Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya Dengan Bahan Alami Tanpa Merusak Rambut

Kutu adalah hewan kecil penganggu yang bersarang pada rambut kotor. Umumnya, rambut yang dijadikan tempat bersarang para kutu adalah rambut yang kotor dan tidak terawat dengan baik. Rasa gatal yang diakibatkan oleh kutu ini tidak hanya menimbulkan rasa kurang nyaman saja, namun juga akan berdampak pada rasa tidak percaya diri.

Rasa tidak percaya diri ini muncul akibat telur kutu yang terlihat kontras saat menempel pada rambut. Penyebab munculnya kutu pada rambut pun beragam. Umumnya penyebab kutu muncul seperti kurangnya kebersihan rambut, memakai sisir secara bergantian, atau bisa juga dengan memakai handuk secara bergantian.

Lalu, Bagaimanakah Tips Mencegah Datangnya Si Kutu Pada Rambut?

Yuk simak info penting berikut ini.

  1. Jangan berbagi aksesoris kepala dengan orang lain
Ilustrasi Tidak menggunakan asesoris rambut orang lain
Ilustrasi Tidak menggunakan asesoris rambut orang lain (foto: pinterest)

Untuk meminimalisir kutu yang datang ke rambut kalian, usahakan untuk tidak menggunakan aksesoris atau barang yang penggunaanya di kepala.

Banyak orang terlebih wanita tertarik untuk selalu mencoba memakai aksesoris kepala milik orang lain seperti topi, bandana, sisir, jepit rambut, handuk dan lain-lain.

Padahal tanpa disadari semua barang diatas berpotensi menularkan kutu pada rambut kalian. Apalagi jika si pengguna sebelumnya juga pernah menderita akibat adanya kutu di rambutnya. Maka dari itu, sebaiknya hindarilah memakai barang atau aksesoris kepala yang digunakan secara bergantian.

Ini Cara Memakai Dan Merawat Ekstensi Bulu Mata Biar Nggak Cepet Rontok

  1. Rajin merawat dan menjaga kebersihan rambut
Merawat rambut
Merawat rambut (Foto : triannamariestyling.com)

Rambut yang kotor dan tidak terawat menjadi faktor utama kutu suka tinggal di rambut sahabat Biutita. Oleh karena itu untuk menghindari rambut didatangi kutu,  rawatlah rambut dengan benar. Sebagai contoh, keramaslah 2 hari sekali atau 3 hari sekali.

Jika perlu, gunakanlah shampoo anti kutu. Umumnya, shampoo anti kutu memiliki kandungan minyak kelapa, minyak lavender ataupun tea tree oil. Sahabat Biutita bisa menemukan shampoo anti kutu di supermarket atau marketplace terdekat.

  1. Pisahkan barang-barang yang bersifat pribadi
Pisahkan barang
Pisahkan barang (Foto : amazon.com)

Barang yang digunakan secara bersama-sama dan diletakkan di tempat bersama akan menjadi tempat yang empuk untuk para kutu berkembang biak. Seperti contoh laci, lemari, loker yang dapat menjadi tempat berpeluang untuk berkembangnya para kutu.

Sebaiknya, buatlah ruangan atau tempat terpisah agar terhindar dari kutu rambut. Cara ini terbukti efektif dalam mencegah datangnya gerombolan kutu.

  1. Pakaian harus dicuci bersih
Cuci pakaian
Cuci pakaian (Foto : vox.com)

Meski rambut dan pakaian tidak berhubungan secara langsung namun untuk mencegah kutu datang kembali, sebaiknya cucilah pakaian sebersih mungkin. Tidak hanya terbatas pada pakaian saja, namun juga meliputi fashion lainnya seperti topi, syal, sarung tangan, jaket dan berbagai barang yang memiliki kontak langsung dengan badan.

Dalam mencucinya, sebaiknya gunakan air panas lalu keringkan. Cara kedua yang bisa kalian lakukan adalah dengan memasukkan barang-barang tersebut ke dalam kantong plastic lalu menyimpannya didalam freezer selama kurang lebih 3 minggu.

