10 Cara Menjaga Berat Badan Saat Hamil Agar Tidak Overweight Setelah Lahiran

Secara umum, sebagian besar wanita akan bertambah berat badannya hingga 13 kg saat fase hamil. Hal ini menjadi kekhawatiran bagi setiap wanita yang mengalaminya. Beberapa alasan menjadi faktor berat badan tersebut dapat naik. Pertama, janin yang dikandung semakin membesar seiring waktu. Dan yang kedua, porsi makan yang bertambah cukup besar menjadi salah satu akibatnya. Dikarenakan sang ibu hamil juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi janin yang dikandungnya.

Padahal, jika penambahan berat badan yang dialami terlalu banyak dapat memengaruhi fase kehamilan, terlebih jika sebelumnya sang ibu telah mengalami obesitas. Hal tersebut dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan janin nantinya. 

Cara Menjaga Berat Badan Saat Hamil

Berbagai cara pun dilakukan oleh ibu hamil agar berat badannya dapat terjaga. Bahkan, cara ekstrim terbilang pernah dilakukan. Hingga akhirnya diet dan olahraga yang ketat tersebut hanya menyiksa ibu dan janin yang dikandungnya. Lalu, bagaimana cara menjaga berat badan saat hamil yang aman dan tentunya sehat bagi sahabat Biutita? Berikut ini tips untuk mengontrol berat badan saat hamil agar tidak overweight.

  1. Konsumsi makanan yang sehat
konsumsi makanan sehat
konsumsi makanan sehat – Foto : alodokter.com

Bukan rahasia lagi, mengkonsumsi makanan yang sehat selain baik bagi tubuh juga dapat membantu menjaga berat badan. Hal ini dikarenakan buah-buahan dan sayur-sayuran yang kita konsumsi kaya akan vitamin, mineral, hingga serat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Sahabat Biutita dapat mengolahnya sebagai selingan makanan utama. Buah dan sayuran yang tinggi akan serat dapat memberi efek kenyang lebih lama dan juga menekan kebiasaan frekuensi makan yang berlebihan setelah melahirkan.

  1. Hindari makanan olahan
Hindari makanan olahan
Hindari makanan olahan – Foto : metro-n.blogspot.com

Kamu penyuka snack? Jika iya, mulai sekarang hindari kebiasaan makan snack atau cemilan lainnya yang mengandung gula buatan yang tinggi serta aditif lainnya. Makanan dan minuman yang dijual di toko-toko pun belum tentu sehat untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, kurangi makanan ringan seperti snack, es krim, permen, dan yang lainnya. Agar badanmu tetap terjaga, jangan lupa pula untuk menghindari gorengan ataupun makanan yang digoreng lainnya karena tinggi akan lemak yang tidak bagus untuk tubuh.

  1. Perhatikan kalori makanan yang dikonsumsi
Perhatikan kalori makanan yang dikonsumsi
Perhatikan kalori makanan yang dikonsumsi – Foto : food.detik.com

Kadar kalori yang dibutuhkan oleh tubuh seringkali diabaikan oleh orang-orang. Mungkin juga kamu salah satunya. Padahal dengan memperhatikan kadar kalori yang kita konsumsi setiap harinya, hal ini memungkinkan kita untuk mengurangi makan makanan yang berlebihan. Secara otomatis, kamu nantinya akan cenderung memilih makanan yang rendah kalori.

Nah, untuk menjaga berat badan tetap ideal saat hamil, kamu pun diharuskan menghindari makanan cepat saji seperti junk food. Agar kalorimu terjaga di tempat kadar yang seharusnya.

  1. Memasak sendiri di rumah
Memasak sendiri di rumah
Memasak sendiri di rumah – Foto : blog.tribunjualbeli.com

Asal sahabat Biutita tau, memasak masakan sendiri akan dijamin lebih sehat dan enak daripada memesan atau dimasakkan oleh orang. Hal ini dikarenakan kita akan lebih berhati-hati dalam mentakar kadar yang diperlukan untuk asupan tubuh masing-masing. Misalnya, menggunakan minyak yang tidak terlalu banyak serta menghindari masakan yang menggunakan minyak bekas.

Di lain sisi, kamu juga dapat mengatur program untuk menjaga berat badanmu, tentunya dengan makanan yang dimasak dengan benar dan tetap enak juga sehat.

  1. Makan porsi kecil namun sering
Makan porsi kecil
Makan porsi kecil – Foto : solopos.com

Kamu terbiasa makan dengan porsi yang besar? Jika iya, sebaiknya mulai sekarang kamu ubah pola makanmu. Untuk menjaga berat badan tetap ideal, makanlah dengan porsi yang kecil. Dengan catatan, kamu melakukannya dengan sering (pagi, siang, dan sore). Untuk malam harinya kalau lapar, sahabat Biutita dapat meminum air putih untuk menahan rasa kenyang hingga esok hari.

