5 Tips Mudah Atasi Masalah Tekstur Kulit Wajah Tidak Rata

Sahabat biutita tentu ingin punya wajah yang halus, lembut dan glowing. Bukan hal mudah mendapatkan itu semua, ada banyak perawatan untuk tetap mempertahankan kondisi kulit. Masalah yang sering muncul pada wanita asia tekstur kulit wajah tidak rata. Ini dipengaruhi oleh paparan sinar matahari sepanjang tahun dan tidak melakukan perawatan wajah secara rutin.

Jangan menutupi kondisi wajah dengan makeup ini hanya akan jadi solusi sesaat saja. Bahkan jika makeup tidak dibersihkan secara menyeluruh akan menyebabkan masalah kulit lainnya. Kenapa tidak melakukan perawatan wajah agar kondisi kulit tidak semakin buruk. Tentu saja ini akan memengaruhi rasa percaya diri bukan. Sekalipun kamu sudah menikah, perawatan wajah tidak boleh dilupakan begitu saja.

Masalah kulit wajah tidak rata tidak hanya dialami remaja yang sedang mengalami perubahan produksi hormon. Ini juga terjadi pada wanita dewasa, ibu hamil bahkan menjelang menstruasi. Perubahan kondisi tubuh yang dipengaruhi oleh hormon jadi kendala utama. Kondisi ini di perparah dengan keseharian, apalagi jika terlalu sering berada di bawah sinar matahari secara langsung.

Apalagi jika sudah kulit terasa kasar di beberapa bagian, misalkan dahi, dagu dan area pipi. Ini bisa terjadi pada semua jenis kulit, bahkan bisa lebih buruk lagi jika memiliki jenis kulit berminyak. Produksi minyak berlebih akan memengaruhi timbulnya masalah wajah seperti jerawat dan bruntusan, apalagi jika tidak melakukan perawatan secara rutin.

5 Cara Efektif Mengatasi Masalah Kulit Wajah Tidak Rata

Sahabat biutita jangan sedih jika mengalami masalah kulit wajah tidak rata, masih bisa dihilangkan dengan cara mengembalikan kondisi kulit. Apalagi tekstur wajah dapat berubah jika melakukan perawatan rutin dengan skincare yang cocok. Berikut ini beberapa tahapan untuk mengembalikan kondisi wajah jika mengalami masalah kulit tidak rata.

1. Rutin Lakukan Eksfoliasi Kulit

Eksfoliasi wajah
Eksfoliasi wajah, (foto: freepik)

Penyebab utama kenapa kulit tidak rata, ini bukan hanya pada wajah namun seluruh tubuh. Terjadi penumpukan sel kulit mati. Umumnya sel kulit mati akan terkelupas dan tergantikan dengan sel kulit baru. Ini masih terjadi pada anak-anak namun dengan pertambahan usia regenerasi kulit terjadi lebih lambat dan membuat tumpukan sel kulit mati.

Umumnya regenerasi kulit terjadi setiap 10 hingga 20 hari, jika lebih maka kulit akan terasa kering, kusam dan muncul masalah wajah lainnya. Eksfoliasi kulit jadi solusi tepat untuk menghilangkan sel kulit mati dan merangsang regenerasi kulit baru lebih cepat. Ini bisa dilakukan dengan dua cara, chemical dengan menggunakan bahan eksfoliasi dan secara manual.

Jika sahabat biutita pergi ke salon perawatan wajah untuk melakukan eksfoliasi kulit maka digunakan secara manual dengan membuang secara langsung. Tenang saja, treatment yang diterapkan aman dengan menggunakan alat. Cara ini lebih cepat dan langsung terlihat hasilnya bahkan selain membuang sel kulit mati, dapat juga mengatasi masalah wajah seperti jerawat batu.

Baca juga : Review Belaluna Skincare Premium Glowing

Tidak tahan dengan sakit saat melakukan perawatan wajah di salon kecantikan, kamu bisa memilih eksfoliasi dengan cara chemical. Kini sudah banyak skincare yang mengandung AHA, BHA dan PHA. Ini akan membantu menghilangkan sel kulit mati dan membersihkan kotoran hingga menembus pori-pori.

Baik cara chemical atau manual dengan alat, sebaiknya tidak melakukan eksfoliasi terlalu sering. hal ini akan membuat kulit terasa lebih tipis, mudah iritasi dan terasa lebih sensitif. Lakukan eksfoliasi secara manual dengan alat satu minggu sekali saja. Sedangkan jika memilih cara chemical, gunakan produk si pagi dan malam hari saja.

2. Lakukan Peeling Secara Rutin

Treatment Peeling (Foto : devenews.com)

Sudah melakukan eksfoliasi secara rutin namun belum juga terlihat hasilnya, coba gunakan cara chemical peeling. Ini memang lebih keras dan pastikan kulit kamu cocok dengan produknya terlebih dahulu. Biasanya produk chemical peeling yang digunakan untuk mengatasi masalah wajah tidak rata memiliki butiran halus seperti scrub. Saat aplikasi produk akan diusapkan pada seluruh bagian wajah.

