Ini Dia Cara Menghilangkan Kutek Tanpa Alkohol atau Aseton Dengan Mudah Dirumah

Bagi wanita, memiliki kuku yang indah dengan penuh warna memang hal yang menarik. Namun terkadang mewarnai kuku justru membuatnya menjadi tidak sehat. Hal ini dikarenakan pewarna kuku tersebut memiliki kandungan zat kimia yang cukup tinggi.

Selain itu, apabila terdapat masalah seperti cat kuku yang kusam seiring berjalannya waktu, timbul retakan atau beberapa bagian dari nail art yang menghilang secara tiba-tiba seperti si dia dan masih banyak problematika lainnya. Jika sudah ada problem-problem tersebut, tentu sahabat Biutita ingin segera menghapusnya bukan?

Salah satu cara menghapus kutek paling ampuh adalah dengan menggunakan aseton dan alkohol. Namun, bagaimana jika tiba-tiba aseton atau alkohol kalian menghilang? Bagaimanakah cara menghapus kutek tanpa alkohol dan aseton? Yuk simak informasi berikut ini.

Berbagai Cara Menghilangkan Cat Kuku Tanpa Menggunakan Aseton Dan Alkohol

  1. Mewarnainya dengan warna kutek baru yang jauh lebih gelap
Mengecat kuku
Mengecat kuku (Foto : instyle.com)

Ternyata, mewarnai kuku yang sudah dikutekin dengan kutek baru adalah hal yang dapat sahabat Biutita lakukan untuk menghilangkan warna kutek tersebut. Caranya pun cukup mudah, yang sahabat Biutita butuhkan hanyalah kutek baru dan kapas.

Pertama, cobalah untuk mengoleskan kutek baru tersebut diatas kutek lama kalian. Kemudian gosoklah dengan menggunakan kapas tadi. Dan jeng jeng jeng, kutek sahabat Biutita yang sudah mulai kusam pun akan terhapus dengan sempurna. Sebagai informasi, gunakanlah kutek dengan shade warna yang lebih gelap.

  1. Menggunakan lemon dan cuka
Lemon dan cuka untuk kuku
Lemon dan cuka untuk kuku (Foto : naildesigncode.com)

Lemon dan cuka adalah kombinasi yang tepat untuk menghapus kutek yang ada pada kuku kalian. Cuka dikenal sebagai larutan yang memiliki sifat asam. Sifat asam pada cuka inilah yang akan membantu sahabat Biutita untuk melepaskan kutek di kuku jari.

Namun, cuka tidak bisa bekerja sendiri dalam menghapus kutek. Cuka membutuhkan bantuan dari air perasan lemon untuk menjalankan misinya. Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah, yang perlu kalian siapkan adalah cuka dan lemon.

Setelah itu, rendam jari-jari kalian dengan campuran cuka dan lemon tersebut. Rendamlah selama 10-15 menit sebelum menlepaskannya. Kemudian hapuslah kutek secara perlahan.

Coba 9 Lipstik Baru Wardah Instaperfect Matte Lip Paint

  1. Menghapus kutek dengan pasta gigi
Pasta gigi untuk kuku
Pasta gigi untuk kuku (Foto : littlethings.com)

Akhir-akhir ini, pasta gigi mulai menampakkan taring-taringnya dengan dapat digunakan untuk mengatasi beberapa masalah yang sering sahabat Biutita hadapi. Salah satunya adalah masalah kutek. Tidak hanya bisa digunakan untuk membersihkan gigi saja, pasta gigi juga dapat sahabat Biutita gunakan untuk menghapus kutek. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yang perlu kalian siapkan adalah pasta gigi yang biasa dipakai.

Kemudian oleskan pasta gigi tersebut pada kuku kalian. Lalu, gosoklah dengan menggunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Bilas pasta gigi tersebut hingga bersih. Kemudian kutek akan secara perlahan. Agar tidak terasa kering, sahabat Biutita dapat mengoleskan hand body di tangan kalian.

  1. Gunakanlah hand sanitizer
Hand sanitizer untuk kuku
Hand sanitizer untuk kuku (Foto : khoobsurati.com)

Selama ini, hand sanitizer dikenal sebagai salah satu cairan yang dapat digunakan untuk meluluh lantahkan para kuman-kuman. Namun, siapa sangka jika hand sanitizer dapat digunakan untuk menghapus kutek.

Meski terdengar sederhana dan pratis, menghapus kutek dengan hand sanitizer sudah terbukti ampuh dan cepat. Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah. Pertama ambil beberapa tetes hand sanitizer dan letakkan di kain bersih. Setelah itu, usapkan kain yang sudah di hand sanitizer tersebut ke kuku yang terdapat kutek. Lakukan selama berkali-kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Mencampur dua bagian hidrogen peroksida
Hidrogen peroksida untuk kuku
Hidrogen peroksida untuk kuku-Foto : inat.com

Cara lain yang bisa kalian lakukan untuk menghapus kutek adalah dengan menggunakan hidrogen peroksida. Sahabat Biutita hanya perlu mencampur larutan hidrogen peroksida dengan air. Perbandingannya adalah 2:1.

