Ini Dia 5 Model Hijab Pengantin Yang Akan Tren Tahun 2020, Jadi Pengen Nikah Lagi nih

Perubahan tren pada fashion tanah air rupanya tidak hanya merambah pada bidang atasan dan bawahan saja. Namun hal tersebut juga merambah bidang pakaian pengantin yang semakin berkembang pesat. Pakaian pengantin yang terkesan tradisional sekarang mulai mengalami perkembangan khususnya pada bagian hijab.

Dari waktu ke waktu, gaya hijab pengantin mengalami perkembangan. Hal tersebut menyebabkan banyak desainer pakaian pengantin yang harus ekstra dalam mendesain hijab pengantin.

Dibalik bentuknya yang mempercantik tampilan si pengantin wanita, ternyata hijab bagi pengantin memiliki makna tersendiri di berbagai wilayah di dunia. Berikut ini fungsi dari hijab pengantin yang mungkin harus anda ketahui :

  1. Hijab pengantin sebagai hiasan kepala

Hijab pengantin yang biasanya dikenakan baik oleh pengantin wanita yang beragama Muslim maupun yang tidak memiliki fungsi sebagai penghias kepala. Dengan adanya hijab yang menghias kepala, maka si pengantin akan benar-benar terlihat cantik dan anggun bahkan ketika dilihat dari kejauhan.

Hijab pengantin yang menjuntai kebawah juga melambangkan sifat keibuan yang dimiliki oleh pengantin wanita. Pada pernikahan umat Kristiani, hijab pengantin ini akan menutupi kepala dan dada namun terbuat dari bahan yang tembus pandang. Dan ketika pengantin pria dan wanita berada didepan pendeta yang menikahkan, tudung tersebut dibuka sebagai syarat bahwa pengantin wanita sah menjadi milik pengantin pria.

  1. Hijab pengantin sebagai lambang kesucian

Sebuah hijab yang dikenakan pengantin bisa diartikan sebagai lambang kesucian diri. Adanya hijab yang dikenakan pengantin wanita merupakan simbol bahwa pengantin wanita mampu menjaga kehormatan diri dan keluarganya hingga saaat menikah. Hijab pernikahan ini sering juga dipakai oleh umat Kristiani untuk menghadiri acara-acara gereja.

  1. Hijab pengantin sebagai penutup wajah

Banyak juga pengantin yang menggunakan cadar dan menggunakan hijab untuk menutupi ekspresi wajahnya. Pengantin yang menggunakan cadar saat pernikahan biasanya merupakan umat Muslim dan ada kesadaran untuk memakai cadar pada saat pernikahan berlangsung. Namun ada juga yang memakai hijab pengantin untuk menyembunyikan ekspresi wajahnya yang terlihat sedih.

Model hijab pengantin yang akan tren pada tahun 2020

Berbagai model hijab pengantin yang ada sekarang diprediksi akan menjadi best hit di tahun 2020 nanti. Hal ini melihat banyaknya peminat hijab pengantin yang kebanyakan merupakan kaum milenial. Berikut ini 5 model hijab pengantin yang diprediksi akan menjadi tren di tahun 2020 nanti :

  1. Hijab pengantin dengan hiasan mahkota
Hijab pengantin dengan mahkota
Hijab pengantin dengan mahkota (Foto : Pinterest)

Pengantin wanita pada jaman sekarang menyukai hal-hal yang berbau putri atau ala-ala princess. Banyak serial film yang memiliki latar belakang kerajaan Eropa menghadirkan tokoh putri-putri yang kepalanya berhiaskan tiara yang sangat menawan. Hal tersebut kemudian disadur menjadi tren hijab pengantin yang booming di Indonesia.

Hijab pengantin model apapun pasti akan cocok apabila dipadukan dengna headpiece semacam mahkota. Dan pemilihan mahkota tersebut ada baiknya jika disesuaikan dengan kondisi hijab yang dikenakan. Akan lebih baik lagi jika headpiece yang dipasang memiliki warna yang senada dengan hijab yang pengantin kenakan.

