5 Tips Sukses Menjadi Influencer Produk Buat Kamu Yang Mau Bisnis Online Part Time Tapi Hasilnya Menjanjikan

Perkembangan bisnis yang ada di Indonesia kian meluas. Sekarang ini, hanya bermodalkan gadget dan kuota internet anda bisa melakukan internet marketing dan menjadi seorang influencer. Tentunya agar bisa disebut sebagai influencer, kamu harus memiliki kemampuan berbicara yang lihai dan mampu mempengaruhi orang lain untuk mengikuti jejakmu.

Seorang influencer begitu diperlukan oleh perusahaan untuk mempromosikan produknya. Selain itu, influencer produk juga berperan penting terhadap penjualan produk dari sebuah perusahaan.

Sebenarnya apa itu influencer dan apa saja jenisnya?

Pernahkah kamu melihat seorang public figure yang kerap membuat video-video singkat dan mengiklankan sebuah produk tertentu? Biasanya video tersebut mereka unggah di dinding akun mereka sendiri atau malah disebarluaskan melalui layanan iklan yang ada di platform media sosial tersebut.

Mereka inilah yang selanjutnya disebut sebagai influencer produk dan internet marketer. Keduanya memiliki perbedaan, dimana influencer produk sudah tentu merupakan seorang internet marketer. Namun seorang internet marketer belum tentu seorang influencer produk. Seorang influencer pastinya merupakan seorang panutan yang memiliki banyak followers di akun media sosial mereka.

Ilustrasi Influencer produk sukses

Kali ini kita akan membahas jenis-jenis influencer berdasarkan jumlah followers dan tips menjadi influencer yang sukses.

  1. Jenis influencer nano

Jenis influencer yang satu ini merupakan jenis yang paling kecil. Nano influencer merupakan jenis influencer dengan jumlah followers atau pengikut di media sosial yang lumayan sedikit. Nano influencer memiliki kurang dari 20.000 pengikut pada akun media sosialnya. Tarif yang dipatok pun juga tidak terlalu banyak. Biasanya nano influencer ini lebih sering menawarkan jasanya daripada ditawari pekerjaan.

  1. Jenis influencer micro

Jenis influencer yang satu ini memiliki jumlah followers yang lebih banyak dari influencer nano. Jumlahnya adalah kurang dari 100.000 orang. Biasanya mereka yang menjadi seorang influencer micro biasanya memiliki ribuan likes di postingannya. Mereka memiliki tingkat kepercayaan diri yang cukup tinggi karena jumlah followers yang tidak bisa dipandang remeh. Biasanya, tarif menggunakan influencer jenis ini sedikit lebih mahal daripada nano influencer.

  1. Jenis influencer macro

Influencer macro memiliki jumlah followers di atas 100.000 orang. Rentang jumlah followers yang dimiliki oleh influencer yang satu ini adalah 100.000 hingga 1.000.000 orang. Biasanya, seorang blogger atau vlogger lah yang termasuk dalam kalangan influencer macro.

Tarif yang ditetapkan oleh influencer yang satu ini biasanya sudah ada pada tahap mahal. Perusahan juga biasanya menggunakan influencer macro untuk menargetkan klien dengan lebih tepat, karena influencer macro sudah hampir setingkat dengan seorang artis. Namun tetap saja, menggunakan influencer macro kurang efektif daripada menggunakan mega influencer.

  1. Jenis influencer mega

Mega influencer memiliki jumlah pengikut lebih dari 1.000.000 orang. Yang termasuk dalam kalangan ini adalah selebgram dan youtuber. Jangkauan yang bisa dijangkau oleh mega influencer cukup luas, dan biasanya masyarakat lebih menilai positif promosi yang dilakukan oleh mega influencer atau yang bisa disebut sebagai premium influencer.

Tentu saja biaya yang akan dikenakan untuk promosi melalui mega influencer sangat tinggi. Namun hal tersebut akan sebanding dengan pengeluaran karena tingkat pembelian produk setelah diiklankan akan sangat tinggi. Oleh sebab itu premium influencer sering diincar oleh perusahaan untuk mengiklankan produknya.

Lalu bisakah orang biasa seperti kita menjadi seorang influencer?

