Ini Cara Memakai Dan Merawat Ekstensi Bulu Mata Biar Nggak Cepet Rontok

Saat disibukkan oleh kesibukan harian, seorang wanita biasanya tidak memiliki cukup banyak waktu untuk merias wajah dengan lengkap. Namun, wanita tetep ingin tampil menarik di tiap suasana, bukan?. Entah itu saat berangkat kerja atau ketika ada suatu acara atau pesta yang harus dihadiri. Salah satu proses make up yang membutuhkan waktu yang cukup lama adalah memasang bulu mata. Ya, kadang dibutuhkan waktu lebih dari 10 menit untuk memasang sepasang bulu mata yang cantik. Itupun jika sudah terbiasa memasangnya. Bagi yang belum terbiasa, memasang bulu mata bisa dilakukan cukup lama dan hasilnya pun kadang masih belepotan ya. Nah, ini juga yang membuat tren bulu mata ekstensi semakin populer. Apakah bulu mata ekstensi itu, bagaimana cara memasang, dan cara merawatnya? Kita akan ulas satu persatu.

Apa sih bulu mata ekstensi itu?

Ekstensi bulu mata (femina.co.id)
Ekstensi bulu mata (femina.co.id)

Well, bulu mata ekstensi adalah bulu mata pasangan ya sahabat biutita. Berbeda dengan bulu mata biasa yang dilepas dan pakai, bulu mata ekstensi ini bersifat semi permanen selama bulanan hingga tahun. Proses pemasangannya pun cukup rumit dan membutuhkan tenaga ahli dalam memasangnya. Artinya tidak boleh asal pasang saja, ada aturan-aturan tertentu agar bulu mata ekstensi dapat terpasang dengan rapi dan baik. Kenapa demikian, karena proses pemasangan bulu mata ekstensi ini dilakukan pada setiap satu helai bulu mata asli kita. Dalam pemasangan, satu mata bisa menghabiskan puluhan hingga seratus helai bulu mata palsu. Pemasangan bulu mata ini juga tidak boleh mengenai kulit kelopak mata, sehingga harus benar-benar di posisi yang tepat diatas bulu mata kita. Setiap pemasangan bulu mata bisa memakan waktu lebih dari 2 jam untuk 2 mata. Bulu mata yang digunakan adalah bulu mata sintesis buatan yang sangat mirip dengan bulu mata asli. Bulu mata palsu ini bisa bertahan cukup lama, dan apabila sudah banyak yang rontok, bisa di touch up kembali dengan memasang bulu mata tambahan lagi.

Apakah ada resiko kesehatan dalam menggunakan bulu mata ekstensi?

Kemungkinan resiko selalu ada, meski tidak semua pemasangan bulu mata ekstensi berakhir dengan hasil yang jelek. Resiko yang bisa dialami adalah iritasi atau infeksi. Ini bisa terjadi saat helai bulu mata tidak terpasang di tempat yang tepat, lem bulu mata yang digunakan tidak cocok atau berkualitas buruk, hingga terapis yang kurang berpengalaman dan masih banyak lagi lainnya. Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda sehingga bisa saja terjadi iritasi namun apabila sudah mengalami infeksi maka harus segera menghubungi dokter. Bagaimana cara merawat bulu mata ekstensi agar tidak mudah rontok?

Perlakukan bulu mata ekstensi dengan benar

Mengucek mata (pixaby.com)
Mengucek mata (pixaby.com)

Yap, untuk merawat bulu mata ekstensi agar tidak mudah rontok dan awet lebih lama adalah dengan memperlalukan dengan baik. Hindari kebiasaan mengucek mata atau menarik-narik bulu mata karena hal ini bisa beresiko kebotakan bulu mata permanen dan tidak tumbuh lagi. Apakah botak permanen tersebut bisa terjadi? Ya hal ini bisa terjadi ketika saat pengolesan lem di pasang di tempat yang kurang tepat. Kandungan kimia pada lem yang kurang berkualitas dan tidak terjamin bisa membuat bulu mata tidak bisa tumbuh lagi saat bulu mata asli di cabut. Mengucek mata juga bisa membuat bulu mata ekstensi menjadi kurang rapi.

