Ini dia Rekomendasi Cara Diet Sehat Dan Mudah Dengan Food Combining Sederhana

Kesehatan tubuh bisa dipengaruhi oleh kondisi pencernaan kita. Ketika pencernaan diisi dengan makanan dan minuman yang menyehatkan, maka tubuh juga akan sehat serta sahabat Biutita akan mendapatkan berat tubuh yang ideal. Dengan kata lain, ketika kita mengelola pola makan kita, kita akan mendapatkan keduanya baik itu tubuh yang sehat atau berat badan yang tidak berlebihan.

Bagi sahabat Biutita yang merasa berat badannya berlebihan dan masih sangat sulit mengontrol pola makan, kalian bisa mencoba pola diet sehat dengan food combining. Banyak pola diet yang lain yang tidak sehat karena menghilangkan banyak unsur yang diperlukan tubuh agar berat badan tetap berkurang. Namun dengan melakukan diet food combining, maka sahabat Biutita tidak perlu berlapar-lapar untuk bisa mendapatkan tubuh yang langsing.

Apa itu food combining dan apa saja manfaatnya?

Food combining
Food combining (Foto : theblendergirl.com)

Pepatah bilang, tak kenal maka tak sayang. Maka sebelum sahabat Biutita mencoba untuk mempraktekkan pola makan food combining, akan lebih baik jika kalian mengenal apa itu food combining.

Food combining adalah sebuah pola makan menyehatkan yang bertujuan untuk mengatur pH tubuh agar menjadi netral. pH tubuh yang awalnya asam akan dilatih dengan pola makan food combining agar bisa cenderung ke arah basa. Pola makan yang seperti ini memang bisa membuat kamu langsing walau tidak merasakan lapar berlebihan seperti pola diet kebanyakan.

Manfaat dari food combining ada banyak. Diantaranya adalah dapat mendetoksifikasi usus. Ketika kita menerapkan pola hidup sehat ala food combining, maka tubuh akan mengalami keteraturan pola makan. Selain itu, asupan gizi tubuh juga kaan berimbang, serta usus kamu akan diajak untuk mencerna makanan-makanan yang tentunya sehat. Sehingga kotoran-kotoran yang ada di usus pun bisa keluar melalui proses detoksifikasi.

Food combining juga akan menyehatkan pencernaan sahabat Biutita. Sehingga kalian yang biasanya mengalami sembelit di pagi hari, maka semakin hari akan lancar pencernaannya. Hal ini dikarenakan ketika menerapkan food combining, sistem pencernaan kamu akan diajak utnuk mencerna makanan yang berserat dan jauh dari junk food.

Tak hanya bermanfaat bagi pencernaan, food combining juga akan sangat bagus bagi kesehatan kulit sahabat Biutita. Kondisi tubuh yang basa bisa menyebabkan kulit terasa kencang dari hari ke hari. Pola makan seperti ini juga mampu mencegah penuaan dini pada kulit terlebih lagi jika kulit sering terpapar sinar ultraviolet.

Dan dengan food combining, tubuh akan menjadi lebih sehat. Sistem kekebalan tubuh yang sebelumnya lemah akan menjadi kuat karena kondisi tubuh selalu didorong dalam keadaan selalu basa. Sehingga jika sahabat Biutita serius dalam menekuni pola makan sehat ala food combining, maka tubuh tidak akan sakit-sakitan.

Cara menerapkan diet sehat ala food combining

Ketika kamu serius dalam menerapkan food combining, kamu tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi karbohidrat serta protein dalam satu kali makan. Food combining juga sangat memperhatikan pola makan berdasarkan dengan siklus alami organ-organ tubuh. Apabila sahabat Biutita berminat untuk menjalankan diet sehat food combining, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Konsumsi jeruk nipis ketika bangun tidur
Lime
Lime (Foto : Pinterest)

Perut yang kosong setelah bangun tidur tidak boleh langsung diisi dengan makanan yang bisa memberatkan kerja lambung. Karena pada pukul 4 pagi hingga 12 siang adalah waktu bagi sistem pencernaan untuk menuntaskan proses pembuangan mereka.