Demikianlah cara-cara mencegah kutu rambut datang  ke rambut sahabat Biutita. Namun dari semua cara diatas, hal paling penting yang harus kalian lakukan adalah rutin menjaga kesehatan dan kebersihan diri dengan rajin mencuci rambut dan pakaian. Hindarilah terlalu sering memakai barang bersamaan dengan orang lain.

Jika kutu sudah terlanjur datang, lakukan kegiatan pencegahan penyebaran kutu seperti dibawah ini.

Cara Mencegah Penyebaran Kutu Yang Ada Di Rambut

  1. Cari Tahu Kutu yang Bersarang
Cari kutu rambut
Cari kutu rambut (Foto : sklice.com)

Mengetahui rambut yang menjadi sarang kutu bukanlah hal yang mudah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika, butuh waktu hingga 6 minggu lamanya untuk kutu menunjukkan tanda kehadirannya di rambut.

Tanda yang paling sering dialami untuk mengetahui keberadaan hewan penggangu ini adalah dengan rasa gatal dan perasaan seperti terdapat sesuatu yang bergerak diatas kepala. Selain hal tersebut, untuk mengetahui adanya kutu di rambut bisa dilihat dengan adanya telur kecil berwarna putih.

Jika orang yang sahabat Biutita kenal memiliki tanda-tanda tersebut, sebaiknya jagalah jarak dan jangan menggunakan barang-barang secara bersamaan. Cobalah untuk membantu orang tersebut untuk menghilangkan kutu yang ada di rambutnya.

  1. Mulai Terapkan Kebiasaan Baik
Kebiasaan baik
Kebiasaan baik (Foto : pinterest.com)

Barang-barang yang memiliki kontak langsung dengan rambut menjadi salah satu perantara paling tinggi dalam penyebaran kutu. Usahakan jangan menggunakan barang-barang seperti sisir, helm, headset, handuk, topi dan barang-barang lain yang bersangkutan dengan rambut secara bersamaan.

Selain itu, ruang-ruang penyimpanan yang juga digunakan secara bersama-sama memiliki potensi tinggi sebagai tempat berkembang biaknya kutu. Apabila terdapat benda-benda seperti pakaian yang disimpang di tempat tersebut, kutu akan menjadi sangat cepat berkembang karena pakaian dianggap sebagai tempat yang patut untuk dijadikan sarang.

  1. Jangan Terlalu Sering Bersandar
Jangan bersandar
Jangan bersandar (Foto : jounal.sociolla.com)

Bersandar kepada orang lain memang hal yang cukup menenangkan, terlebih jika sedang memiliki masalah. Namun, bagaimanakah jika kalian bersandar kepada orang yang memiliki kutu? Tentu hal ini akan membuat kalian tertular kutu yang dibawa oleh teman kalian sahabat Biutita.

Tidak hanya orang dewasa saja, anak-anak juga sangat suka menempelkan kepalanya kepada orang lain. Oleh karena itu sebagai orang tua, sebaiknya ingatkan anak untuk tidak terlalu sering menyandarkan kepalanya kepada orang lain.

Nah, itulah dia beberapa langkah pencegahan yang perlu sahabat Biutita lakukan  untuk mencegah kutu menyebar pada rambut kalian. Lalu, bagaimanakah cara menghilangkan kutu dan telurnya secara alami tanpa merusak rambut? Yuk simak info menarik berikut ini.

10 Rekomendasi Produk Pasta Gigi Terbaik Yang Bisa Buat Gigi Kamu Tambah Putih

Cara Menghilangkan Kutu Secara Alami Tanpa Merusak Rambut

  1. Lawan Kutu Rambut dengan Kacang Almond
Kacang almond
Kacang almond (Foto : blibli.com)

Siapa yang sangka kalau makanan lezat ini juga terbukti ampuh menghempaskan kutu dan telurnya dari rambut? Kacang almond dikenal memiliki kandungan berupa asam lemak tinggi, vitamin, protein, serat dan asam folat.

