Ini Dia Tips Agar Tidak Terkena Virus Corona Dan Tetap Sehat Ya Sahabat Biutita!

Baru-baru ini, publik dihebohkan dengan pendatang baru dalam dunia virus yang diberi nama virus corona. Novel coronavirus adalah salah satu jenis virus anyar yang menyerang organ pernapasan. Virus yang pertama kali mewabah di Wuhan, China ini dapat menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan berupa pneumonia hingga berpotensi kematian.

Nama lain dari virus corona adalah 2019-nCoV, tergolong salah satu virus yang mudah menular dan menyebar dengan cepat. Pada awalnya, virus corona hanya menimbulkan infeksi sistem pernapasan yang ringan seperti flu. Namun, virus corona juga dapat menyebabkan berbagai masalah pernapasan yang cukup serius seperti MERS, SARS dan pneumonia.

Lalu, apa sih yang menyebabkan datangnya novel coronavirus di tengah masyarakat? Yuk simak informasi berikut ini.

Penyebab Datangnya Virus Corona

novel Corona virus
novel Corona virus (Foto : aafp.org)

Manusia yang terinfeksi virus corona disebabkan oleh masuknya novel coronavirus pada tubuh mereka dan menyerang sistem pernapasannya. Hingga sejauh ini, virus corona dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti flu ringan hingga infeksi pernapasan berat seperti  pneumonia, MERS, dan SARS.

Berdasarkan informasi dari beberapa pakar kesehatan, awal mula datangnya virus corona adalah kebiasaan masyarakat daerah asal virus corona tersebut mengkonsumsi hewan liar seperti kelelawar, anjing, kucing, tikus, hingga buaya.

Sedangkan penularan dari manusia ke manusia terjadi akibat adanya kontak langsung dengan penderita. Kontak langsung tersebut bisa berupa berjabat tangan, bersin, batuk, hingga menghirup udara yang sama dengan penderita virus corona.

Umumnya  jika seseorang telah terinfeksi virus corona, cara yang tepat untuk menanganinya adalah dengan dilakukannya isolasi terhadap si penderita. Isolasi tersebut bertujuan agar virus corona tidak menulari manusia lainnya.

Virus corona dapat menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Namun hingga sejauh ini, virus corona lebih sering menginfeksi para orang dewasa.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya Dengan Bahan Alami Tanpa Merusak Rambut

Gejala Terinfeksi Virus Corona

Jika seseorang terkena virus corona, akan muncul beberapa tanda-tanda seperti demam, hidung berair, sakit kepala, batuk, sesak napas, nyeri tenggorokan, hingga nyeri dada.

Namun, ada beberapa gejala yang pasti terjadi pada penderita virus corona. Gejala tersebut berupa:

  1. Demam
  2. Batuk
  3. Sesak napas

Ketiga gejala diatas adalah yang paling umum dialami oleh para penderita virus corona. Dalam sebuah video yang sedang viral, beberapa orang di jalanan Wuhan mendadak ambruk secara tiba-tiba. Di sebuah penelitian, dikatakan bahwa virus corona akan muncul setelah 2 hari hingga 2 minggu sejak virus corona hadir didalam tubuh.

Yang Harus Dilakukan Jika Merasakan Gejala-Gejala Diatas

Bagi anda atau orang yang berada didekat anda tiba-tiba mengalami gejala diatas, segeralah pergi menemui dokter untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan. Terlebih jika baru saja pulang setelah berlibur ke luar negeri terutama Cina.

Orang yang diduga terinfeksi virus corona haruslah segera di bawa ke IGD rumah sakit guna mendapat perawatan intensif yang tepat.

Pengobatan Virus Corona

Sejauh ini, belum ada obat ataupun vaksin yang dapat mengobati virus corona. Namun, sudah ditemukan vaksin anti-corona yang berhasil ditemukan oleh para ahli. Tetapi, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengobati virus corona, yaitu:

  1. Minum obat pereda demam dan nyeri.

Dokter akan memberikan obat yang dapat meredakan demam dan nyeri. Biasanya, obat yang diberikan memiliki kandungan aspirin. Namun, obat ini hanya diberikan kepada orang dewasa dan tidak diberikan pada anak-anak.

  1. Memberi Saran Kepada Penderita Untuk Mandi Air Hangat.

Dokter akan menyarankan penderita untuk mandi menggunakan air hangat. Tidak hanya itu saja, sebaiknya penderita juga menggunakan humidifier atau pelembab udara. Hal ini dilakukan agar bisa meredakan batuk dan sakit tenggorokan yang diderita.

