Bau Badan? Gak Banget Kan Sahabat Biutita! Ini Dia Cara Ngatasi Bau Badan dan Ketiak Tanpa Deodorant

Pernah nggak sih, sahabat Biutita mengalami yang namanya bau badan dan bau ketiak? Kalau pernah, hal tersebut memang terasa menyebalkan bagi siapa saja yang mengalami. Selain membuat kita tidak percaya diri, seringkali bau badan dan bau ketiak juga menjadi bahan ejekan yang tidak kalah menyebalkan.

Bau badan dan juga ketiak seringkali bukan hanya disebabkan karena jarang mandi atau terlalu malas untuk membersihkan diri. Bukan juga sebatas keringat yang berlebih. Seringkali kita tetap menghasilkan bau badan dan ketiak walaupun beraktifitas di ruang dengan kelembapan yang begitu rendah.

Apa Sih, Penyebab Dari Bau Badan Dan Bau Ketiak Yang Berlebih?

Secara umum bau ketiak dan badan disebabkan oleh kebiasaan buruk. Adapun berikut ini berbagai penyebab bau ketiak dan bau badan yang kita rangkum untuk sahabat Biutita.

  1. Terlalu banyak merokok dan konsumsi alkohol

Kebiasaan buruk rokok yang seringkali dilakukan oleh pria bahkan wanita bisa memicu bau badan lo, ternyata. Bukan hanya rokok alkohol juga kebiasaan buruk yang berdampak buruk terhadap tubuh. Asap rokok yang tertinggal di baju serta badan tentu menimbulkan bau yang menyengat. Hal serupa terjadi pada kasus alkohol.

  1. Stress atau depresi

Stress akan mempengaruhi hormon didalam tubuh menjadi bekerja secara tidak teratur. Tidak stabilnya kinerja hormon di tubuh kita tentu akan menyebabkan bau ketiak bahkan bau badan juga. Mengapa bisa seperti itu sahabat Biutita? Hal ini dikarenakan saat kita stress berlebihan ataupun depresi, perasaan dalam diri kita akan cenderung cemas, gugup, yang mana hal itu akan membuat kita mudah berkeringat. Stress yang berkepanjangan yang memicu gangguan bau dibeberapa bagian tubuh tersebut.

  1. Berat badan abnormal (obesitas)

Orang dengan berat badan diatas normal biasanya mudah menghasilkan keringat secara berlebih pula. Sahabat Biutita perlu tahu nih, bahwa hal tersebut disebabkan karena orang dengan berat badan abnormal cenderung memiliki banyak pori-pori yang tersembunyi dalam lipatan tubuhnya. Area-area yang mudah lembab karena keringat tersebut tentu akan mudah untuk dihinggapi bakteri. Termasuk yang cukup potensial untuk berbau adalah bagian ketiak, bahkan badan secara keseluruhan.

  1. Penyakit

Beberapa penyakit tanpa kita sadari ternyata menjadi pemicu bau badan juga ketiak lo, sahabat Biutita. Diabetes, gagal ginjal, kadar gula darah rendah, dan disfungsi metabolisme ternyata juga menjadi penyebab bau badan, efek samping beberapa penyakit tersebut tidak bisa untuk disepelekan, ya.

Lebih baik jika di atasi agar tidak merugikan diri sendiri atau orang disekitar kita. Sahabat biutita penasaran nggak mengapa penyakit tersebut menjadi pemicu bau dan atau ketiak?

Kita ambil contoh penyakit diabetes. Pengidap penyakit diabetes tinggi biasanya akan kesulitan untuk mengontrol kadar gula dalam darah, untuk mengganti glukosa, biasanya tubuh memanfaatkan lemak sebagai bahan bakar pengganti. Sehingga proses tersebutlah yang menyebabkan produksi keringat berlebih dan menjadi bau badan juga ketiak.

15 Gaya Rambut Terbaru di Bawah Ini Bakal Ngehits di Tahun 2020

  1. Konsumsi makanan yang mengandung bahan pemicu bau badan

Mengkonsumsi suatu makanan yang mengandung beberapa bahan tertentu secara berlebihan cenderung akan menyebabkan badan dan ketiak menjadi bau. Sahabat Biutita perlu tahu makanan apa saja yang bisa menimbulkan berat badan. Makanan olahan pabrik, gula, kafein menjadi contoh kecilnya.