Biasanya produk berubah gel atau cream, tidak semua jenis kulit akan cocok apalagi untuk kulit kering dan sensitif. Direkomendasikan untuk kulit kering, sebaiknya lakukan peeling dua kali sebulan saja. Karena dapat mengikis permukaan kulit sehingga terasa lebih tipis.

Untuk membantu peratahan kulit wajah, sahabat biutita bisa memilih produk yang mengandung glycolic acid. Ini akan membantu mengangkat sel kulit mati hingga menembus pori-pori sehingga membuat wajah terlihat lebih glowing. Selain itu dapat memberikan nutrisi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung.

Untuk treatment peeling tidak disarankan setiap harinya, lakukan minimal satu kali dalam seminggu. Kulit akan terasa lebih halus bahkan kini ada skincare yang bisa menaikkan skin tone alami jadi terlihat lebih putih. Treatment peeling juga mencegah penunaan dini, pasalnya garis halus atau kerutan wajah akan tersamarkan.

3. Gunakan Skincare Dengan Kandungan Minyak

Face Oil (Foto : oilixiaskincare.com)

Banyak sahabat biutita enggan memilih skincare dengan kandungan minyak, alasannya klise untuk mengurangi produksi minyak. Padahal face oil dapat membantu menghilangkan makeup secara menyeluruh, menghilangkan kotoran hingga pori-pori dan menyeimbangkan kadar sebum.

Apalagi untuk kulit berminyak, komedo akan tumbuh secara cepat dan membuat kulit terasa keringk, kusam hingga terasa kasar. Ada baiknya menggunakan skincare yang mengandung minyak saat tahapan cleanser atau membersihkan. Lakukan ini pada tahapan awal dan bilas dengan skincare yang mengandung air sehingga kandungan minyak akan hilang.

Kadar minyak juga harus dipastikan normal, jika kekurangan kulit akan terasa kering sedangkan jika berlebihan akan menyebabkan makeup mudah crack atau luntur. Sebaiknya memiliki skincare dengan kandungan minyak yang cukup dalam tahapan perawatan wajah di pagi dan malam hari.

4. Mulai Gunakan Serum Dengan Kandungan Vitamin C

Serum VItamin C (Foto : gardencollage.com)

Vitamin C sangat bagus untuk kulit, dimana dapat mengembalikan kekencangan, memutihkan secara alami dan mengembalikan kondisi kulit. Bagi sahabat biutita yang ingin terlebih lebih cerah dan glowing, mulai dari sekarang harus menggunakan serum dengan kandungan vitamin C. Ternyata efektif mencegah penunaan dini.

Bukan itu saja, kulit akan terasa lebih halus, kenyal dan menghilangkan bintik hitam yang timbul akibat noda bekas jerawat atau bruntusan. Serum vitamin C juga berperan sebagai antioksidan alami bagian kulit sehingga efektif untuk melindungi sekaligus memperbaiki kondisi kulit. Terlebih jika terlalu sering menggunakan makeup hingga seharian penuh. Pastikan menggunakan skincare terlebih dahulu sebelum aplikasi makeup.

5. Gunakan Sunblock Secara Rutin

Gunakan Suncreen (Foto : ajandtheway.com)

Paparan sinar matahari yang jadi masalah utama terjadinya masalah kulit. Sahabat biutita sudah melakukan perawatan wajah namun kenapa tetap terlihat kusam dan tidak mulus. Apakah sudah menggunakan sunblock atau sunscreen di akhir makeup atau penggunaan skincare. Ini bagian penting yang sering kali terlewatkan.

Sunscreen atau sunblock atau tabir surya memiliki fungsi utama untuk menangkal sinar UVA dan UVB. Sekalipun hanya berada di luar ruangan sebentar saja, penggunaan sunscreen wajib hukumnya. Ini akan melindungi kulit dari kerusakan yang menyebabkan kusam, kulit kering dan wajah tidak rata.

Baca juga : Menolak Tua! 5 Kandungan Skincare Korea Khusus Anti-Aging

Bahkan kini sudah banyak skincare sunscreen spray yang mudah dalam penggunaan. Cukup semprotkan setelah penggunaan makeup maka dapat melindungi kulit seharian dan tidak akan memengaruhi makeup sebelumnya.

Bagi sahabat biutita yang takut hitam dan gelap, bisa memiliki sunscreen dengan kandungan vitamin C. Bukan hanya melindungi dari sinar matahari namun dapat mencerahkan wajah secara alami. Cara tepat untuk membuat wajah jadi terlihat lebih cantik dan glowing bukan.

Bukan hal sulit untuk melakukan perawatan wajah. Memang ini tidak akan memperlihatkan hasilnya secara langsung seperti penggunaan makeup. Skincare akan jadi investasi jangka panjang, gunakan selama setahun maka khasiatnya akan bertahan hingga lima tahun ke depan. Apalagi untuk mengatasi masalah kulit wajah tidak rata, pastikan treatment dan skincare yang digunakan cocok dan gunakan secara rutin pada pagi dan malam hari.