10 Tips Melupakan Orang Yang Pernah Kita Sukai Dengan Mudah Dan Cepat

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya jatuh hati kepada seseorang. Jatuh hati dengan seseorang adalah hal yang sangat wajar dan bisa terjadi pada siapapun. Namun, tidak semua orang bisa menghabiskan hidupnya bersama orang yang disukai.

Banyak orang yang harus rela mengubur rasa sukanya tersebut karena alasan tertentu. Untuk menghilangkan rasa suka kepada orang tersebut, satu satunya cara adalah melupakannya. Namun, melupakan orang yang pernah disukai bukanlah hal yang mudah. hmmm…

Dibutuhkan waktu dan perjuangan yang cukup panjang untuk melupakan segala kenangan indah bersamanya. Terlebih jika kalian sudah cukup lama menyukai orang tersebut. Menyakitkan memang, melupakan seseorang yang pernah hadir dan mengisi kekosongan hati.

Namun jika kalian benar-benar bertekad menghilangkan rasa suka tersebut, masa-masa melupakannya akan jauh lebih mudah. Ingin tau apa saja tips melupakan orang yang disukai dengan mudah dan cepat?

Berbagai Tips Melupakan Orang Yang Disukai Dengan Mudah Dan Cepat

  1. Menyadari Keadaan yang Telah Berubah
Ilustrasi Melupakan Pacar
Ilustrasi Melupakan Pacar (foto: pinterest)

Hal pertama yang harus sahabat Biutita lakukan agar bisa melupakannya adalah sadar diri. Sadar diri yang dimaksud disini adalah menyadari bahwa keadaan sudah berubah dan kalian harus segera melupakan orang yang pernah kalian sukai.

Meski terasa menyakitkan, hal ini harus bisa sahabat Biutita hadapi dengan tabah dan ikhlas. Jangan pernah merasa depresi dan tidak pantas untuk dicanti. Tuhan tidak mengizinkan kalian bersamanya karena rencana-Nya lebih baik daripada rencana kalian.

Jika keadaan memaksa kalian melupakannya, berarti dia bukanlah yang terbaik untuk kalian. Percayalah bahwa sahabat Biutita akan menemukan orang yang jauh lebih baik daripada dia. Melupakan memang berat, tapi bertahan dan menyiksa hati dengan mengingatnya akan lebih berat lagi.

  1. Melupakan Adalah Proses

Sahabat Biutita harus tahu bahwa melupakan adalah proses. Setiap proses pasti membutuhkan waktu dan tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Pada saat baru berpisah, kalian pasti masih akan terbayang-bayang wajahnya. Tenang saja, hal seperti itu memang wajar terjadi.

Tidak ada proses melupakan yang bisa terwujud dalam satu malam. Tidak apa-apa jika kalian masih terbayang wajahnya walaupun sudah 1 bulan tidak bisa bersama. Semua itu adalah proses.

Meski  harus melupakan orang yang kalian sukai, bukan berarti kalian harus memaksakan diri. Berusahalah melupakannya secara perlahan-lahan. Dimulai dari memutus kontak dengannya, menghapus kenangan indah bersamanya, hingga berhenti memikirkannya.

Jadi, jangan memaksa diri kalian untuk melupakannya dalam waktu singkat. Hal seperti ini tidak akan membuat kalian lupa tentang dirinya. Tenang saja, waktu akan membantu sahabat Biutita menghilangkan bayangannya.

  1. Menyibukkan Diri Dengan Aktifitas-aktifitas Seru

Agar tidak terus mengingat kenangan bersama si dia, kalian bisa menyibukkan diri dengan melakukan aktifitas-aktifitas yang seru dan menyenangkan. Sebagai contoh, pergilah jalan-jalan bersama teman atau pun keluarga.

Hindari pergi ke tempat yang memiliki kenangan saat bersama dengan orang yang kalian sukai. Sibukkan diri dan bersenang-senanglah hingga lupa dengan hati kalian yang sedang terluka karena harus melupakannya.

Cari kebahagiaan sahabat Biutita bersama teman atau keluarga. Bahagia nggak harus dengan pasangan kok, jadi jangan merasa minder jika tidak punya pasangan.

  1. Hindari Melakukan Hal yang Bisa Mengingatkannya
Forgetting people
Forgetting people (Foto ; inspiringtips.com)

Cobalah untuk berhenti mencari tahu segala hal tentang dia. Sahabat Biutita bisa berhenti menghubunginya ataupun berhenti mencari tahu tentang segala aktifitasnya. Jika perlu, sahabat Biutita bisa menghapus nomornya agar tidak ada sarana komunikasi lagi.

Bukan bermaksud untuk memutuskan tali silahturahmi dengan orang tersebut, namun karena kalian butuh waktu untuk melupakan segala hal yang berkaitan dengan dia. Dengan berhenti menghubunginya dan tidak mencari tahu tentangnya, kalian akan lebih mudah dalam melupakan orang tersebut.

Namun, hal ini tidak perlu dilakukan jika kalian merasa mampu untuk melupakannya dan masih ingin menjalin komunikasi yang baik dengan dia sebagai teman. Meski begitu, sebaiknya hindari melakukan komunikasi dengan orang yang pernah sahabat Biutita suka jika tidak ada kepentingan.

