar sangat diperlukan. Tidur yang cukup dengan durasi tepat akan mengurangi rasa lelah, serta rasa cemas ataupun stress yang berlebihan.

  1. Minum air putih
ilustrasi minum air putih
ilustrasi minum air putih (foto: hallosehat.com)

Air putih berfungsi memenuhi kebutuhan oksigen dalam otak. Air putih juga menghindarkan diri dari dehidrasi. Gejala dehidrasi bisa memicu perasaan kantuk, perubahan kemampuan kognitif, dan gangguan suasana hati. Pagi hari menjadi momen yang sangat baik untuk minum air putih, minimal satu gelas. Asupan air dan minuman non-kafein bisa mengatasi kesegaran tubuh sepanjang hari.

Jangan Salahkan cewek Mendua, kalau Kamu Aja Suka Main Tangan dan Nggak Bisa Menghargai Perasaan Wanita

  1. Melakukan aktivitas olahraga
Ilustrasi Aktifitas Olahraga
Ilustrasi Aktifitas Olahraga (foto: suara.com)

Meregangkan tubuh selepas bangun tidur juga bisa menjadi solusi mengatasi mengantuk dipagi hari. Saat tidur tanpa disadari menyebabkan otot-otot kita lumpuh atau bahasa ilmiahnya atonia. Olahraga berfungsi mengaktifkan kembali otot dan merangsang energi baru bagi tubuh. Menyempatkan olahraga pagi seperti yoga, stretching ringan, serta lompat-lompat pelan sangat dianjurkan. Jalan-jalan diluar ruangan sembari menghirup oksigen segar juga dinilai menyehatkan.

  1. Sarapan pagi
Sarapan sehat
Sarapan sehat (Foto : iamafoodblog.com)

Energi yang pas dalam tubuh kita sangat diperlukan dipagi hari, energi yang cukup akan membangkitkan semangat dalam menjalankan aktivitas. Melewatkan sarapan pagi menjadi pemicu rasa lapar yang akan datang dengan cepat, sehingga hal tersebut membuat kita lebih mudah ngantuk ketika menjalankan aktivitas. Sarapan membantu kinerja fisik dan mental bekerja secara maksimal. Menu sarapan juga harus diperhatikan agar mampu memberi manfaat yang benar. Menu seperti buah, sereal, roti lebih direkomendasikan, sebab makanan tersebut tergolong menu ringan dan bebas dari karbohidrat tinggi. Menghindari gula sampai siang hari juga terbilang efektif, karena konsumsi gula berlebihan justru akan membuat rasa kantuk semakin menjadi.

  1. Mendengarkan musik
Mendengarkan musik
Mendengarkan musik (Foto : twofishstudios.com)

Musik menjadi salah satu terapi yang bisa membangkitkan mood saat bekerja. Selain itu kehadiran harmoni dari musik yang diputar akan membuat perasaan jauh lebih tenang. Pemilihan musik yang tepat sesuai dengan genre yang disukai juga menjadi detail yang perlu untuk diperhatikan.

Menjadi produktif saat bekerja tentu menjadi harapan bagi pekerja maupun atasan. Mengantuk dipagi hari saat bekerja tentu akan menghambat produktifitas perusahaan dimana kita bekerja. Mengenali sebab kantuk menjadi hal yang penting juga untuk mengatasinya dengan cara yang benar dan tepat. Mengantuk secara general terdiri dari dua hal, yaitu gejala mengantuk normal dengan frekuensi yang tidak padat, serta ada gejala mengantuk abnormal, dimana gejala ini memiliki frekuensi yang sering. Gejala normal lebih mudah diatasi dengan cara-cara sederhana, namun untuk gejala yang abnormal tentu perlu konsultasi dokter agar tahu obat atau cara yang tepat guna mengatasi hal tersebut.

10 Model Pakaian yang Cocok Buat Kamu Menghadiri Interview Wawancara Kerja, Kelihatan Sopan Tapi Nggak Katrok Gitu

Kebiasaan mengantuk dipagi hari saat bekerja jangan dibiarkan, namun perlu diatasi. Upaya mengatasi masalah tersebut bisa bermanfaat untuk diri sendiri maupun rekan kerja. Karyawan  yang produktif tentu akan bermanfaat juga untuk perusahaan dimana mereka bekerja. Mengantuk adalah yang wajar apabila diwaktu dan tempat yang tepat, akan menjadi sebuah masalah apabila terjadi diwaktu dan tempat yang salah.