10 Tips Cara Membuat Lulur Tradisional Dari Bahan Alami yang bisa kamu Praktekkan dirumah dengan Mudah

Sahabat Biutita pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya lulur, kan? Terlebih lagi lulur tradisional, yang terbuat dari bahan-bahan alami dan mengandung banyak sekali manfaat bagi kulit.

Khasiat utama lulur memang digunakan sebagai penyehat kulit dari luar maupun dari dalam. Lulur pun biasanya terbuat dari bahan-bahan yang cukup berguna bagi kesehatan kulit.

Lalu apa saja manfaat lulur tradisional bagi kulit kita? Dan bagaimanakah cara meracik lulur tradisional bagi kulit? Yuk, simak ulasannya hingga selesai ya.

Manfaat Lulur Tradisional Untuk Kulit Sahabat Biutita

Traditional scrub
Traditional scrub-Foto : tripadvisor.com

Merawat diri sepertinya menjadi sebuah keharusan bagi para wanita, agar kulit mereka selalu indah dipandang dan sehat tentunya. Menggunakan lulur tradisional merupakan salah satu cara yang bisa digunakan. Berikut ini manfaat umum penggunaan lulur tradisional bagi kulit :

  1. Mencerahkan kulit

Semua jenis lulur, terutama lulur tradisional memiliki misi untuk mencerahkan kulit wanita. Hal ini dikarenakan scrub yang lulur miliki mampu mengelupas sel-sel kulit mati pada kulit. Sehingga mempercepat pertumbuhan sel kulit baru yang lebih cerah.

  1. Mampu digunakan sebagai relaksator otot

Otot yang ada pada kulit kita seringkali harus dimanjakan melalui perlakuan pijat. Sahabat Biutita bisa menggunakan lulur tradisional untuk merilekskan otot-otot tubuh yang kaku.

  1. Menghaluskan kulit tubuh

Pernahkah sahabat Biutita bandingkan, kehalusan kulit tubuh kalian sebelum dan sesudah penggunaan lulur? Pasti akan lebih halus jika setelah diberi aplikasi lulur, terutama lulur tradisional. Hal ini dikarenakan scrub yang ada pada lulur mampu meghilangkan berbagai kotoran yang menghalangi pori-pori kulit.

  1. Mampu melembabkan kulit

Tidak hanya berfungsi untuk menghaluskan kulit, lulur tradisional juga mampu melembabkan kulit. Bahan-bahan yang terkandung di dalamnya mampu bertindak sebagai nutrisi kulit. Sehingga kulit yang sering diberi aplikasi lulur pun akhirnya menjadi sehat.

  1. Mengencangkan dan mencegah penuaan kulit

Bagi sahabat Biutita yang berumur lebih dari 30 tahun, pasti kekencangan kulit perlahan berkurang. Hal ini bisa diatasi denan penggunaan lulur tradisional. Gerakan pemijatan kulit yang dilakukan ketika mengoleskan lulur bisa menjadikan kulit tampak lebih kencang. Tak hanya itu, penuaan kulit pun kemungkinan besar dapat ditunda.

  1. Dapat digunakan sebagai aromaterapi

Lulur tradisional memiliki aroma yang khas karena ada bahan-bahan alami serta herbal di dalamnya. Aroma yang ditimbulkan ini mampu merilekskan syaraf kita.

Kita sudah membahas mengenai keuntungan dari penggunaan lulur tradisional bagi kulit. Kini saatnya kita membahas mengenai rekomendasi racikan lulur tradisiopnal yang recommended bagi sahabat Biutita.

Rekomendasi Cara Membuat Lulur Tradisional Dari Bahan Alami

Ada semakin banyak lulur yang dijual di pasaran. Namun akan lebih baik jika sahabat Biutita meracik lulur tradisional di rumah. Berikut ini keuntungan meracik lulur tradisional sendiri :

  1. Bahan-bahan mudah didapatkan

Bahan yang digunakan untuk membuat lulur tradisional merupakan bahan yang mudah kalian temui di pasar tradisional, contohnya saja kunyit, susu, bubuk cokelat, dan lain sebagainya.

  1. Harga bahan terjangkau

Selain mudah didapati, bahan yang digunakan pun juga murah. Di pasar tradisional, kalian bisa membeli bahan lulur tradisional dalam jumlah banyak dengan harga yang sangat terjangkau.

  1. Kualitas terjamin

Membuat lulur tradisional cukup mudah. Sahabat Biutita tinggal mengikuti berbagai langkah di bawah ini untuk melakukannya. Kualitas dari lulur tradisional handmade milik kalian pun akan terjamin kualitasnya. Serta terhindar dari bahan-bahan terlarang dan berbahaya.