Jadi misal kalian menggunakan hidrogen peroksida sebanyak 500 ml, air yang digunakan untuk campuran haruslah sebanyak 250 ml. Setelah mencampur kedua bahan tersebut, rendamlah kuku selama kurang lebih 10 menit.

Jika sudah direndam selama 10 menit, kalian dapat melepaskannya dengan menggunakan tangan yang tidak terendam .

  1. Baking soda ampuh untuk menghilangkan kutek
Baking soda untuk kuku
Baking soda untuk kuku -Foto : youtube.com

Salah satu alternatif lain yang patut sahabat Biutita coba adalah dengan menggunakan baking soda. Baking soda dikenal memiliki sifat abrasif yang mampu membuat cat kuku terkikis.

Cara menggunakan baking soda untuk menghapus kutek pun cukup mudah. Hanya dengan mencampur baking soda dan air kemudian membentuknya seperti pasta. Setelah itu, kalian bisa langsung mengoleskannya pada kuku.

Kemudian oles kuku dengan menggunakan kapas hingga cat kuku terangkat secara menyeluruh. Untuk sentuhan akhir, sahabat Biutita dapat membersihkan kuku dengan air hingga bersih kemudian mengoleskan pelembab guna menghindari dehidrasi yang terjadi pada kuku.

  1. Menggunakan alat pengikir kuku
Pengikir kuku
Pengikir kuku-Foto : blibli.com

Kutek yang sudah menetap lama pada kuku akan mengurangi ketebalannya. Selain itu, kutek pun juga bisa menjadi rapuh. Jika berada dalam masalah seperti ini, pengikir kuku dapat menjadi solusi yang tepat.

Meski terkesan sepele, pengikir kuku dikenal efektif dalam menghapus kutek yang ada di kuku kalian. Walaupun cara ini dapat dilakukan, sahabat Biutita juga harus lebih berhati-hati dalam melakukannya. Hal ini dikarenakan menggunakan pengikir kuku secara kasar dapat membuat kuku kalian rusak.

Guna meminimalisir kerusakan pada kuku yang mungkin terjadi, rendam kuku terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat. Hal ini dilakukan agar kutek menjadi lebih lunak. Setelah merendamnya, sahabat Biutita bisa langsung menggosok kuku dan membersihkan sisa kutek dengan air.

Demikianlah cara yang dapat kalian lakukan untuk menghapus kutek tanpa harus menggunakan aseton dan alcohol. Meski aseton dikenal ampuh membersihkan kutek, namun aseton memiliki lebih banyak risiko yang dapat menyebabkan masalah. Lalu, masalah apa sajakah yang dapat disebabkan oleh aseton ini? Yuk simak info penting berikut ini.

Terkecoh! 15 Merk Kosmetik Lokal ini Banyak yang Mengira Kosmetik Import Luar Negeri

Resiko Yang Dapat Ditimbulkan Oleh Pengunaan Aseton Pada Kuku

  1. Keracunan
Keracunan aseton
Keracunan aseton-Foto : mbbch.com

Aseton termasuk salah satu zat yang mudah mengalami penguapan. Terlebih lagi dengan aroma dari aseton yang cukup tajam.. Hal ini lah yang membuat aseton memiliki potensi tinggi untuk terhirup oleh hidung.

Selain terhirup, tidak menutup kemungkinan bahwa aseton dapat tertelan secara tidak sengaja. Baik terhirup maupun tertelan, aseton dapat membahayakan tubuh seperti keracunan. Apabila mengalami gejala seperti pusing, batuk, sakit kepala, mual, hilang kesadaran, linglung, hingga peningkatan detak jantung, sahabat Biutita harus segera pergi ke dokter untuk memeriksanya.

  1. Merusak kuku
Kuku rusak
Kuku rusak-Foto : goodhousekeeping.com

Meski fungsi utama aseton adalah membersihkan kutek yang ada pada kuku, aseton juga dapat merusak kuku. Jika menggunakan aseton dalam batas wajar memang tidak akan menjadi masalah, namun jika menggunakannya terlalu sering akan membuat kuku menjadi rapuh.

Hal ini dikarenakan aseton adalah suatu larutan yang memiliki sifat keras. Pemakaian aseton terlalu sering dapat membuat kuku berubah menjadi pucat dan rapuh.

  1. Iritasi pada kulit
Iritasi kulit sekitar kuku
Iritasi kulit sekitar kuku-Foto : nailpro.com

Setiap orang memiliki tipe kulit yang berbeda-beda. Aseton dapat menyebabkan iritasi pada kulit, terlebih bagi pemiliki kulit sensitif. Gejala iritasi ini dapat ditandai dengan rasa perih dan gatal.

Apabila aseton mengenai kulit sahabat Biutita secara tidak sengaja, segeralah membersihkannya dengan air sebelum muncul efek perih dan gatal. Namun  bagi sahabat Biutita yang tetap ingin menggunakan aseton, gunakanlah dengan bijak dan hati-hati agar tidak terjadi hal yang buruk.

Ini dia Rekomendasi Cara Diet Sehat Dan Mudah Dengan Food Combining Sederhana

Demikianlah cara menghilangkan kutek tanpa menggunakan aseton dan alcohol yang dapat sahabat Biutita terapkan dirumah dengan mudah.