Usahakan juga untuk memilih headpiece dengan ukuran yang memadai dengan ukuran kepala si pengantin wanita. Jangan memilih headpiece yang terlalu kecil karena akan kurang berkontribusi pada penampilan si pengantin. Namun jangan memilih headpiece yang terlalu besar karena hal tersebut akan membuat si pengantin merasa pusing.

  1. Hijab pengantin dengan model ball gown
Hijab pengantin ball gown
Hijab pengantin ball gown (Foto : Pinterest)

Hijab pengantin dengan model ball gown diprediksi juga akan menjadi model hijab yang tidak akan lekang dimakan waktu. Hijab pengantin  dengan model tersebut memakai model menjuntai seperti hijab pengantin yang dipakai oleh pengantin non Muslim. Bedanya, hijab pengantin Muslim ini dibuat dengan bahan yang lumayan tebal daripada hijab pengantin biasa.

Hijab pengantin ini bisa dipadukan dengan model kerudung pengantin yang melekat di kepala. Dengan model tersebut, pengantin wanita akan terlihat lebih anggun dan dewasa. Terlebih lagi warna yang menjadi pilihan adalah warna-warna lembut seperti cokelat muda. Usahakan memilih baju pengantin dengan warna yang serupa dengan hijab yang dipakai.

  1. Model hijab pengantin berbahan kain segi empat
Hijab pengantin segi empat
Hijab pengantin segi empat (Foto : Tokopedia)

Tidak disangka ternyata hijab pengantin yang dijadikan penutup kepala pengantin wanita bisa memakai kain segi empat. Kain segi empat yang terkesan sederhana bisa dijadikan hijab pengantin tanpa harus ditambahi dengan headpiece. Karena adanya kain segi empat sendiri merupakan sebuah harmoni yang pas dengan baju si pengantin.

Kesan sederhana begitu menonjol kala pengantin memakai hijab yang berbahan segi empat Paris. Desain hijab pengantin yang seperti ini sangat cocok bagi mereka yang ingin tampil menawan di hari pernikahan tanpa dandanan yang begitu mencolok.

  1. Hijab pengantin dengan model syar’i
Hijab pengantin syari
Hijab pengantin syari (Foto : Shopee)

Bagi pengantin wanita yang beragama Muslim tentu saja hijab pengantin bisa dikreasikan dengan model syar’i. Model-model syar’i klasik apabila dimodifikasi bentuknya bisa menjadi model yang lebih modern. Bisa juga menggunakan model hijab yang sedang tren belakangan ini.

Model hijab pengantin syar’i rupanya sekarang banyak dilirik sebagai outfit pengantin yang cukup trendi. Hal ini dikarenakan model hijab syar’i menampilkan kesan yang menawan ketika pengantin wanita tiba di lokasi pernikahan. Hijab pengantin model syar’i akan lebih cantik apabila dilengkapi dengan headpiece seperti mahkota atau tiara.

  1. Hijab pengantin dengan cadar modern
Hijab pengantin cadar modern
Hijab pengantin cadar modern (Foto : Shopee)

Banyak pengantin yang beragama Muslim memiliki kesadaran untuk menutup sebagian wajahnya ketika proses pernikahan berlangsung. Hal ini biasanya dilatarbelakangi oleh keinginan si pengantin wanita untuk berubah menjadi perempuan yang lebih taat aturan. Jangan kira bahwa cadar jaman sekarang tidak mengalami perubahan.

Justru ada banyak model baju pengantin syar’i yang telah mengalami modifikasi dan mengalami perkembangan termasuk pada bagian cadar. Apabila dahulu cadar identik dengan warna hitam, kini cadar yang digunakan pengantin mulai tersedia dalam berbagai warna. Cadar tersebut juga dipercantik dengan adanya penambahan bordir pada tepiannya yang secara otomatis mempercantik tampilan si pengantin wanita.

Berbagai model hijab pengantin di atas diprediksi akan menjadi model outfit pengantin yang tren di tahun 2020 nantinya. Hijab pengantin akan terus mengalami perkembangan hingga beberapa waktu kedepan. Hal ini tentu saja dibuktikan dengan adanya modifikasi dari modle hijab pengantin klasik menjadi model-model yang mampu menjad tren fashion di era milenial sekarang ini.