10 Model Pakaian yang Cocok Buat Kamu Menghadiri Interview Wawancara Kerja, Kelihatan Sopan Tapi Nggak Katrok Gitu

Interview wawancara kerja adalah hal yang sangat penting bagi semua orang yang sedang mencari pekerjaan. Hal ini dikarenakan interview wawancara kerja sebagai tolak ukur diterima atau tidaknya kamu yang lagi ngelamar kerjaan. Mulai dari daftar riwayat hidup atau CV, attitude, gestur dan bahasa tubuh hingga pakaian wawancara kerja sebaiknya  dipersiapkan sebaik mungkin untuk bisa diterima di perusahaan yang kamu lamar.

Salah satu hal penting untuk melengkapi performa kamu adalah pakaian yang kamu gunakan pada wawancara kerja. Pakaian wawancara kerja yang digunakan dapat menunjukkan ekspresi dan kepribadian kamu.

Macam-macam model pakaian yang sangat cocok bila digunakan untuk menghadiri interview kerja

Nah untuk kamu yang saat ini sedang mempersiapkan interview wawancara kerja, 10 model pakaian ini cocok untuk kamu gunakan saat menghadiri interview wawancara kerja.

  1. Business Shirt
Business Shirt
Business Shirt (Foto: simonjersey.eu)

Model pakaian ini paling aman kamu gunakan pada saat wawancara kerja. Modelnya simple dan profesional akan memberikan kesan kamu siap untuk bekerja di perusahaan yang kamu lamar.

Paduan kemeja berlengan panjang dengan celana chino berwarna gelap dan sepatu model pantofel akan sangat cocok untuk model busana ini. Untuk pemilihan warna sepatu, usahakan pilih warna yang netral dan tidak terlalu mencolok.

  1. Formal casual
Formal casual
Formal casual (Foto: alicdn.com)

Model kedua adalah formal casual yang memadukan blazer dengan dalaman berupa kaos polos. Untuk paduan warnanya, jika menggunakan blazer warna gelap gunakanlah kaos polos berwarna gelap pula. Sedangkan jika menggunakan blazer berwarna terang, paduka dengan kaos polos berwarna terang.

Pengaturan warna diatas juga berlaku pada celana. Untuk sepatu, gunakan sepatu sporty casual jika ingin menonjolkan sisi semi formal. Namun jika kamu ingin memperlihatkan sisi formal, gunakanlah sepatu pantofel.

  1. Business Semi-Formal
Business Semi-Formal
Business Semi-Formal (foto: shopee)

Model pakaian ini hampir mirip dengan Business Shirt, yang membedakan adalah adalah kemeja yang digunakan berlengan pendek. Celana dan sepatu yang digunakan pun sama. Namun, untuk mempertegas kesan semi formal gunakanlah celana berbahan jeans.

10 Model Kebaya Modern Yang Cocok Buat Menghadiri Wisuda Pacar

  1. Casual Hidden
Casual Hidden
Casual Hidden (foto: alicdn.com)

Model ini bisa digunakan saat tidak punya banyak waktu untuk mencocokkan pakaian yang akan kamu gunakan. Cara memadukan pakaian ini adalah menggunakan kemeja sebagai dalaman lalu melapisinya dengan sweater.

Sweater akan memberikan kesan sedikit casual yang modis. Jika tidak punya sweater, kamu bisa menggunakan jaket lengan panjang sebagai gantinya.

  1. Sweater Lengan Panjang dan Celana Kain Warna Hitam
Sweater Lengan Panjang dan Celana Kain Warna Hitam
Sweater Lengan Panjang dan Celana Kain Warna Hitam (Foto: elevenia)

Celana kain adalah item wajib yang harus dimiliki oleh para pencari kerja ataupun karyawan. Selain bahannya yang nyaman digunakan, celana kain hitam juga gampang jika dipadukan dengan banyak item fashion seperti sweater ataupun kemeja.

Menggunakan celana kain berwarna hitam dengan sweater warna netral akan memberikan kesan kasual dan modis. Untuk wanita, gunakan sepatu berhak dan untuk pria gunakanlah sepatu pantofel.

  1. Gaun Terusan

Gaun Terusan

Pemakaian statement dress atau gaun terusan juga lebih praktis karena bisa dipakai tanpa menggunakan aksesoris lain lagi. Jangan lupa gunakan sepatu hak tinggi dengan warna netral.

  1. Batik dan Rok Kain
Batik dan Rok Kain
Batik dan Rok Kain (foto: shopee)

Tidak ada salahnya untuk memakai batik sebagai pakaian kebanggaan Indonesia saat di interview wawancara kerja. Buat kamu yang memakai baju batik, akan menampakkan kesan kalem dan membumi.

Penggunaan batik juga akan mempertegas kepada perusahaan bahwa dirinya adalah seseorang yang cinta kepada Indonesia.

  1. Kemeja Polos Berwarna Pastel
Kemeja Polos Berwarna Pastel
Kemeja Polos Berwarna Pastel (foto: tokopedia)

Kemeja dengan warna pastel juga mudah dipadu-padankan.  Warnanya yang kalem akan menampilkan kesan menarik pada saat wawancara. Kemeja polos warna pastel ini mudah dipadukan dengan bawahan selain celana, rok misalnya. Selain itu, tambahan blazer atau jas juga akan mempercantik penampilan kamu.

Ini Dia 5 Model Hijab Pengantin Yang Akan Tren Tahun 2020, Jadi Pengen Nikah Lagi nih

  1. Blazer
Blazer
Blazer (foto: cardinal.co.id)

Blazer juga menjadi salah satu pakaian wawancara kerja favorite para pelamar. Item fashion ini akan selalu terlihat menarik saat digunakan. Pada orang yang memiliki tubuh agak gemuk, blazer akan memberikan kesan sedikit langsing.

Penggunaan blazer juga memberikan kesan elegan dan bersemangat saat bekerja. Kamu bisa memadukan blazer ini dengan kemeja sebagai dalaman dan rok atau celana sebagai bawahan.

  1. Blouse Putih dan Rok Wol

Blouse Putih dan Rok Wol

Blouse warna putih juga menjadi andalan para karyawan, baik karyawan tetap, karyawan magang ataupun pelamar kerja. Warna putih yang netral akan menciptakan kesan cerah dan semangat. Gunakan blouse putih yang tidak memiliki noda atau terlihat kusam, usahakan untuk menyetrika terlebih dahulu.

Blouse putih bisa dipadukan dengan banyak bawahan, mulai dari celana kain hingga rok. Mencoba memadukan blouse putih dengan rok wol juga tidak ada salahnya. Pilihlah warna monokrom yang cantik. Atau gunakan rok dengan motif yang simple, jangan lupa gunakan aksesoris seperti ikat pinggang agar tidak terlihat polos dan ambyar.

Berbagai Fashion Jadul ini Diperkirakan Bakal Trend Tahun 2020, So Stay Tune!

Nah, demikianlah 10  rekomendasi model pakaian wawancara kerja yang bisa kamu tiru. Persiapkan segala keperluan dengan baik agar proses wawancara kerja dapat berjalan lancar dan kamu bisa diterima bekerja di perusahaan yang kamu lamar. Pakaian bisa menjadi modal penting untuk pertimbangan para HRD untuk menerima Kamu. Jika tidak punya pilihan model diatas dan sedang menghemat uang, pinjamlah beberapa item diatas kepada teman kamu. Selamat mencoba!