Ini dia 10 Cara Menghilangkan Stretch Mark Dengan Mudah Secara Alami

Sahabat Biutita, sangat wajar apabila mendapati stretch mark di berbagai bagian perut pada saat hamil ataupun setelah melahirkan. Stretch mark sendiri merupakan kondisi saat kulit terdapat guratan-guratan yang terlihat jelas di bagian tertentu tubuh. Biasanya kondisi kulit seperti ini dapat dijumpai pada bagian perut, paha, perut, dan payudara. Hal ini menjadi masalah setiap wanita serta menimbulkan keresahan tersendiri karena stretch mark cukup sulit untuk dipulihkan.

Tanda stretch pada wanita sangat mungkin disebabkan karena berat badan yang meningkat cukup drastis, padahal elastisitas kulit wanita berada di luar kapasitasnya. Hal ini semakin membuat para wanita khawatir dan merasa kurang percaya diri, begitu pula sahabat Biutita semua tentunya. Lalu, bagaimana cara penyembuhan stretch mark secara alami yang perlu diketahui?

Menghilangkan Stretch Mark Dengan Bahan Alami

Banyak yang dilakukan oleh para wanita untuk menghilang bekas luka ini. Baik melalui medis maupun alami. Bicara tentang cara yang alami, ternyata ada beberapa bahan-bahan alami yang terbukti dapat menyembuhkan stretch mark. Bahkan, kamu dapat menjumpainya bahan-bahan tersebut di sekitarmu. Lalu, apa saja itu? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

  1. Minyak zaitun
Minyak zaitun
Minyak zaitun – Foto : lifestyle.okezone.com

Minyak zaitun dapat menjadi salah satu pilihan terbaikmu untuk mengurangi bahkan menghilangkan bekas luka yang ada di tubuh. Minyak ini mengandung vitamin E dan zat antioksidan yang baik untuk kulit.

10 Rekomendasi Produk Pasta Gigi Terbaik Yang Bisa Buat Gigi Kamu Tambah Putih

Cukup oleskan minyak zaitun pada kulit secara lembut, hindari penekanan pada area perut saat kamu sedang hamil, diamkan kurang lebih 30 menit, lalu mandi setelah melakukan pemijatan tersebut. Nah, cara lain bisa kamu lakukan dengan mencampurkan air secukupnya saja. Jangan lupa gunakan cara ini secara rutin.

  1. Lemon
Lemon
Lemon – Foto : czarnikow.com

Buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin yang tinggi serta antioksidan. Sifat asam di dalamnya dapat membantu kamu untuk membersihkan noda hitam juga stretch mark yang ada pada kulit. Sahabat Biutita dapat menggunakannya dengan dua cara. Pertama, peras lemon, gosokkan pada bagian yang terdapat strecth mark, kemudian bilas dengan air hangat.

Yang kedua, konsumsilah jus lemon yang kental. Jus lemon diperkaya vitamin C yang dapat membuat kulit lembab, elastis, hingga membantu menghilang bekas luka. Manfaat buah satu ini banyak, bukan? Yang paling penting, jangan lupa melakukan cara ini secara rutin untuk hasil yang lebih optimal lagi.

  1. Lidah buaya
Lidah buaya
Lidah buaya – Foto : alodokter.com

Tanaman yang satu ini memang kaya manfaatnya. Penggunaan lidah budaya secara teratur ternyata bahkan dapat mengurangi munculnya bekas luka. Selain itu, gelnya sendiri mempercepat penyembuhan dalam beberapa hari secara efektif dan juga membuat kulit kamu menjadi lembab.

Cara menghilangkan stretch mark menggunakan lidah buaya sangat mudah lho sahabat Biutita. Caranya potong-potong daun lidah buaya, kemudian pisahkan ekstrak gelnya. Selanjutnya, oleskan pada area yang terdapat stretch mark dengan perlahan. Diamkan hingga gel terserap ke dalam kulit, tidak perlu dibilas kok. Hanya saja, jika sahabat Biutita mandi, bersihkan area yang telah diolesi hingga bersih dan tidak licin.

  1. Gula
Gula
Gula – Foto : klikdokter.com

Kamu dapat menjadikan gula sebagai bahan scrub alami. Kegunaan gula yakni mengangkat sel kulit mati, serta menyamarkan bekas strectch mark. Sehingga proses penghapusan stretch mark menggunakan gula sangat direkomendasikan pada sahabat Biutita semuanya.

Kamu bisa mencampurkan satu sendok teh gula putih dengan minyak kelapa atau minyak zaitun, kemudian oleskan bahan tadi pada bagian stretch mark. Lakukan secara teratur sebelum mandi ataupun membasahi tubuh. Selain itu, kamu juga dapat memakainya sebagai masker dengan campuran air perasaan jeruk lemon. Kedua cara ini dinilai cukup efektif untuk menyembuhkan stretch mark secara alami.

5 Buah Yang Bisa Di Pakai Masker Wajah Kulit Berminyak Dan Cara Membuatnya

  1. Putih telur
Putih telur
Putih telur – Foto : alodokter.com

Ternyata putih telur bisa mengatasi stretch mark lho, sahabat Biutita! Hal ini karena kandungan enzim dan sumber protein yang dapat membuat stretch mark menghilang, meningkatkan elastisitas kulit kamu, membantu regenerasi kulit, dan juga menghilangkan sel kulit mati. Sangat menarik, bukan?