Dan masih ada banyak lagi manfaat pembuatan lulur tradisional secara handmade. Bagi kalian yang sudah tidak sabar membuat lulur tradisional, berikut ini tipsnya. Check it out!

  1. Lulur pengantin atau lulur kuning Jawa
Lulur Kuning Jawa
Lulur Kuning Jawa-Foto : tamanairspa.com

Lulur yang satu ini memang dinamakan sebagai lulur pengantin karena sering digunakan sebelum ritual pernikahan Jawa pada jaman dahulu. Lulur ini berwarna kuning, sesuai dengan julukannya.

Bahan utama dari lulur tradisional ini adaah kunyit, temulawak, gula pasir, minyak kelapa, pandan, dan lain sebagainya. Namun kunyit merupakan bahan yang tidak boleh ditinggalkan. Karena tanpa adanya kunyit, lulur ini tidak akan berwarna kuning.

Cara membuatnya cukup mudah. Cukup campurkan kunyit dan bahan lainnya dengan gula pasir dan minyak kelapa. Gula berfungsi untuk membuat lulur tampak sedikit kasar dan bertindak seperti scrub. Minyak kelapa berfungsi untuk membuat tekstur lulur menjadi kental.

Fungsi dari lulur ini adalah membersihkan dan menghaluskan kulit, serta mengeksfoliasi kulit sehingga mampu terlihat lebih muda dan segar.

  1. Lulur bubuk kopi
Lulur Kopi
Lulur Kopi-Foto : healthline.com

Sahabat Biutita suka meminum kopi? Nah, bubuk kopi ini ternyata bisa digunakan sebagai bahan pembuatan lulur tradisional, lho. Manfaat dari lulur bubuk kopi ini pun cukup banyak, diantaranya adalah :

  • Mencerahkan kulit
  • Menghilangkan sel kulit mati
  • Menutrisi dan menetralkan kulit
  • Mampu membantu regenerasi kulit
  • Mampu menghilangkan berbagai jenis flek dan noda pada kulit
  • Melindungi dari sinar UV serta menghilangkan jerawat membandel

Nah, dari berbagai manfaat lulur bubuk kopi di atas, sahabat Biutita bisa kok, membuat lulur kopi sendiri. Caranya pun sederhana. Tinggal campurkan bubuk kopi hitam dengan air biasa atau air hangat. Jangan sampai tekstur lulur terlalu cair, ya.

7 Alasan Kuat Kenapa Cewek Karir Nggak Cuma Mikir Kerja Aja tapi Juga Butuh Piknik

  1. Lulur buah bengkoang
Lulur Bengkoang
Lulur Bengkoang-FOto : stylo.grid.id

Jika kalian mengenal buah bengkoang, kalian pasti juga sudah mengerti pentingnya buah ini bagi kesehatan kulit. Saking pentingnya, ekstrak buah ini pun sering dijadikan sebagai campuran dari produk-produk kecantikan dari Jepang.

Buah ini sering kita jumpai di toko buah maupun pasar tradisional. Manfaat dari lulur bengkuang untuk kulit adalah mencerahkan, dan membantu memproduksi kolagen. Sehingga elastisitas dari kulit terjaga serta tanda-tanda penuaan dapat ditunda.

Cara membuat lulur yang satu ini dalah dengan cara memarutnya hingga halus, lalu peras. Diamkan air perasan sehingga terpisah antara ampas dengan airnya. Bagian ampas kalian ambil, lalu campurkan dengan madu. Setelah itu langsung aplikasikan ke kulit.

  1. Lulur gula dan madu
Lulur Madu
Lulur Madu-Foto : healthline.com

Madu memang merupakan cairan yang sangat serbaguna. Selain bisa dijadikan sebagai obat dan nutrisi bagi tubuh, madu mampu mendatangkan manfaat bagi kulit. Salah satunya adalah dengan dijadikan lulur.

Untuk bisa membuat lulur dari bahan gula dan madu, kalian tinggal mencampurkan kedaunya dengan takaran tertentu. Sebaiknya, campurkan bahan hingga terbentuk seperti pasta, dan aplikasikan pada kulit.

Manfaat dari lulur tradisional yang satu ini adalah mengangkat sel kulit mati, melembabkan kulit, serta mencerahkan kulit hingga terlihat putih berseri.

  1. Lulur bubuk cokelat
Lulur Cokelat
Lulur Cokelat-Foto : oneessentialcommunity.com

Selain bubuk kopi, bubuk minuman cokelat ternyata juga bisa dijadikan sebagai lulur lho, sahabat Biutita. Lulur yang terbuat dari bubuk cokelat mampu mencerahkan dan melembabkan kulit, serta melindungi kulit dari sinar UV.

