Ini Dia Eksfoliasi Yang Tepat Untuk Berbagai Jenis Kulit Kamu ya Sahabat Biutita

Eksfoliasi adalah salah satu skin care treatment yang sedang digemari banyak wanita hal itu karena eksfoliasi sangat cocok untuk mengangkat sel-sel kulit mati, minyak dan kotoran pada kulit. Sehingga setelah melakukan eksfolliasi maka kulit akan menjadi lebih bersih, pori-pori mengecil, garis-garis halus diwajah berkurang dan yang pasti kulit lebih akan semakin sehat dan juga cerah.

Akan tetapi sebelum melakukan eksfoliasi langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu kenali dulu jenis kulit yang kamu miliki apakah tipe berminyak, sensitif, kering ataupun kombinasi.

Karena jika salah-salah memilih eksfoliator bukannya bikin kulit semakin bagus yang ada kulit malah jadi bermasalah.

Pada umumnya eksfoliator dibedakan atas dua yaitu physical exfoliant dan chemical exfoliant.

Physical exfoliant adalah exfoliator yang paling banyak kita gunakan karena memang cara mendapatkannya sangat mudah dan bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti scrub, masker, sikat halus maupun kopi. Dan harus dilakukann penggosokan saat menggunakannya.

Sedangkan chemical exfoliant adalah exfoliator turunan dari acid baik itu AHA atau BHA dan biasanya bentuknya berupa toner maupun acid. Cara menggunakannya juga jauh lebih mudah tanpa perlu melakukan penggosokan.

Nah, dalam artikel kali ini, kami akan membahas eksfoliasi yang tepat sesuai dengan jenis kulit. Yuk, langsung saja cek artikelnya.

  • Kulit Sensitif

Jika kamu memiki tipe jenis kulit sensitif maka pastikan saat melakukan eksfoliasi lakukan dengan lembut. Karena jika kamu terlalu menekan dengan kuat kulit mu akan cepat meradang, iritasi dan bahkan bisa menimbulkan masalah kulit kering.

Dan sebaiknya gunakanlah eksfoliator dari bahan alami seperti oatmeal. Ataupun jika ingin menggunakan eksfoliator chemical sebaiknya cari yang mengandung bahan alami seperti dari kiwi, apel, maupun pepaya.

Gunakan eksfoliasi maksimal 1 kali dalam seminggu kemudian setelah melakukan eksfoliasi oleskan pelembab agar kulit menjadi lembut.

  • Kulit kering

Memiliki tipe kulit kering memang sangat sulit sekali untuk menemukan produk yang tepat hall ini karena jenis kulit Anda tidak mampu menyerap dengan baik bahan-bahan yang melembabkan kulit.

Bagi pemilliki kulit kering jika ingin melakukan eksfolliasi sangat tepat sekali untuk menggunakan Chemical Exfoliant dalam bentuk AHA berupa lotion.

Karena AHA mampu menghilangkan sel kulit mati yang menempel pada permukann kulit dengan baik. Selain itu AHA juga mengandung banyak anti –oksidan sehingga kulit akan menjadi lebih bernutri dan lembab.

Akan tetapi yang perlu digaris bawahi jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi karena hal itu bisa membuat kulit semakin kering.

Sebaiknya lakukan eksfoliasi 1 atau 2 minggu sekali. 

  • Kulit Berminyak

Jika kamu memiliki tipe kulit berminyak sebaiknya gunakan eksfoliator yang berbahan fisik seperti scrub. Kemudian hindari untuk melakukan eksfoliasi secara berlebihan karena bisa menyebabkan kulit menjadi kering yang ujungnya menjadi pemicu timbulnya kulit kering.

  • Kulit kombinasi

Memiliki jenis kulit kombinasi terkadang sering sekali membuat kita bingung dalam memilih produk.

Karena saat memiliki jenis kulit kombinasi permasalah diwajah pun akan berbeda-beda seperti di daerah T-zone ( Dahi,hidung, dagu) cenderung berminyak sedangkan bagian pipi malah kering.

Sebaiknya kamu menggunakan chemical exfoliator BHA yang memiliki kandungan asam salisilat. Karena asam salisilat sangat cocok untuk mengatasi berbagai jenis kulit seperti masalah jerawat, komedo, serta mampu mehidrasi kulit.

Lakukan eksfoliasi setiap 2 atau 3 kali seminggu ya.

  • Kulit Berjerawat

Jika kamu memiliki masalah kulit berjerawat kamu perlu hati-hati saat melakukan eksfoliasi.

Karena jika kamu salah-salah memilih eksfoliator malah bisa menyebabkan jerawat jadi meradang dan juga pecah.

Sebaiknya gunakanlah chemical eksfoliator yang mengandung hydroxy acid maupun asam salisila. Karena kandungan ini sangat ampuh untuk mengatasi masalah jerawat, mengangkat sel-sel kulit mati dan juga minyak pada wajah.

Dan hindari menggunakan physical eksfoliator karena bisa menyebabkan breakout.

  • Kulit Normal

Bagaimana pula jadinya untuk kulit normal apakah ada aturan saat melakukan eksfoliasi?

Beruntungnya untuk jenis normal kamu bisa memilih jenis eksfoliator sesuai dengan keinginanmu. Misalnya saja jika kamu ingin menghilangkan pori-pori diwajah gunakanlah eksfoliator yang mengandung asam salisilat.

Akan tetapi mesku kondisi kulitmu normal bukan berarti kulit enggak butuh perawatan ya karena jika sel-sel kulit mati sudah menumpuk maka itu bisa menyebabkan kulit menjadi kusam dan kering.