10 Cara Menjaga Produk Kosmetik Ini Penting Kamu Tahu!

Kosmetik merupakan peralatan kecantikan atau sering disebut make up yang dapat meningkatkan penampilan atau daya tarik seorang wanita maupun pria. Kosmetik dapat berupa berbagai macam contohnya seperti bedak, highlighter, foundation, concealer, eyebrow, eyeshadow, lipstik, mascara, dll. Sahabat Biutita, untuk menjaga kosmetik agar membuatnya steril dan tahan lama kalian perlu mengetahui tentang hal ini.

Kebersihan

Kebersihan
Kebersihan-foto:wowkeren.com

Menjaga kebersihan produk kosmetik agar tetap bersih merupakan suatu keharusan. Jika terkena bakteri atau kotoran maka produknya akan menyakiti diri kalian sendiri. Dampaknya akan lebih mudah terlihat seperti jerawat, beruntusan, sampai alergi yang muncul.

Kalian dapat mensterilkan make up dengan cara mencuci tangan dan area yang akan di aplikasikan dengan bersih dan rutin agar tidak ada bakteri atau kuman yang masuk dan tertinggal. Selain itu, bersihkan alat kosmetik seperti eyelash curler seminggu sekali dengan itu alat kosmetik anda akan semakin higienis.

Hindari Berbagi Make Up

Hindari Berbagi Make Up
Hindari Berbagi Make Up-foto:halodoc.com

Make up memiliki kesamaan dengan makanan sehari-hari kalian. Jangan sampai mencampurkan makanan kulit kalian dengan orang lain. Jika sampai terjadi, kemungkinan kulit kalian akan mengalami efek sampingnya.

Efek samping tersebut bisa berupa bruntusan, jerawat, kadas, dan lain-lain. Hal ini dikarenakan kulit orang lain memiliki perbedaan yang signifikan dengan kulitmu sehingga dapat menyebabkan kulitmu terkena infeksi.

Simpan Di Ruangan Yang Bersuhu Rendah

Simpan Di Ruangan Yang Bersuhu Rendah
Simpan Di Ruangan Yang Bersuhu Rendah-foto:lifestyle.okezone.com

Hentikan kebiasaan menaruh kosmetik di suhu ruangan yang tinggi. Pasalnya, ruangan yang bersuhu tinggi membuat kosmetik mudah meleleh dan menjadi rusak. Taruh di ruang yang memiliki suhu rendah dan tidak lembab.

Seperti, kamar yang memiliki ventilasi udara yang baik, kamar mandi, dan tidak jarang orang yang menaruh kosmetik di dalam kulkas. Memang kulkas atau lemari es merupakan tempat untuk menyimpan makanan. Namun, sebagian orang memilih untuk meenyimpan kosmetik maupun skincare agar lebih awet dan lebih segar saat dipakai.

Selain membuat awet dan terhindar dari kerusakan, kulkas juga dapat melindungi produk dari kontak bakteri yang dapat berkembang di suhu ruang. Hal ini disebabkan produk kecantikan mengandung bahan pengawet sehingga lebih rentan rusak dan busuk.

Tutup Rapat

Tutup Rapat
Tutup Rapat-foto:travelingyuk.com

Jika kalian telah selesai memakai make up atau kosmetik, jangan lupa untuk menutup rapat wadah tersebut. Jika tidak, kosmetik kalian akan rentan dimasuki oleh bakteri dan menjadi mudah rusak.

Selain itu, menutup wadah produk dengan rapat dapat mengurangi resiko tumpah apabila salah satu kosmetikmu tidak sengaja terjatuh. Menutup dengan rapat juga dapat menjaga kelembapan produk agar tidak kering serta dapat dipakai dengan mudah.

Cek Expired Date Sebelum Membeli

Cek Expired Date Sebelum Membeli
Cek Expired Date Sebelum Membeli-foto:reviewmalam.blogspot.com

Mengecek tanggal kadaluwarsa saat membeli sebuah produk kosmetik merupakan hal yang sangat penting. Jika terlanjur mengenakan kosmetik kadaluwarsa secara terus-menerus, maka hasilnya bukan mempercantik melainkan bisa menimbulkan iritasi, penyakit, atau yang lebih buruk lagi adalah infeksi kulit yang berasal dari jamur dan bakteri.

Jangan Membeli Produk Dengan Segel Terbuka

Segel Terbuka
Segel Terbuka-foto:indonesian.alibaba.com

Produk kosmetik akan bertahan lama di toko. Namun, berbeda jika segel sudah terbuka. Jika segel terbuka dan tidak segera ditangani, produk akan bersentuhan dengan udara luar yang dapat menkontaminasi bahan-bahan yang terkandung di dalamnya dan mulai teroksidasi yang membuat produk mengalami penurunan kualitas.

Apabila kalian menemukan barang yang terbatas dan segelnya sudah terbuka sebaiknya tidak usah membeli dan mencari di toko lain. Biasanya, segel yang terbuka adalah kesalahan perusahaan ataupun supplier yang tidak berhati-hati dalam pembawaan barang.