Pada jam-jam tersebut, alangkah baiknya jika sistem pencernaan kita isi dengan air hangat dengan campuran air perasan jeruk nipis. Hindari penggunaan gula pada konsumsi air jeruk nipis hangat ini karena bisa merusak khasiat dari ramuan tersebut. Air jeruk nipis peras ini bisa berfungsi sebagai alat detoksifikasi usus serta mampu membuat kita semangat dalam menjalani hari.

  1. Konsumsi buah-buahan di pagi hari
Fruits
Fruits (Foto : goodhousekeeping.com)

Setelah mengonsumsi air jeruk nipis hangat, selang beberapa menit kemudian sahabat Biutita dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan. Hal ini untuk mencegah rasa lapar yang mendera ketika pagi hari. Karena di pagi hari perut masih sibuk membuang kotoran, maka diperlukan makanan yang ringan dan tidak terlalu memberatkan sistem pencernaan.

Konsumsi lebih dari 2 jenis buah rutin setiap pagi. Maka perut kamu tidak akan terasa lapar lagi, dan malah membuat sistem pencernaan tidak terlalu berat kerjanya. Sahabat Biutita bisa mengonsumsi buah dengan cara dimakan begitu saja atau dihaluskan dan dibuat jus. Hindari penggunaan gula atau susu karena itu bisa merusak kandungan dari buah itu sendiri. Setelah mengonsumsi buah, hindari mengkonsumsi apapun hingga tiba waktunya makan siang.

  1. Konsumsi makanan berat pada waktu siang
Heavy meal
Heavy meal (Foto : medium.com)

Setelah melalui waktu yang panjang untuk tidak memakan makanan berat, pada pukul 12 hingga pukul 8 malam pencernaan sedang dalam keadaan bisa digunakan untuk mencerna makanan berat. Sahabat Biutita bisa makan makanan berat ketika waktu ini. Namun hindari mencampurkan nasi yang berupa karbohidrat dengan makanan yang mengandung protein hewani.

Ketika karbohidrat dan protein hewani dikonsumsi secara bersama-sama, maka sistem pencernaan akan bingung. Hal ini dikarenakan protein hewani dan karbohidrat memerlukan enzim pencerna yang berbeda sehingga tidak baik jika dikonsumsi secara bersamaan.

  1. Konsumsi sayur yang cukup
Healthy vegetables
Healthy vegetables (Foto : webmd.com)

Sayur-sayuran hijau memang sangat baik bagi kesehatan kita. Sayur mengandung berbagai zat dan serat yang diperlukan oleh tubuh. Konsumsi sayur akan lebih baik jika dilakukan dalam keadaan mentah, dalam kata lain sayuran akan lebih baik dilalap dengan berbagai jenis makanan lain. Sahabat Biutita bisa mengonsumsi sayur dengan berbagai makanan lain seperti nasi dan lauk.

  1. Konsumsi gula dalam kapasitas yang kecil dan frekuensi rendah
Low sugar meal
Low sugar meal (Foto : healthline.com)

Melakukan diet food combining bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsi gula sama sekali. Sahabat Biutita bisa mengonsumsi gula dalam bentuk manisan, kue, dan lain sebagainya. namun jangan konsumsi gula dalam jangka waktu yang berdekatan dengan konsumsi buah dan sayur. Karena gula merupakan sebuah zat yang bisa menghancurkan kandungan yang ada di dalam buah dan sayur.

  1. Konsumsi air dengan porsi yang terukur
Water
Water (Foto : everydayhealth.com)

Salah satu aspek penting yang harus ada ketika melakukan diet food combining adalah air. Sahabat Biutita sangat dianjurkan untuk minum air sebanyak mungkin karena dengan air, tubuh kita akan terhidrasi dan kemudian tidak mudah loyo. Air merupakan aspek yang sangat penting bagi tubuh, namun usahakan untuk mengonsumsi air kurang lebih 2 jam setelah makan. Hal ini dikarenakan konsumsi air secara langsung setelah makan akan menghambat proses pencernaan.

Sahabat Biutita bisa mengikuti langkah-langkah tersebut agar bisa melakukan diet sehat tanpa takut harus berlapar-lapar. Bahkan dalam penerapan sistem food combining, sahabat Biutita dihalalkan untuk makan sepuas-puasnya serta sekenyang-kenyangnya. Asalkan pola makan yang dilakukan sudah sesuai dengan aturan yang dianjurkan.