Hindari pula kegiatan seperti stalking media sosial miliknya, kegiatan ini akan membuat hati kalian terasa lebih sakit lagi dan akan sulit untuk melupakannya.

  1. Jangan Sendirian Dalam Waktu yang Lama

Tidak ada satu hal pun yang menyenangkan dari kata melupakan. Melupakan adalah salah satu proses menghilangkan kenangan bersama orang yang pernah ada dalam hati dan pikiran. Dalam proses melupakan seseorang, sebaiknya hindarilah menyendiri dan melamun dalam waktu yang lama.

Kesendirian akan membuat kenangan bersama orang tersebut akan terputar kembali dalam memori otak. Dan hal ini akan membuat kalian semakin sulit untuk melupakannya. Maka dari itu, sebaiknya hindari waktu-waktu sendirian dan melamun yang terlalu lama.

Sahabat Biutita bisa mengisi waktu luang dengan menonton film, berolahraga, mendengarkan music, mengerjakan tugas, berbelanja, menonton berita, membaca novel, membersihkan rumah, dan melakukan segala hal yang menyenangkan.

  1. Bercerita Kepada Orang Lain
Talking to another people
Talking to another people (Foto : henpicked.net)

Bercerita kepada orang lain atau curhat akan mengurangi beban yang sahabat Biutita tanggung. Hal ini berarti kalian berbagi kesedihan yang kalian rasakan kepada orang lain. Kegiatan seperti ini akan mengurangi beban melupakan yang berat bagi kalian.

Sahabat Biutita bisa curhat kepada sahabat dekat kalian. Namun ingatlah, curahankan hati dan perasaan kalian kepada orang yang benar-benar tepat dan peduli dengan kalian. Berceritalah kepada orang yang tepat dan bukan hanya sekedar dekat.

Orang yang menurut kalian dekat mungkin mengenalmu tapi belum tentu memahamimu. Sedangkan orang yang tepat pasti bisa memahami situasimu. Tidak semua orang yang dekat adalah orang yang tepat untuk dijadikan teman curhat.

  1. Bertemu Dengan Banyak Orang Baru
Meeting someone you know
Meeting someone you know (Foto : inc.com)

Tips melupakan orang yang disukai  selanjutnya adalah dengan bertemu banyak orang baru. Cobalah untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang baru, hal ini akan membantu kalian lebih mudah dalam melupakannya.

Selain dapat menambah teman dan relasi, mungkin saja pengganti si dia ada dalam salah satu orang yang sahabat Biutita temui tersebut. Tidak perlu takut atau minder, cobalah untuk membuka hati dan berteman dengan orang baru. Biarkan luka dalam hati kalian mengering dengan sendirinya.

  1. Menjadi Lebih Religius Dengan Mendekatkan Diri Kepada Sang Pencipta
Praying
Praying (Foto : ibelieve.com)

Langkah selanjutnya yang bisa sahabat Biutita lakukan adalah dengan mendekatkan diri kepada sang Pencipta. Yakinkan diri bahwa Tuhan mengharuskan kalian untuk melupakannya karena dia bukan yang terbaik untuk diri kalian.

Berusahalah untuk menerima semua rencana yang telah disiapkan Tuhan untuk sahabat Biutita. Mungkin kalian belum bisa bersama dengan orang yang kalian sukai karena orang tersebut memang ditakdirkan bukan untuk bersama kalian.

  1. Mulailah Untuk Mencintai Diri Kalian Sendiri

Setelah berusaha untuk melupakan orang yang pernah disukai, sahabat Biutita harus mencoba untuk mencintai diri sendiri. Cobalah untuk memperbaiki diri dan melakukan segala hal yang kalian sukai.

Berolahraga secara rutin akan membantu menaikkan suasana hati sahabat Biutita dan membuat kalian menjadi lebih bahagia. Jangan membuang-buang waktu dan tenaga dengan memikirkan si dia. Mulailah memikirkan langkah selanjutnya yang akan kalian ambil.

Jangan lupa untuk mengatakan kata-kata kepada diri kalian sendiri seperti “terimakasih telah bertahan hingga sejauh ini”, “terimakasih sudah tidak pernah menyerah”, “kamu hebat karena masih mampu bertahan meski banyak hal buruk yang terjadi”, dan banyak masih banyak lagi.

  1. Melupakan Bukan Membenci
Forgetting not hating
Forgetting not hating (Foto : shutterstock.com)

Banyak pasangan yang berakhir menjadi musuh dan berlagak tidak kenal setelah tidak memiliki hubungan lagi. Hal ini justru salah dan harus diperbaiki. Sahabat Biutita harus bisa menunjukkan bahwa sahabat Biutita baik-baik saja meski tanpa dia sekalipun.

Meski sudah tidak bersama lagi, jangan membencinya atau berusaha balas dendam kepada dirinya. Tidak perlu berusaha saling tidak mengenal setelah berpisah. Jagalah hubungan baik dengan si dia sebagai teman biasa.

Demikianlah tips melupakan orang yang disukai dengan mudah dan cepat yang dapat kalian lakukan. Perpisahan dan melupakan adalah dua hal menyakitkan yang saling berkaitan. Namun meski menyakitkan sekalipun, sahabat Biutita harus bisa mengambil hikmah dari kejadian tersebut.