  1. Istirahat yang Cukup.

Jika sakit, sudah pasti harus mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Hal ini juga berlaku pada penderita virus corona. Usahakan untuk istirahat yang cukup dan jangan keluar rumah ataupun ruangan. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya penularan virus corona kepada orang lain.

  1. Minum Banyak Air Putih.

Meskipun air putih terlihat sederhana, namun manfaat yang diberikan jika rutin minum air putih tidak main-main lho. Penderita virus corona juga sangat dianjurkan untuk banyak minum air putih. Hal ini dilakukan guna menjaga kadar cairan yang ada dalam tubuh.

Demikianlah pengobatan virus corona yang bisa anda lakukan jika terinfeksi virus ini. Selain mengetahui informasi-informasi penting diatas, anda juga harus mengenal tips tidak terkena virus corona berikut ini.

Tips Agar Tidak Terkena Virus Corona

Ada beberapa tips tidak terkena virus corona yang perlu anda tahu dan ikuti. Yuk baca informasi penting dibawah ini, agar virus corona tidak menjangkit anda.

  1. Gunakan Masker Tertutup
Health masked people
Health masked people (Foto : zidbits.com)

Cara mencegah penularan virus corona yang pertama adalah dengan menggunakan masker. Salah satu cara penyebaran virus corona yang paling umum terjadi adalah dengan udara. Dengan menggunakan masker, anda bisa mencegah penularan virus corona.

Namun, yang harus lebih diperhatikan lagi adalah tata cara dalam memakai masker tersebut. Masih banyak orang yang salah kaprah dalam menggunakan masker. Gunakanlah masker di area hidung, bukan disimpan pada area mulut.

  1. Kurangi dan Hindari Kontak Langsung Dengan Hewan
Don't touch animals
Don’t touch animals (Foto : clubhuey.com)

Virus corona diduga menular dari hewan ke manusia. Meski pernyataan ini belum diumumkan secara resmi, namun tidak ada salahnya jika anda menghindari kontak dengan hewan. langkah yang satu ini dianggap efektif untuk menghindari adanya penularan virus corona.

Bagi anda yang memiliki hewan peliharaan, pakailah masker dan sarung tangan saat melakukan kontak langsung dengan hewan. Setelah itu, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun atau hand sanitizer.

  1. Sering-sering Mencuci Tangan
Wash hand
Wash hand (Foto : elemental.medium.com)

Tangan adalah salah satu anggota tubuh yang paling akrab dengan kuman dan bakteri. Jika dihitung, ribuan bahkan jutaan kuman dan bakteri menempel di tangan. Maka dari itu, usahakan untuk mencuci tangan sesering mungkin guna menghindari berkembangnya kuman dan bakteri.

Salah satu cara mencuci tangan yang baik dan benar adalah dengan menggunakan air dan sabun selama 20 detik. Gunakanlah air mengalir untuk meningkatkan jaminan kuman hilang dari tangan anda. untuk sabunnya, anda bisa menggunakan alcohol ataupun hand sanitizer agar kuman dan bakteri bisa terhempas dengan sempurna.

  1. Pola Hidup Sehat
Good habbit
Good habbit (Foto : livingmagazine.net)

Pada dasarnya, untuk mencegah adanya virus masuk kedalam tubuh dapat dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat. Banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menjaga pola hidup sehat.

Manfaat seperti tubuh lebih bugar, suasana hati menjadi lebih baik, dan lebih bahagia adalah segelintir manfaat yang bisa anda dapatkan. Pola hidup sehat dapat dimulai dengan rutin berolahraga 15-30 menit perhari, mengkonsumsi buah dan sayur, memperbanyak konsumsi air putih, memperbanyak minum air putih, mengurangi konsumsi junkfood secara berlebihan, dan berhenti minum minuman bersoda atau pun beralkohol.

Aman Kah Mengkonsumsi Pil Pelangsing? Bagaimana Aturan Yang Tepat?

Demikianlah tips tidak terkena virus corona yang bisa anda terapkan agar tidak terinfeksi oleh virus yang sedang viral ini. Virus-virus berbahaya dapat menghampiri anda kapan saja, tidak hanya virus corona saja. maka dari itu, terapkanlah tips-tips diatas guna menghindari infeksi virus corona dan virus-virus lainnya dalam tubuh.