  1. Minum air putih yang banyak
Minum air putih
Minum air putih – Foto : hype.grid.id

Dengan mengonsumsi air putih, kamu secara langsung dapat menjaga asupan cairan dari dalam tubuh. Sehingga, tidak akan menimbulkan dehidrasi yang berakibat buruk pada kesehatanmu.

Air putih sendiri berfungsi untuk membersihkan organ-organ di dalam tubuh, termasuk saluran pencernaan dari berbagai penyakit. Proses ini pun turut serta membantu proses pencernaan dari dalam tubuh agar berjalan baik dan dapat menjaga berat badan itu sendiri.

  1. Olahraga secara teratur
Olahraga secara teratur
Olahraga secara teratur – Foto : radarpekalongan.co.id

Tidak hanya baik untuk kesehatan, olahraga secara teratur sangat efektif untuk mengontrol berat badan kamu saat hamil. Namun, sesuaikan juga dengan kemampuanmu. Karena tidak semua jenis olahraga dapat dilakukan disaat hamil. Cukup lakukan olahraga ringan seperti jalan santai, berenang, ataupun yoga untuk ibu hamil.

  1. Sering beraktifitas
sering beraktivitas
sering beraktivitas – Foto : m.medcom.id

Hampir sama dengan olahraga secara teratur, namun cara ini terbilang lebih ringan. Jika kamu merasa tidak memiliki waktu atau terlalu sibuk untuk berolahraga, sering beraktifitas dapat menjadi pilihanmu selanjutnya.

Terdengar sepele mungkin, namun melakukan aktifitas rumahan dapat dengan cukup efektif membakar kalori dalam tubuh. Seperti mencuci piring, mengepel, menyetrika, dan memasak.

  1. Menyusui
Menyusui
Menyusui- Foto : siagabencana.com

Menyusui menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk menurunkan berat badan di saat masa hamil. Dengan menyusui bayi, hal tersebut secara tidak langsung juga ikut membakar kalori dari dalam tubuhmu. Sekitar 500-700 kalori perhari. Tanpa sadar berat badanmu pun juga menyusut saat menyusui. Menarik, bukan?

Selam proses ini, jangan mengonsumsi makanan yang berlemak tinggi. Gantilah porsi makan sahabat Biutita dengan sayur dan buah-buahan yang mengandung banyak serat. Hal ini dapat menjadi cara paling ampuh untuk menjaga berat badan saat kamu sedang hamil.

  1. Selalu berpikiran positif
Selalu berpikiran positif
Selalu berpikiran positif – FOto : timesindonesia.co.id

Mungkin poin ini terlihat sepele. Namun, memiliki banyak pikiran terkadang membawa kita untuk menjadikan makanan sebagai pelarian. Nah, hal ini mungkin terjadi di sebagian besar orang. Saat masalah yang muncul semakin besar, makanan menjadi ‘hiburan’ agar tidak terlalu tertekan.

Nah, seringkali nantinya akan sahabat Biutita jumpai orang yang mengalami penambahan berat badan yang ekstrem akibat kebiasaan buruknya saat banyak pikiran tersebut. Oleh karena itu perlu adanya dimulai dari diri sendiri untuk selalu berpikiran positif. Jika kamu lelah beraktifitas atau mengalami banyak masalah dalam satu waktu, beristirahatlah sejenak. Tenangkan pikiran dan kembali beraktifitas lagi.Untuk merasakan hati yang lebih tenang dan positif lagi, kamu dapat melakukan latihan pernapasan, meditasi, yoga, ataupun tai chi.

Selain melakukan tips-tips di atas, sahabat Biutita juga sangat dianjurkan untuk memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter. Perlu juga adanya izin dari pihak dokter apakah melakukan aktivitas atau mengonsumsi makanan tersebut baik untuk janin atau tidak.

Nah, semoga tips-tips menjaga berat badan saat hamil tersebut membantu sahabat Biutita semuanya. Kamu mulai sekarang dapat fokus untuk menjaga berat badan dengan pemilihan makanan yang benar, aktivitas fisik yang dianjurkan, serta dilengkapi dengan istirahat yang cukup.

Dalam prosesnya pun, jangan memaksakan diri apabila fisikmu mulai kewalahan. Menjaga badan memang sangat penting, namun menjaga kesehatan janin dalam perut juga lebih penting. Oleh karena itu, batasi sebisa dan senyaman mungkin tips-tips mana saja yang sesuai dengan kemampuanmu. Tetap sehat ya, sahabat Biutita!