Kandungan nutrisi dalam kacang almond sangat lengkap, sehingga sangat ampuh untuk menghilangkan kutu dan telurnya. Tidak hanya itu saja, kacang almond juga dapat mencegah rambut rontok, memperbaiki rambut rusak, menjaga kesehatan rambut dan berbagai manfaat lainnya.

Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah. Siapkan sekitar 10 biji kacang almond, kemudian rendam selama semalam. Setelah direndam selama semalam, kupas dan haluskan kacang almond hingga berbentuk seperti pasta.

Kemudian, beri tambahan sedikit air jeruk lemon atau jeruk nipis setelah itu aduk hingga tercampur rata. Jika sudah berbentuk seperti pasta, oleskan pada rambut dan pijat bagian kulit kepala selama kurang lebih 10 menit.

Tunggu selama 2 jam atau sampai pasta tersebut mengering. Kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara tersebut selama 2 kali dalam seminggu.

  1. Perangi Kutu dengan Jus Lemon
Jus lemon
Jus lemon (Foto : foodpaw.com)

Nama lemon memang cukup terkenal di dunia kecantikan. Selain dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya, lemon juga dikenal dapat menghempaskan kutu dan telurnya.

Kandungan asam yang tinggi pada lemon mampu membuat kutu tidak menghilang dengan sangat cepat. Hebatnya lagi, lemon dapat digunakan pada anak-anak hingga orang dewasa. Hal ini dikarenakan lemon adalah bahan alami yang tidak mengandung zat kimia apapun sehingga aman untuk digunakan di berbagai kalangan usia.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, pertama siapkan buah lemon secukupnya. Selanjutnya peras lemon tersebut dan taruh airnya dalam wadah kosong. Kemudian basuhkan air lemon pada rambut secara merata dan pijat bagian kepala selama 10 menitan. Diamkan selama kurang lebih 40 menitan lalu bilas dengan air hangat.

  1. Rutin Menyisir Menggunakan Sisir Serit
Sisir serit
Sisir serit (Foto : blibli.com)

Tahukah kalian apa itu sisir serit? Sisir serit adalah sebuah sisir khusus kutu yang memiliki jari-jari lebih rapat dibanding sisir biasa. Metode ini sering digunakan oleh orang-orang zaman dahulu karena dianggap mudah dan cukup efektif.

Sebagai tips, sebelum menggunakan sisir ini sebaiknya oleskan kondisioner atau minyak kelapa pada rambut. Hal ini dimaksudkan agar rambut tidak terasa lengket dan basah saat disisir.

  1. Minyak Zaitun
Minyak zaitun
Minyak zaitun (Foto : bukalapak.com)

Minyak zaitun memiliki kandungan yang ampuh mengusir kutu dan telurnya dari rambut. Cukup oleskan minyak ini pada kulit kepala hingga batang rambut, kemudian diamkan selama 25 hingga 30 menitan.

Sama seperti sisir serit, olesi rambut dengan kondisioner terlebih dahulu sebelum menggunakan minyak zaitun. Setelah selesai mengoleskan minyak zaitun, sahabat Biutita bisa keramas seperti biasanya.

  1. Usir Kutu dengan Daun Sirsak
Daun sirsak
Daun sirsak (Foto : cancerspesialistsoursop.com)

Daun sirsak juga terbukti ampuh untuk membunuh kutu dan telurnya. Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah.

Cuci bersih daun sirsak lalu haluskan daun tersebut hingga bertekstur seperti pasta. Oleskan daun yang sudah berbentuk seperti pasta tersebut pada rambut dan kulit kepala hingga merata. Setelah itu, lilitkan handuk pada rambut kalian dan diamkan selama kurang lebih 30 menitan. Kemudian bilas rambut dengan air hingga bersih.

Demikianlah cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya secara alami tanpa harus merusak rambut yang bisa sahabat Biuita praktekkan dirumah. Namun, membasmi kutu rambut memang bukan hal mudah yang dapat dilakukan hanya dengan satu kali tindakan saja. Oleh karena itu, sahabat Biutita harus menerapkan cara-cara tersebut secara rutin seperti seminggu 2 kali untuk hasil yang lebih maksimal.