Kafein menjadi penyebab bau yang paling dominan.  Beberapa makanan lain yang mengandung zat penyebab bau badan adalah, bawang merah, bawang putih, dan kari. Sayuran yang masuk family cruciferous juga tidak kalah penting dalam menyebabkan bau badan yang dialami sahabat Biutita.

Jadi sudah tahu, ‘kan, apa saja yang menjadi faktor penyebab bau badan serta bau ketiak? Oleh karena itu sahabat Biutita harus mengubah pola hidup lebih baik lagi agar terhindar dari permasalahan tersebut.

Namun, jangan khawatir buat sahabat biutita yang sudah terlanjur memiliki bau badan dan ketiak, sebab tidak ada bau yang tidak bisa teratasi bukan? Berikut kami bagikan informasi untuk kamu semua yang ingin mengatasi permasalahan bau badan dan ketiak.

Berbagai Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Meminimalisir Bau Badan Berlebih

Hal-hal yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Menjaga kebersihan tubuh
Menjaga kebersihan badan
Menjaga kebersihan badan (Foto : Safebee.com)

Kebersihan badan adalah kunci dari segala kunci. Ketika kebersihan badan mampu dijaga dengan baik maka masalah-masalah seperti bau tidak akan ada lagi dalam kamus sahabat Biutita. Cara menjaga kebersihan badan diantaranya yakni, mandi secara teratur, mandi menggunakan sabun antibakteri, mengeringkan badan dengan benar, serta harus mengganti pakaian secara teratur. Dengan begitu bakteri penyebab bau tidak akan menempel, karena mereka merasa badan yang bersih bukan menjadi tempatnya.

  1. Olahraga secara teratur
Berolahraga teratur
Berolahraga teratur (Foto : freepik.com)

Walapun olahraga menjadi salah satu aktivitas yang bisa menghasilkan keringat, namun ternyata ada manfaat tersembunyi yang bisa membantu kita terbebas dari masalah bau badan dan ketiak. Rajin berolahraga akan bermanfaat untuk membuang bakteri dan kuman yang ada pada pori-pori kulit. Selain bermanfaat untuk kebugaran, tentu hal tersebut menjadi cara yang solutif untuk mengatasi permasalahan bau badan.

  1. Gunakan bahan-bahan tradisional
Obat herbal
Obat herbal (Foto : tehrantimes.com)

Ritual penggunaan bahan tradisional sebagai solusi untuk menghilangkan bau badan dan ketiak ternyata bukan sesuatu yang terlalu kuno. Beberapa bahan tradisional yang bisa digunakan untuk mengatasi bau badan diantaranya adalah sebagai berikut : daun sirih, daun beluntas, daun kemangi, temulawak, bunga kecombrang, jeruk nipis, jahe, cengkeh. Setiap bahan memiliki treatment penggunaan yang berbeda-beda, namun tetap fleksibel untuk dilakukan dengan versi masing-masing orang.

  1. Batasi makanan pedas
ilustrasi makan pedas
ilustrasi makan pedas (foto: suara.com)

Makanan yang menjadi kesukaan atau bisa membawa nikmat belum tentu selamanya akan selalu membawa dampak positif dalam tubuh. Tanpa kita sadari beberapa jenis makanan justru menjadi pemicu paling ampuh terhadap bau badan dan ketiak.

Salah satu jenis makanan yang bisa dikatakan telah menjadi tren masa kini namun malam menjadi peneyebab bau badan adalah, makanan pedas. Memakan menu pedas tentu memicu tubuh untuk mengeluarkan keringat dengan jumlah melimpah. Lebih baik mengurangi atau bahkan menghindari menu-menu pedas, jika ingin terbebas dari masalah bau badan dan ketiak.

Sahabat Biutita, Bagaimana Sih Cara Mengatasi Ngantuk di Pagi Hari Saat Bekerja?

  1. Pangkas bulu ketiak secara teratur
Pangkas bulu
Pangkas bulu (Foto : tribunnews.com)

Banyak orang yang kadang terlalu malas untuk memangkas bulu ketiak, dengan berbagai alasan mereka. Apakah sahabat biutita termasuk salah satu dari mereka?. Memangkas bulu ketiak memang bermanfaat baik, salah satuya mampu mereduksi masalah bau ketiak. Beberapa penelitian mengungkapkan, semakin lebat bulu ketiak maka akan semakin tidak efektif saat proses pembersihan.

Sahabat Biutita, itu dia tips menghilangkan bau badan dengan mudah yang bisa kamu terapkan. yakin deh besok gak mau badan lagi hehehe.