Seorang influencer yang kita lihat di berbagai platform media sosial sekarang ini pasti pernah memulai bisnisnya mulai dari nol. Mereka juga merupakan orang biasa seperti kita yang berani melangkah dan mem-branding dirinya agar bisa menjadi terkenal. Berbagai upaya mereka lakukan agar mereka dikenal oleh maysarakat dan bisa menjadi sosok influencer yang berpengaruh.

Apa saja tips-tips untuk menjadi seorang influencer produk yang sukses? Perhatikan ulasan berikut ini!

Ilustrasi Menjadi Seorang Influencer
Ilustrasi Menjadi Seorang Influencer (foto: freepik)
  1. Lakukan penentuan branding dirimu

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang influencer produk adalah menentukan akan dipandang seperti apa dirimu oleh masyarakat. Seorang influencer haruslah memiliki citra dan nilai lebih yang bisa menjadi pembeda antara seorang influencer dengan orang biasa.

Selain menentukan citra diri, kamu juga harus memperkuat mental. Seorang influencer merupakan orang yang akan dipandang menonjol di masayarakat. Dan pasti dalam proses karir kamu sebagai seorang tokoh publik, kamu harus siap dalam menghadapi berbagai komentar dari berbagai kalangan.

  1. Buatlah konten yang “berbeda”

Sebuah produk akan dikenal oleh berbagai kalangan jika memiliki perbedaan dari produk yang lainnya. Jika kamu ingin menjadi seorang influencer, kamu juga harus menganalogikan diri bahwa kamu adalah sebuah produk. Kamu harus menjadi produk yang berbeda jika ingin dilirik oleh orang lain.

Mulailah untuk membuat konten yang unik dan berbeda di media sosial. Usahakan konten yang kamu buat merupakan konten positif dan mendidik, tanpa meninggalkan poin unik yang kamu miliki. Jangan takut mengeluarkan sisi unik dan menarikmu, karena pada dasarnya manusia terlahir berbeda-beda.

  1. Bangun citra positif anda di mata masyarakat

Penting bagi seorang influencer untuk memulai karir dalam garis positif. Jika kamu tidak ingin dipandang sebagai tokoh publik yang negatif, kamu harus pintar-pintar mencari cara agar kamu dikenal dengan cara yang baik. Karena pada jaman sekarang ini ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merah ketenaran walaupun cara yang dilakukan salah.

Jika pada awalnya saja karirmu sudah dicap negatif, maka hingga akhirpun kamu kan dicap sebagai tokoh publik yang tidak baik. Maka sebisa mungkin naikkan citra dirimu di hadapan masyarakat dan jangan mengotori namamu di awal masa karir.

  1. Pintar-pintarlah untuk mengatur postingan di media sosial

Seorang influencer akan lebih banyak diperhatikan oleh orang. Oleh karena itu penting bagi kamu untuk mengatur berbagai postingan di media sosial. Aturlah feed yang ada di media sosial agar enak dipandang dan menimbulkan kesan estetik. Kamu juga bisa mengatur postingan-postingan tersebut sesuai dengan yang kamu inginkan. Akan lebih baik lagi jika kamu melakukan pengaturan sesuai dengan karakter yang menjadi ciri khasmu.

  1. Melakukan feedback kepada para followers

Sekarang ini tokoh publik yang ramah kepada para pengikutnya akan lebih disukai daripada tokoh publik yang hanya good looking namun tidak memiliki etika yang baik kepada para follower. Selalu ingatlah bahwa pengikutmu lah yang berperan penting dalam kelancaran karirmu, oleh karena itu sebisa mungkin lakukanlah fan service terbaik kepada mereka dengan mengajak mereka berinteraksi. Dijamin mereka akan selalu mendukungmu setiap saat.

  1. Selalu konsisten dengan pekerjaan anda

Sebuah pekerjaan yang dilakukan secara terus menerus dan konsisten pasti kan menghasilkan akhir yang bagus pula. Selalu jaga citra dirimu di hadapan para pengikut dan terapkan hal tersebut di dunia nyata. Karena tidak ada kebohongan yang sempurna, maka jadilah pribadi yang benar-benar baik luar dalam. Maka hal ini akan membawa anda pada kesuksesan.

Berbagai tips menjadi seorang influencer produk yang sukses diatas bisa kamu ikuti. Jadilah seorang influencer yang selalu semangat dalam membuat konten dan tidak memiliki mental yang lemah. Dijamin kamu akan selalu dicintai dan didukung oleh para pengikutmu. Semoga sukses!