10 Life Hack Ketika Berbusana Ini Bisa Buat Tampilanmu Tampak Feminim!

Hai Sahabat Biutita! Ngomongin soal feminim, tentu tidak lepas dari dunia perempuan, kan. Feminim sendiri diartikan sebagai kata sifat yang menggambarkan sifat “Kewanitaan” seperti kesabaran, kelembutan, mengedepankan perasaan, dan masih banyak lagi. Untuk menjadi perempuan yang feminim, Sahabat Biutita perlu memerhatikan banyak sisi diri.

Tampil dengan rasa percaya diri, punya wawasan tentang dunia wanita, melakukan perawatan diri, beretika dalam berbicara maupun bersikap, sampai menjaga penampilan sehari-hari lewat busana yang kamu kenakan adalah beberapa hal yang wajib untuk kamu perhatikan jika ingin lebih feminim. Bicara soal busana, mungkin sebagian dari kamu belum sadar bahwa untuk menjadi perempuan feminim, ada beberapa tips dan pantangan berbusana, lho. Apa saja itu? Yuk, simak artikel ini lebih lanjut.

Ikuti Tips Berbusana Berikut Agar Kamu Lebih Feminim

Faktanya, secara umum orang akan menilai kamu sesuai dengan penampilanmu. Ya, walaupun ada juga yang tidak, namun tidak ada salahnya bukan untuk menjaga penampilan sesuai apa yang kamu harapkan dari penilaian orang-orang. Nah, tak cukup hanya dari sisi kepribadian, untuk menjadi seorang yang tampak feminim, kamu juga perlu menjaga penampilanmu, lho.

Busana yang kamu kenakan sehari-hari adalah kunci dari penampilanmu. Apabila Sahabat Biutita ingin mengubah citramu menjadi seorang yang feminim dari segi busana maka 10 life hack ketika berbusana berikut ini bisa jadi referensi untukmu.

  1. Pastikan busanamu tetap bersih dan rapi
Pastikan busanamu tetap bersih dan rapi
Pastikan busanamu tetap bersih dan rapi – Foto: lazada.co.id

Life hack yang pertama dan paling penting untuk Sahabat Biutita yag ingin tampil lebih feminim adalah dengan tetap menjaga kebersihan dan kerapian busanamu. Perempuan yang feminim tidak akan pergi dengan busana yang kotor dan kusut, lho. Pastikan busanamu sudah tercuci bersih dan disetrika sebelum mengenakannya. Selain membuatmu nyaman mengenakannya, orang-orang di sekitarmu pun ikut nyaman melihat penampilanmu. Aura positif pun akan terpancar dari dirimu.

  1. Pilihlah busana yang pas dengan tubuhmu
busana yang pas dengan tubuhmu
busana yang pas dengan tubuhmu – Foto: informasitips.com

Pastikan pakaian yang kamu kenakan sesuai dengan ukuran tubuhmu. Jangan terlalu ketat maupun longgar. Pakaian yang terlalu ketat akan membuatmu terasa sesak, menampakkan pakaian dalam, dan bahkan juga sulit untuk dilepaskan nantinya. Sedangkan pakaian yang terlalu longgar juga bisa membuatmu sibuk seharian membenarkan posisi yang nyaman.

Meskipun saat ini sedang tren pakaian-pakaian yang oversized maupun minim, kamu juga perlu memastikan apakah kamu nyaman mengenakannya. Jangan sampai ukuran pakaianmu yang terlalu minim misalnya bisa mengundang perhatian orang yang berlebihan sampai tindakan pelecahan. Berhati-hatilah.

  1. Memakai baju terusan atau dress yang manis
Memakai baju terusan atau dress yang manis
Memakai baju terusan atau dress yang manis – Foto: townandcountrymag.com

Tahukah kamu bahwa dengan memakai baju terusan atau dress, kamu jadi lebih kelihatan elegan dan girly, lho. Cobalah untuk memilih dress merah muda, ungu, maupun warna-warna pastel yang dianggap sebagai warna-warna feminim. Pilihan lain, kamu juga bisa meengenakan dress floral agar lebih manis dan cheerful.

  1. Andalkan bawahan berupa rok
Andalkan bawahan berupa rok
Andalkan bawahan berupa rok – Foto: idntimes.com

Tak bisa dipungkiri bahwa rok memang bisa memberikan kekuatan feminis untuk perempuan. Bahak, rok sudah menjadi identitas yang membedakan gender seseorang, lho. Hal ini ditunjukkan dari seragam yang dikenakan pelajar perempuan, pakaian beberapa jenis pekerja perempuan, sampai lambang toilet umum.

Ada banyak jenis rok yang dijual di pasaran. Kamu bisa memilih rok yang berbahan dan memiliki desain yang sesuai denganmu. Jika kamu ingin tetap bebas bergerak, rok dengan potongan lebar, seperti A line bisa jadi pilihan tepat. Namun, jika kamu tipikal yang tak suka banyak bergerak, rok span bisa kamu kenakan juga.