Cara menggunakannya cukup kocok 1-2 butir putih telur, oleskan pada bagian tubuh yang terdapat stretch mark, diamkan hingga mengering, setelah itu bilas dengan air dingin. Jika ingin mendapatkan manfaat yang lebih, coba tambahkan minyak almond atau minyak kelapa. Jangan lupa lakukan secara rutin setiap hari ya, sahabat Biutita.

  1. Kentang
Kentang
Kentang – Foto : liputan6.com

Kentang banyak mengandung vitamin C, vitamin B, mineral, serta protein. Ditambah lagi, kentang juga terdapat karotenoid dan polifenol yang dapat memperbaiki tekstur kulit pada stretch mark. Hal ini tentunya sangat menguntungkan buatmu.

Cara menggunakan kentang sebagai obat alami stretch mark cukup mudah. Yaitu potong kentang menjadi dua bagian, lalu gosokkan kentang yang sudah dipotong di atas bagian tubuh yang terdapat stretch mark. Selanjutnya sahabat Biutita hanya perlu mendiamkan sekitar 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

  1. Madu
Madu
Madu – Foto : health.grid.id

Kamu penyuka madu? Jika iya, sahabat Biutita beruntung karena menemukan zat yang tepat untuk menghilangkan stretch mark. Di dalam madu yang biasa kamu konsumsi, ternyata mempunyai sifat melembabkan sebagai antiseptik yang bisa mengurangi dampak guratan bekas regang pada kulit. Di lain sisi, madu juga dapat digunakan sebagai scrub.

Untuk penggunaannya, cukup campurkan garam dan madu secukupnya dengan gliserin, oleskan bahan yang sudh kamu buat itu ke area yang terdapat stretch, biarkan mengering, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

  1. Cocoa butter
Cocoa butter
Cocoa butter – Foto : n-essential.com.au

Cocoa butter kaya akan sumber asam lemak jenuh dan lemak tak jenuh yang mudah diserap oleh tubuh. Kandungannya tersebut dinilai efektif untuk melembabkan kulit dan mengganti kembali sel kulit yang telah mati lho, sahabat Biutita.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan cocoa butter atau shea butter pada area yang mengalami stretch mark (perut, payudara, paha, atau bokong). Kemudian, pijak-pijat lembut pada area tersebut kira-kira rutin dilakukan dua kali sehari. Dijamin stretch mark akan memudar!

  1. Kopi
Kopi
Kopi – Foto : medium.com

Mungkin banyak dari kamu yang belum tau manfaat kafein pada kopi untuk kesehatan kulit. Nah, ternyata kafein dapat merevitalisasi sel kulit mati dengan merangsang sirkulasinya. Selain itu, kopi juga mengandung antioksidan yang dapat memperbaiki kerusakan kulit serta melindungi permukaannya.

Kamu cukup mencampurkan 1/2 cangkir bubuk kopi dengan dua sendok makan minyak kelapa ataupun minyak zaitun (sesuaikan dengan selera). kemudian, gunakan bahan-bahan tersebut sebagai scrub pada bagian tubuh yang mengalami stretch mark. Pijat perlahan dengan gerakan melingkar, gosok lembut selama kurang lebih lima menit, setelah itu bilas dengan air bersih. Kamu dapat melakukannya secara rutin selama 2-3 kali dalam seminggu penuh untuk hasil yang optimal, sahabat Biutita.

  1. Minyak carrier dan minyak esensial
Minyak carrier dan minyak esensial
Minyak carrier dan minyak esensial – Foto : theurbanmama.com

Untuk carrier oil, kamu dapat menggunakan mustard, argan, jojoba, almond, minyak buah kelapa, dan minyak buah jarak untuk mengatasi stretch mark. Sedangkan, untuk minyak esensial kamu dapat memakai minyak alpuka, lavender, mawar, biji anggur, evening promise, serta chia seed.

Kamu tinggal mencampur dua minyak tersebut (sesuaikan dengan selera dan manfaatnya), oleskan pada area yang terkena tanda stretch, pijat perlahan selama beberapa menit, kemudian balut area dengan lembaran palstik yang diolesi agar hasilnya lebih maksimal. Lakukan setiap dua kali sehari.

10 Rekomendasi Produk Nivea Terbaik yang Cocok untuk Mengatasi Jerawat dan Memutihkan Wajah

Nah, cukup mudah bukan untuk menemukan bahan alami tersebut? Bahan-bahan tersebut dapat dengan mudah kamu jumpai di lingkungan sekitarmu dan ternyata memiliki khasiat dapat menyembuhkan bekas luka tersebut. Sangat menarik, bukan?

Yang terpenting sebelum sahabat Biutita menggunakannya, selalu cek lebih dahulu apakah bahan-bahan alami di atas menimbulkan alergi pada kulitmu atau tidak. Selain itu, kamu juga harus sabar karena menghilangkan stretch mark tidak dapat dilakukan secara instan. Lakukan secara rutin maka kamu akan mendapatkan hasil yang optimal untuk kulit sehatmu. Selamat mencoba! Jangan lupa temukan berbagai tips lain hanya di website kami ya!