Berhati-Hati Soal Lipstik

Berhati-Hati Soal Lipstik
Berhati-Hati Soal Lipstik-foto:republika.co.id

Jika kalian ingin menggunakan lipstik, jangan lupa untuk mengelap ujung dari lipstik. Dikarenakan, kotoran dan kuman mungkin masih tersisa di ujung lipstik yang sudah digunakan sebelumnya.

Kebanyakan kaum hawa memang dengan tak sengaja menelan lipstik mereka ketika sedang memakan sesuatu. Nah, untuk menghindari tertelannya kuman yang ada di batang lipstik kalian harus rajin membersihkannya.

Jangan Masukkan Tangan Ke Dalam Cream

Jangan Masukkan Tangan Ke Dalam Cream
Jangan Masukkan Tangan Ke Dalam Cream-foto:hellosehat.com

Untuk menjaga kebersihan yang ada dalam kosmetik, sebaiknya kalian jangan memasukkan tangan ke dalam cream saat hendak memakainya. Dikarenakan, saat kamu memasukkan tangan yang kotor ke dalam cream. Produk tersebut akan dimasuki oleh bakteri dan sisa kotoran yang menempel pada tanganmu.

Jika hal itu terjadi, produk akan lebih mudah rusak dan busuk. Untuk mencegah itu terjadi, kalian dapat mengaplikasikan cream dengan bantuan bruish, atau sendok kecil yang bersih agar kebersihan produk terjaga. Jika tidak mempunyai alat tersebut, kalian bisa mencuci tangan dengan bersih kemudian mengambil cream dengan sekali ambil agar tidak meninggalkan banyak bekas dan jangan lupa untuk menutup produk setelahnya.

Pilih Produk Dengan Kemasan Kecil

Pilih Produk Dengan Kemasan Kecil
Pilih Produk Dengan Kemasan Kecil-foto:kholic.id

Produk dengan kemasan yang lebih kecil lebih mudah dibawa keanapun. Selain itu, produk dengan kemasan kecil memiliki isi yang dengan mudah dapat dihabiskan agar sebelum tanggal kadaluarsa akan habis.

Selain itu, ada juga resiko formula dalam skincare akan bereaksi buruk dan menjadi tidak stabil sebelum sempat dihabiskan. Agar lebih aman, gunakan produk skincare dengan kemasan yang kecil dan dapat dihabiskan dalam jangka waktu 3 sampai 6 bulan.

Perhatikan Kandungan Pada Produk Skincare

Perhatikan Kandungan Pada Produk Skincare
Perhatikan Kandungan Pada Produk Skincare-foto:journal.sociolla.com

Bahan-bahan yang terkandung dalam skincare juga dapat mempengaruhi ketahanan produk. Produk dengan kandungan air hanya memiliki daya simpan tidak lebih dari 6 bulan. Kandungan antioksidan dan edta dapat memberikan sedikit pertahanan dalam produk.

Selain itu, vitamin E dapat menignkatkan stabilitas prosuk dengan cara memperlambat oksidasi. Sedangkan untuk produk yang memiliki active ingridients seperti serum, exfoliator, atau eye cream memiliki oksidasi yang tinggi. Saat terpapar udara, produk dapat mengalami oksidasi yang berujung pada menurunnya efektivitas produk.

Memiliki banyak aktivitas memang menyenangkan, namun jangan lupa untuk merawat dan memperhatikan kosmetikmu. Dikarenakan kosmetik merupakan hal penting terutama bagi wanita. Lebih baik merawat dari pada membeli produk baru yang akan membuat kita lebih menghemat biaya yang keluar.

Selain itu, kosmetik yang rentan rusak dan busuk membuat kalian harus ekstrak hati-hati dalam menggunakannya maupun merawatnya. Jika kamu merawat dengan rutin kosmetikmu, kamu tidak akan mudah untuk jatuh sakit dan memiliki masalah kulit.

Selain itu, membersihkan tas atau tempat dimana kosmetik diletakkan merupakan hal penting juga. Dikarenakan, kuman yang ada di situ akan menjadikan alat dan kosmetikmu menjadi kotor dan berkuman. Membersihkan tempat-tempat tersebut dengan teratur akan membuat keadaan make up yang kamu miliki lebih sehat.

Tutup tube pada kosmetik juga berpengaruh, jadi jangan lupa untuk membersihkan ujungnya dan tubuhnya agar terhindar dari kuman, sekaligus produk yang menjadi kaku karena terkena angin. Dengan cara, membersihkan menggunakan alkohol yang dituang ke tisu kering.

Itulah beberapa penjelasan tentang cara merawat kosmetik, semoga bermanfaat untuk sahabat Biutita. Dan jangan lupa selalu terapkan beberapa langkah di atas ya, karena bisa membuatmu lebih hemat make up.