Jika ternyata kamu tidak erlalu suka mengenakan rok, alternatif solusinya adalah memakai celana yang tetap terkesan girly, yaitu kulot maupun jeans. Pastikan kamu tepat dalam memadupadankannya ya Sahabat Buitita.

  1. Tak ada salahnya mengenakan alas kaki yang feminim
Tak ada salahnya mengenakan alas kaki yang feminim
Tak ada salahnya mengenakan alas kaki yang feminim – Foto: gadzotica.com

Alas kaki seperti high heels, flatshoes, dan wedges dipercaya dapat menambah tingkat feminim perempuan, lho. Jika kamu nyaman menggunakan sepatu berhak tinggi, kamu bisa mencoba high heels maupun wedges. Namun, jika kamu tak terlalu nyaman denga kedua model alas kaki tersebut, flatshoes bisa jadi alternatif solusi agar tetapi tampil feminim.

  1. Tambahan aksesoris adalah ide yang bagus
Tambahan aksesoris adalah ide yang bagus
Tambahan aksesoris adalah ide yang bagus – Foto: bp-guide.id

Jika kamu punya aksesoris pendukung, pakailah untuk melengkapi tampilan feminimmu. Pastikan tidak berlebihan, ya. Kamu bisa memakai beberapa perhiasan yang serupa sekaligus, seperti anting, gelang, cincin, maupun kalung.

  1. Padu padankan atasan dengan bawahan agar lebih manis
Padu padankan atasan dengan bawahan agar lebih manis
Padu padankan atasan dengan bawahan agar lebih manis – Foto: womantalk.com

 

Untuk tampil feminim, kamu juga bisa menerapkan life hack yang satu ini, yaitu mix and match atasan dan bawahan dengan tepat. Saat kamu tak suka mengenakan busana terusan seperti dress, maka pilihannya adalah busana potongan atas dan bawah. Ini tak menjadi masalah, kok.

Sahabat Biutita bisa memadupadankan atasan berupa blouse bermotif dengan bawahan polos, baik rok maupun celana. Namun pastikan motif atasanmu masih terlihat girly, ya. Pilihan lain yang tak kalah menarik adalah, menambahkan outer agar lebih manis. Selamat berkreasi.

  1. Sempurnakan tampilan feminimmu dengan baju berdetail ruffle
Sempurnakan tampilan feminimmu dengan baju berdetail ruffle
Sempurnakan tampilan feminimmu dengan baju berdetail ruffle – Foto: shopee.co.id

Busana beraksen ruffle sempat menjadi tren di tahun 2019 sampai saat ini. Meskipun terkesan berlebihan, busana yang berdetail ruffle justru akan mempermanis penampilanmu selama dipadupadankan dengan tepat.

Biasanya, aksen ruffle diaplikasikan pada bagian lengan, rok, dress, hingga garis leher busana. Penempatan yang tepat pada busana, aksen ini bisa berperan untuk menggantikan aksesoris, lho. Tertarik mencobanya?

  1. Kombinasikan warna pakaianmu dengan percaya diri
Kombinasikan warna pakaianmu dengan percaya diri
Kombinasikan warna pakaianmu dengan percaya diri – Foto: today.line.me

Tak cukup hanya model maupun ukuran busana, pemilihan warna busana juga penting kamu perhatikan. Selain merah muda, kamu juga bisa memainkan warna busana pastel lainnya yang terlihat manis dan lembut, seperti peach, biru muda, toska, ungu, krem, dan masih banyak lagi.

Saat kamu sudah mengenakan atasan warna pastel, maka kamu bisa mengombinasikannya dengan bawahan yang berwarna netral, seperti putih, hitam, bahkan abu-abu. Akan tetapi, jika kamu mengenakan bawahan yang berwarna pastel, alternatif atasannya adalah berwarna yang senada ataupun yang memiliki motif floral. Jika kamu masih bingung, kunjungi blogger-blogger, maupun media sosial beauty selebgram yang membahas soal tips berbusana. Disana kamu akan menemukan inspirasi kombinasi warna busana yang dijamin pas untuk tampil feminim.

10. Kenakan sweater atau cardigan

Kenakan sweater atau cardigan
Kenakan sweater atau cardigan – Foto: idntimes.com

Saat kamu merasa kedinginan atau malas ganti atasan, pilihan menutupinya dengan sweater atau cardigan adalah lebih tepat dibandingkan dengan jaket atau bomber. Selain lebih simpel, sweater maupun cardigan juga bisa menunjukkan sisi girly-mu, lho.

Cobalah memilih sweater yang bermotif atau bergaris-garis. Untuk menambah ekstra feminim, kamu juga bisa memilih warna pastel. Demikian halnya dengan cardigan. Lihatlah, dalam sekejap, look-mu terlihat leboh feminim.

Itu dia beberapa hal yang penting untuk kamu perhatikan soal berbusana agar tampil feminim. Siapa bilang kamu tidak bisa tampil feminim dengan mengikuti 10 life hack di atas?. Dengan berani berkreasi dan mengeksplor gaya feminim di atas, kamu bisa berkesempatan tampil lebih elegan dan tentunya feminim. Yuk, coba semuanya!