Pilih pembersih wajah dengan pembersih berbahan dasar air

Pembersih wajah (goodhousekeeping.com)
Pembersih wajah (goodhousekeeping.com)

Kita harus hati-hati saat membersihkan wajah. Jangan membersihkan wajah di area mata terlalu keras yang bisa menyenggol bulu mata palsu. Selain harus mengusap dengan lembut dan hati-hati di area mata, kita harus memilih dengan benar jenis pembersih yang kita gunakan girls. Pilih pembersih dengan bahan dasar air. Jangan menggunakan pembersih wajah yang berbahan dasar minyak karena ini bisa membuat bulu mata ekstensi cepat rontok. Saat menggunakan pembersih berbahan dasar air pun juga harus tetap berhati-hati dalam membersihkan di area sekitar mata.

Perhatikan Posisi Tidur

Posisi tidur juga bisa mempengaruhi awet tidaknya bulu mata ekstensi lo sahabat biutita. Apalagi jika masih beberapa hari setelah pemasangan, tidak boleh tidur dengan posisi sembarangan yang bisa membuat bulu mata menekuk atau terjepit ya. Pastinya hindari posisi tidur tengkurap karena bisa membuat bulu mata tertekan dan jadi mudah rontok. Tidur dengan posisi miring pun juga harus tetap hati-hati ya.

Sisir bulu mata ekstensi agar tetap rapi

Sisir bulu mata (elevenia.co.id)
Sisir bulu mata (elevenia.co.id)

Perhatian ekstra harus diberikan buat kamu yang makai bulu mata ekstensi. Untuk itu kamu harus sedia sisir khusus bulu mata. Sisir bulu mata secara rutin dan teratur. Biasanya bulu mata mulai kusut setelah mencuci muka atau mandi. Jadi setelah melakukan dua aktivitas tersebut, segera sisir bulu mata secara perlahan dan merata ya sahabat biutita.

Perawatan 1 x 24 jam pertama setelah melakukan ekstensi

Girls, tau gak sih bahwa 1 x 24 jam pertama setelah melakukan ekstensi bulu mata adalah saat yang paling riskan, dimana bulu mata bisa rontok apabila diperlakukan tidak benar. So, sebisa mungkin jangan di pegang-pegang dan jangan banyak terkena air saat mandi maupun cuci muka. Ini dilakukan agar lem ekstensi melekat dengan sempurna tanpa ada gangguan. Jika lem melekat dengan sempurna, bulu mata ekstensi akan bertahan lebih lama.

Bersihkan bulu mata ekstensi 2 minggu sekali

Bbayshampoo (freepik com)
Bbayshampoo (freepik com)

Bagian bulu mata juga bisa terkena kotoran karena fungsi bulu mata adalah sebagai pelindung mata juga menyaring debu dan kotoran. Untuk itu, kita juga harus membersihkan bulu mata ekstensi kita. Bahkan, untuk bulu mata palsu ini perlu dibersihkan secara ekstra karena bila ada kotoran yang mengendap bisa menyebabkan iritasi dan bahkan infeksi. Untuk membersihkan bulu ekstensi, cukup cuci dengan pelan-pelan menggunakan produk sampo bayi. Kenapa sampo bayi? Ini karena sampo bayi sangat lembut dan tidak mengandung bahan kimia yang terlalu kuat. Dengan begitu bulu mata akan bersih dan tidak terpapar bahan kimia yang merusak.

Jangan lakukan sauna pasca ekstensi bulu mata

Ada beberapa aktivitas olahraga yang juga tidak boleh dilakukan pasca memasang bulu mata ekstensi. Beberapa aktivitas fisik atau olahraga itu adalah sauna dan beberapa jenis yoga. Panas saat sauna akan mempengaruhi ketahanan dari lem bulu mata ekstensi. Akibatnya, lem bisa menjadi cepat lepas.

Pastikan keamanan saat akan memasang bulu mata ekstensi

Keawetan dan kualitas ekstensi bulu mata ini juga tergantung dari kualitas bahan dan keprofesionalan terapisnya. Perlu diketahui bahwa memasang bulu mata ekstensi ini dibutuhkan keahlian khusus. Jika salah meletakkan dan mengelem bulu mata maka bisa menyebabkan infeksi yang serius. Selain itu, bahan lem yang digunakan juga harus diperhatikan. Lem yang kurang bagus bisa menyebabkan infeksi mengingat kulit sekitar mata adalah bagian yang sensitif.

Eylash Care (pixaby.com)
Eylash Care (pixaby.com)

Itulah beberapa tips cara merawat bulu mata ekstensi agar tetap bagus, awet, serta tidak mengganggu kesehatan kita. Sedikit membutuhkan perhatian ekstra, namun bulu mata kamu akan cantik setiap saat.