Pada lulur ini, terdapat kandungan vitamin A dan E yang sangat baik bagi kulit. Cara pembuatan lulur cokelat tidak susah, kalian tinggal mencampurkannya dengan air hingga terbentuk pasta. Setelah itu, tambahkan juga gula pasir agar tekstur lulur menjadi semi kasar.

  1. Lulur bunga melati
Lulur Melati
Lulur Melati-Foto : youtube.com

Selain bisa digunakan sebagai hiasan dan dekorasi, bunga melati ternyata bisa juga digunakan sebagai lulur. Adanya lulur bunga melati ini mampu melindungi kulit dari radikal bebas yang disebabkan oleh sinar matahari.

Lulur bunga melati juga berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati serta mendinginkan kulit. Cara membuatnya cukup mudah, haluskan beberapa bunga melati, lalu campurkan dengan tepung beras. Setelah itu, campur dengan sedikit air hingga terbentuk pasta. Setelah itu aplikasikan pada kulit.

  1. Lulur daun teh hijau
Lulur Teh Hijau
Lulur Teh Hijau-Foto : storenvy.com

Teh hijau atau greentea dikenal sebagai bahan lulur yang sangat bermanfaat bagi kulit. Ada banyak produk yang menggunakan ekstrak teh hijau karena bahan ini terkenal dengan antioksidannya.

Manfaat penggunaan lulur daun teh hijau adalah menghindarkan kulit dari radikal bebas, menyegarkan dan membuat kulit menjadi halus, serta mengangkat sel-sel kulit mati.

Cara pembuatan lulur teh hijau ini cukup sederhana. Cukup haluskan daun teh hijau dan kemudian campurkan dengan madu ataupun gula pasir. Kalian juga bisa mencampurkannya dengan minyak esensial yang memiliki aromaterapi.

  1. Lulur gula merah
Lulur Gula Merah
Lulur Gula Merah-Foto : creativelive.com

Gula merah merupakan bahan tradisioanl yang sangat kita kenal dengan rasa manisnya. Minuman kolak tidak akan lengkap jika tidak menggunakan gula merah.

Nah, selain bisa dijadikan sebagai bahan makanan, gula merah juga dapat dijadikan sebagai bahan lulur, lho. Cukup campurkan gula merah dengan minyak kelapa, minyak esensial, atau madu dan gula pasir. Maka akan tercipta pasta lulur yang akan bisa langsung dipalikasikan pada kulit.

Manfaat dari penggunaan lulur yang satu ini adalah untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Kulit juga akan terasa lebih lembab setelah diberi aplikasi lulur ini.

10 Merk Baju Batik Yang Bagus Dan Terkenal Ini Cocok Banget Dipakai Kondangan

  1. Lulur susu
Lulur Susu
Lulur Susu-Foto : diaryfarmersofcanada.ca

Jika kita membicarakan masalah lulur tradisional, tidak sah rasanya jika kita tidak membicarakan masalah susu. Lulur yang terbuat dari susu sangat bermanfaat bagi kulit. Karena lulur jenis ini mampu menutrisi dan mencerahkan kulit secara maksimal.

Cara membuat lulur dari bahan susu adalah dengan mencampurkan susu dengan oatmeal. Tanpa adanya bahan sampingan tersebut, tekstur susu tidak cukup kuat untuk menghilangkan sel kulit mati pada tubuh.

  1. Lulur kelapa
Lulur Kelapa
Lulur Kelapa-Foto : myculturedpalate.com

Lulur yang satu ini bahan utamanya adalah minyak kelapa. Cara pembuatannya sederhana, cukup campurkan minyak kelapa dengan bahan lain seperti madu, buah, ataupun berbagai bahan yang telah kami sebutkan sebelumnya.

Manfaat dari lulur yang satu ini adalah untuk melembabkan kulit, meregenerasi kulit, menghilangkan sel-sel kulit mati, menghilangkan bau yang ada pada badan, menutrisi kulit, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Terkecoh! 15 Merk Kosmetik Lokal ini Banyak yang Mengira Kosmetik Import Luar Negeri

Kesimpulan

Dari berbagai tips cara membuat lulur tradisional yang telah kami berikan, sahabat Biutita pasti sudah mengetahui apa saja lulur tradisional yang bermanfaat bagi kulit. Sebenarnya masih ada banyak lagi jenis lulur tersebut yang bisa kalian buat.

Namun itu tergantung dari kreativitas kalian dalam membuat. Bisa saja kalian mencampurkan bahan-bahan alami yang kalian temukan di pasar untuk dijadikan sebagai lulur. semoga bermanfaat.